Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari baik untuk menikah sesuai dengan primbon jawa lengkap dan akurat

Kanalmu.com - Dalam hal pernikahan masyarakat jawa tidak dilakukan dalam sembarang waktu namun harus dutentukan terlebih untuk hari baiknya, dengan harapan hari pernikahan lancar dan keluarga mempelai mendapatkan keberkahan serta hidup rukun sampai hari akhir. Sedangkan untuk menentukan hari baik ini dalam masyarakat jawa menggunakan perhitungan weton kelahiran dari kedua mempelai calon pengantin.

Memang saat ini cukup sulit untuk menemukan orang sesepuh yang bisa melakukan perhitungan hari baik untuk menikah, terutama di perkotaan. Namun sebagai pemegang tradisi jawa yang tidak kehilangan jawanya mereka mau mencari sesepuh sampai daerah pinggiran. 

Akan tetapi jika kamu tidak memiliki waktu lebih untuk melakukan perjalanan itu, kamu bisa melakukan perhitungan sendiri secara akurat dan tepat. Karena pada dasarnya perhitungan ini bisa dilakukan siapapun termasuk sobat kanalmu yang jauh berada dipeantauan.

Cara tepat dan benar hitung hari baik untuk menikan sesuai weton jawa

hari baik untuk menikah

Cara menghitung hari baik untuk menikah berdasarkan weton jawa yang benar dan tepat bisa saja kamu lakukan sendiri, namun dalam perhitungan ini kamu harus mengikuti tata caranya yang baik dan benar agar hasil hitungan menjadi tepat.

1. Mengetahui Neptu Weton Kelahiran kedua mempelai

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah haru mengetahui neptu weton dari calon mempelai baik laki-laki maupun perempuan, untuk cara mengetahui nilai neptunya maka sobat kanalmu wajib belajar menghitung neptu hari dan juga pasaran.

Adapun dibawah ini adalah neptu dari hari dan juga pasaran dalam perhitungan hari baik pada tradisi masyarakat jawa yang baik dan benar.

A. Neptu Hari Hitungan Jawa

  • Senin (4)
  • Selasa (3)
  • Rabu (7)
  • Kamis(8)
  • Jum'at(6)
  • Sabtu(9)
  • Minggu /Ahad (5)
Dari neptu hari ini sobat kanalmu harus mengetahuinya, akan menjadi lebih baik hapal jadi karena neptu hari ini juga bisa digunakan untuk menentukan hari baik lain seperti pindah rumah, mendirikan rumah, hari baik khitanan, hari baik membeli mobil, motor dan beberapa keperluan lain yang digunakan untuk mencari hari baik.

B. Neptu Pasaran Hitungan Jawa

  • Kliwon (8)
  • Legi (5)
  • Pahing (9)
  • Pon (7)
  • Wage (4)
Seperti dengan neptu hari, neptu pasaran ini adalah pasangan dalam perhitungan mencari hari baik jadi sobat kanalmu yang akan menghitung hari baik juga sebaiknya hapal untuk neptu pasaran dalam perhitungan jawa ini.

C. Pancasuda Hari Baik Berdasarkan Weton Jawa

  • Sisa 1 = Sandang yang mana memiliki makna baik untuk menikah
  • Sisa 2 = Pangan yang mana memiliki arti bagus untuk menikah
  • Sisa 3 = Papan / Joyo bagus menikah dan sangat disarankan
  • Sisa 4 = Loro sebaiknya dihindari karena akan sakit-sakitan
  • Sisa 5 = Pati yang mana akan menyebabkan meninggal , sebaiknya untuk diindari
Nilai perhitungan diatas adalah salah satu bentuk dari prediksi dalam kehidupan dalam berkeluarga oleh calon mempelai dalam kedepannya, maka dari itu jika dalam perhitungannya weton antara perempuan dan laki-laku pada sisa 4 dan 5 sebaiknya harus dihindari karena memberikan efek tidak baik kedepannya, sedangkan jika nilainya adalah 1,2,3 ini sangat dianjurkan karena harinya baik serta memberikan keberkahan dalam berumah tangga.

D. Rumus Perhitungan Hari Baik Berdasarkan Weton

Sedangkan untuk melakukan perhitungan sobat kanalmu harus melakukan penjumlahan dari kedua weton kelahiran dari kedua mempelai dan hasil jumlahnya dibagi dengan 5 (lima) maka sisanya berapa, dan dari sini akan diketahui predeksi dalam pernikahannya kedepan.

