Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara gampang hitung hari baik membeli motor & mobil baru atau bekas menurut weton jawa

Hari baik beli motor - Jika sobat bikers dalam waktu dekat akan ada keinginan membeli benda , dan salah satunya adalah motor atau mobil, sebaiknya melakukan perhitungan mencari hari baik untuk membeli motor, mobil sesuai dengan perhitungan weton jawa.

Meskipun motor yang anda tidak baru atau bekas, menentukan hari baik ini sangat perlu, karena menurut orang pintar jawa terdahulu bahwasanya hari yang kamu gunakan untuk membeli motor, mobil tersebut berhubungan dengan masalah rezeki, keselamatan , dan juga musibah. 

Sebagian orang percaya bahwasanya jika tidak ditentukan hari baik membeli kendaraan akan berdampak pada pembawa kendaraanm atau usahanya jika kendaraan motor/ mobil digunakan untuk keperluan usaha sobat bikers.
hari baik membeli motor mobil

Mencari Hari Baik Membeli Motor / Mobil

Pastikan sobat bikers mencari pada orang tua, yang ada disekitar anda untuk menentukan hari baik, namun jika dirasa sobat bikers mau belajar sedikit, sebenarnya sobat bikers bisa mencari hari baik ini cukup gampang.

Namun menentukan hari baik saja tidak cukup, jika motor / mobil sobat biker tidak dilakukan perawatan, karena kendaraan yang sobat bikers perlu perawatan agar tetap memiliki peforma yang baik. Dan tidak menimbulkan masalah dijalan yang mana bisa menjadikan sobat bikers menjadi sial, seperi ban pecah dll.

Cara Gampang Hitung hari baik membeli motor menurut weton Jawa

Oke sobat biker kembali ke topik awal, menentukan hari baik. Untuk sobat bikers yang mau tahu bagaimana cara mudah menghitung hari baik untuk membeli motor / mobil. 

Kami team kanalmu akan, berbagi informasi yang bisa sobat bikers bisa lakukan dengan gampang cara perhitungannya hari baik.

Perlu sobat bikers ketahui, bahwasanya cara perhitungan hari baik ini, tidak hanya untuk membeli kendaraan motor/ mobil namun juga bisa kamu implementasikan untuk setiap membeli benda, atau apapun itu yang sobat akan beli.

Tahapan Menghitung hari baik

Ada beberapa tahapan yang sobat biker harus pelajari sebelum melakukan perhitungan hari baik, dan berikut ini adalah tahapan-tahapan yang bisa sobat bikers lakukan untuk melakukan perhitungan hari baik membeli motor/ mobil secara gampang.

1. Pelajari Kamus Pedoman Neptu Hari

Yang pertama sobat bikers perlu mempelajari nilai dari neptu hari, dan jika sobat bikers belum mengetahuinya, makan dibawah ini adalah kamus pedoman neptu hari beserta nilai yang ada padanya.
  • Hari Minggu = 5
  • Hari Senin = 4
  • Hari Selasa = 3
  • Hari Rabu = 7
  • Hari Kamis = 8
  • Hari Jumat = 6
  • Hari Sabtu = 9
Pastikan sobat bikers menghapal atau mengingat nilai dari hari-hari tersebut, karena pedoman ini akan digunakan untuk berbagai perhitungan hari baik jawa, termasuk salah satunya hari baik membeli motor /  mobil.

2. Pelajari Kamus Pedoman Neptu Pasaran

Dalam masyarakat jawa dikenal dengan hari pasaran yang jumlahnya ada lima, diantaranya adalah pahing, pon, wage , kliwon, legi.  Ini sobat bikers juga perlu pelajari karena ini nanti akan dipakai dalam perhitungan mencari hari baik. Sedangkan nilai dari hari pasaran adalah sebagai berikut ini.
  • Pon = 7
  • Wage = 4
  • Kliwon =8
  • Legi = 5
  • Pahing = 9
Sobat bikers harus ingat nilai dari hari pasaran tersebut karena ini bermanfaat untuk semua jenis perhitungan hari baik jawa.

3. Kamus 7 Firasat Hari Membeli Benda / Barang

Selain mengetahui nilai dari neptu pasaran dan hari, sobat bikers harus mengetahui makna dari 7 firasat hari untuk membeli benda atau berang berikut ini, dan ini adalah yang paling penting sobat tahu terkait membeli motor /  mobil berdasarkan hari baik jawa menurut weton.
  • Untuk Sisa 1,  bernama WASESO SEGORO yang mempunyai makna watak keselamatan serta keberuntungan.
  • Untuk Sisa 2, bernama SATRIA WIBAWA yang mempunyai makna watak keselamatan
  • Untuk Sisa 3, bernama TUNGGAK SEMI yang mempunyai makna watak kewibawaan namun sering membawa masalah.
  • Untuk Sisa 4, bernama SUMUR SINABA yang mempunyai makna watak keselamatan dan kenyamanan
  • Untuk Sisa 5, bernama SATRIA WIRANG yang mempunyai makna watak buruk dan membawa musibah hingga fatal
  • Untuk Sisa 6, bernama BUMI KAPETAK yang mempunyai makna watak buruk, sial . dan sering rusak
  • Untuk Sisa 7, bernama LEBU KETIUP ANGIN yang mempunyai makna watak akan menghabiskan harta benda
7 makna sifat ini adalah hasil akhir yang nanti sobat jadikan patokan hari baik, dan jumlah 7 firasat hari ini adalah nanti sebagi pembagi dari perhitungan hari baik yang menjumlahkan antara neptu lahir dan hari yang akan digunakan untuk membeli motor/ mobil.