2. Cara Menghitung Hari Baik Untuk Menikah

Sebagai contoh perhitungan dalam pernikahan dari saudara Imam Ibrahim yang lahir pada SABTU PAHING dengan saudara Zulaika Purti yang lahir pada hari SELASA KLIWON. Dari hari lahir ini maka akan didapatkan jumlah weton kelahiran dan jumlah weton dari kedua mempelai yang bisa digunakan untuk perhitungan hari baik untuk menikah.
  • Imam Ibrahim jumlah neptu wetonya 18 ( Jumlah dari neptu hari Sabtu 9 dan neptu pasaran Pahing 9)
  • Zulaika Putri jumlah neptu wetonnya 11 (Jumlah daru neptu hari Selasa 3 dan neptu pasaran Kliwon 8)
  • Dari kedua jumlah neptu weton ini dijumlahkan kembali dan akan menadapatkan nilai sebesar 29 yang mana neptu ibrahim 18 ditambah neptu zulaika 11.
  • Langkah Selanjutnya sobat kanalmu haru menjumlahkan neptu 29 ini yang mana jika dibagi dengan 5 nilainya antara sisa 1 sampai dengan 3 dan upayakan hindari 4 dan 5, agar menemukan hari baik untuk menikah.

3. Menentukan hari Baik menikah

Seperti yang kami sampaikan diatas bahwasanya jumlah neptu dan neptu hari pernikahan jika ditambahkan dan di bagi 5 akan mendapatkan nilai 1 sampai dengan 3 untuk menentukan hari baiknya. Sebagai contoh diatas adalah jumlah neptu weton kelahiran 29.

Semisal untuk mendapatkan nilai sisa 3 maka sobat kanalmu harus menjumlahkan dengan neptu 9 agar mendaparkan nilai 38, apabila dibagi dengan 5 sisa 3 yang mana memiliki prediksi joyo baik untuk menikah.

Simplenya Neptu 38 + Neptu 9 = Neptu 8 / 5 = Sisa 3. Yang mana Neptu 9 ini didapatkan dari nilai neptu hari dan pasaran Minggu Wage Atau Senin Legi , yang mana MINGGU memiliki nilai 5 dan WAGE 4, jika dijumlahkan hasilnya 9. Sama halnya dengan SENIN yang nilainya 4 dan LEGI nilainya 5 jika dijumlahkan juga menghasilkan nilai 9.

Jadi hari baik untuk menikah dari saudara ibrahim dan juga zalaika adalah senin legi atau minggu wage, sobat kanalmu bisa memilih dari salah satu hari tersebut, karena hari itu merupakan hari baik menikah berdasarkan perhitungan weton kelahiran.

Namun selain melakukan perhitungan ada beberapa larangan bagi calon pengantin  yang harus dipatui bagi masyarakat jawa.

Larangan calon pengantin sebelum menikah

Adapun berikut ini adalah beberapa larangan yang ditujukan kepada calon mempelai pengantin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diiginkan.
  1. Dilarang keluar kota terjadi hal yang buruk
  2. Dilarang bertemu mantan, karena hati manusia siapa yang tahu ditakutkan CLBK 
  3. Calon kedua mempelai dilarang bertemu dalam beberapa hari atau dipingit
  4. Tidak boleh memindahkan cicin tunangan akan mengakibatkan ketidakharmonisan dalam rumah tangga
Selain larangan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh calon mempelai sebelum akad pernikahan dilakukan.

Persiapan pernikahan calon mempelai pengantin

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh calon pengantin baik laki-laki maupun perempuan. Jadi paling tidak sobat kanalmu yang akan menikah harus mempersiapkan beberapa hal ini.
  1. Kesiapan mental calon mempelai
  2. Restu keluarga dari kedua calon mempelai
  3. Cek kesehatan dari kedua mempelai
  4. Mengikuti pembibingan pernikahan
  5. Mempersiapakn Wedding Organizer untuk dekor , gaun pengantin Souvenir dan hantaran
  6. Membuat undagan pernikahan
  7. Cetak Undagan yang murah
  8. Memilih menu pesta
  9. Sewa jasa dokumentasi shoting dan photo
  10. Sewa Gedung jika digedung atau tenda untuk dikampung
Demikianlah sobat kanalmu mengenai informasi hari baik untuk menikah sesaui dengan wejangan primbon yang lengkap dan tepat yang bisa kamu gunakan, dengan demikian pernikahanmu menjadi berkah barokah serta bahagia.

Post a Comment for "Hari baik untuk menikah sesuai dengan primbon jawa lengkap dan akurat"