Rumus & Contoh Perhitungan Hari Baik Beli Motor/ Mobil

Untuk sobat biker juga harus memahami konsep dasar dari perhitungan hari baik itu sendiri, biasanya adalah menggunakan neptu kelahiran dan juga hari yang akan digunakan sebagai menentukan hari baik.

Untuk cara menghitung hari baik rumusnya adalah sebagai berikut ini, sebaiknya ada perhatikan dengan cermat.
  • Nama : Antonius Kala
  • Hari Lahir / Neptu Lahir : ( Sabtu Kliwon , Nilainya = 17 )  
  • Hari Beli Motor / Mobil :  ( Selasa Pahing , Nilainya = 12 )

Rumus Hari Baik Adalah : ( Neptu Lahir + Hari Beli ) / 7 = Sisa Berapa ?

Contoh Bapak Antonius kala : (17 + 12) / 7 = 1 (Sisanya) 

Yang maknanya sisa satu (1 ) adalah Waseso Segoro, yang mana mempunyai makna watak firasat hari keselamatan dan keberuntunga. Berarti ini adalah hari baik yang bisa anda ambil untuk menentukan pembelian motor/ mobil berdasarkan hari baik.

Usahakan sobat bikers semua menghindari watak sifat yang mempunyai sisa  3, 5, 6 ,7, karena seperti yang kami sampaikan pada 7 firasat hari baik diatas yang mana mempunyai makna jelek, atau buruk. Sebaiknya sobat bikers memilih hasil perhitungan dengan hasil sisa 1, 2, 4. Yang mempunyai makna watak baik, keselamatan dan juga keberuntungan.

Bagi sobat bikers yang akan membeli motor bekas sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini, adalah tips dari kanalmu untuk sobat bikers yang akan membeli motor / mobil bekas, selain menentukan hari baik.
tips membeli motor bekas

Tips Membeli Motor / Mobil Bekas

Jika sudah mendapatkan hari baik untuk membeli motor bekas, sobat biker ada yang perlu dilakukan sebelum melakukan dealing, jangan sampai membeli motor seperti membeli kucing dalam karung, tidak tahu kondisi dan peforma motornya.

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang bisa sobat bikers lakukan untuk membeli motor bekas baik offline maupun online.
  • Pastikan bagian mesin di cek dan masih mempunyai peformas bagus
  • Pastikan suara mesin masih normal, jika swaranya tidak wajar sebaiknya tinggalkan dan cari yang lain.
  • Cek bagian body apakah ada goresan bekas jatuh atau kecelakaan
  • Cek juga bagian kaki, dan spare part lainnya masih menggunakan part asli atau sudah di modifikasi motor nya.
  • Cek nomor rangka nomor mesin, dan pastikan kesesuaiannya dengan surat berharga BPKP dan STNK.
  • Usahakan untuk membeli motor yang usianya tidak lebih dari 7 tahun, karena jika diatas itu motor sudah cukup tua, jika perawatan motor tidak bagus, akan banyak masalah pada motor.
Jika dirasa sudah dilakukan pengecekan semua, dan kiranya sesusi selera bisa lanjut untuk nego untuk mendapatkan motor bekas harga murah. Selain itu untuk mendapatkan motor dengan harga murah sobat bikers bise mengikuti lelang dari perusahaan pembiayaan / leasing.

Cara Dan Persyaratan Ikut Lelang Motor Leasing

Nah untuk sobat bikers yang akan mengikuti lelang leasing bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini agar bisa mendapatkan motor murah dari lelang leasing , dari perusahaan pembiayaan.
  • Pastikan Sobat Mengetahui Jadwal Lelang Leasing
  • Pastikan datang langsung sendiri untuk mengecek kondisi kendaraan di tempat lelang
  • Pastikan Sobat Biker Mendapatkan Nomor Peserta Lelang ( NPL )
  • Jika diminta registrasi ulang silahkan ikuti prosedur yang disampaikan oleh perusahaan leasing
Demikianlah ulasan kanalmu mengenai informasi cara gampang menghitung hari baik untuk membeli motor, mobil sesuai dengan weton jawa, disertai dengan tambahan tips membeli motor bekas, dan cara mengikuti lelang leasing untuk mendapatkan motor bekas dengan harga murah. Mudah-mudahan ulasan ini bermanfaat untuk sobat bikers dimanapun berada.


2 comments for "Cara gampang hitung hari baik membeli motor & mobil baru atau bekas menurut weton jawa"