9+ Cara Gampang Merawat Motor Matic Injeksi Agar Awet

Merawat Motor Matic - Sobat bikers sudah pasti bangga jika menmjadi salah satu pengguna motor matic, karena motor matic saat ini menguasai hampir semua jalanan untuk jenis kendaraan roda dua, dibandingkan dengan motor bebek, sport, naked. Hal ini buka suatu yang kebetulan, karena kemudahan dalam mengemudi dengan berbagai teknologi yang ada pada motor ini, semakin memberikan kenyaman lebih dalam berkendala. Contoh saja teknologi idling stop system, yang mana teknologi ini mampu mematikan motor ketika tidak berjalan tanpa kontak, dan bisa menyalakan ulang dalam hitungan deting hanya dengan memutar gasnya.

Motor matic baik teknologi karburator dan injection, memang mendominasi. Namun dari banyaknya motor matic yang ada, hanya perusahaan yamaha, dan honda yang selalu melejit penjualannya. Sebagai contoh pada tahun awal adanya motor matic, motor mio dan beat menjadi rival yang cukup ketat.

Dan saat ini jika sobat memperhatikan, antara yamaha NMAX dan juga motor honda ADV, mempunyai persaingan yang cukup ketat, untuk menarik simpati para pengemudi motor, agar mendapatkan tempat dihati mereka, mungkin salah satunya adalah sobat bikers kanalmu.
cara gampang merawat motor matic

Pentingnya Merawat Motor

Seperti halnya manusia motor juga perlu perawatan jika ingin awet dan bertahan digunakan cukup lama. Karena jika tidak dilakukan perawatan berkala dan setiap hari sobat bikers gunakan untuk aktifitas akan menjadikan motor ini loyo tak bertenaga, dan juga mudah rusak, baik komponen kecil maupun komponen lainnya yang cukup vital pada kendaraan.

Cara Gampang Merawat Motor Matic Injeksi Agar Awet

Bagaimana Cara Merawat motor matic ? Ini adalah pertanyaan umum yang sering dipertanyakan kebanyakan sobat bikers pemilik motor matic pemula. Karena merawat motor tidak hanya cukup ganti oli mesin rutin, namun ada beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan secara gampang agar motor matic kamu awen dan bertahan lama.

Dan berikut ini adalah 9+ cara gampang cara merawat motor matic injeksi kalian agar awet, untuk digunakan dalam waktu jangka panjang. Jangan lupa baca ulasan ini sampai dengan selesai, agar tidak ada kelewatan cara merawatnya.

1. Selalu Panasi Motor

cara gampang merawat motor matic

Memanasi motor sebelum digunakan adalah cara terbaik merawat motor matic sobat bikers, karena dengan dilakukan pemanasan pada motor matic kamu, ini akan menjadikan mesin terlumasi oli secara menyeluruh, sehingga nanti sobat gunakan untuk aktifitas akan mendapatkan peforma yang sangat baik dijalanan.

Tidak hanya sobat panasi sebelum digunakan, karena sobat melakukan setiap hari ini akan membantu menjaga keawetan terhadap aki yang terpasang pada motor anda. Terlebih jika sobat bikers menggunakan Gps Tracker Motor pada matic anda ini, jika tidak anda lakukan pemanasan setiap hari akan menjadikan aki pada motor cepet tekor.

Untuk melakukan pemasan motor matic ini, kami sarankan jangan menggunakn starter elektrik, sebaiknya sobat bikers melakukan pemanasan motor matic anda menggunakan kick starter, atau kebanyakan orang lebih sering menyebutnya denga selah motor. Pemanasan dengan kick starter bukan tanpa alasan loh, pasalya dengan menggunakan teknik ini sobat bikers akan menghemat daya batrei electrik starter.

2. Pastikan Tidak Sampai Telat Bensin

cara gampang merawat motor matic

Karena alasan sibuk kadang sampai lupa cek isi bensin pada motor matic injeksi kita, padalah jika ini sering terjadi sampai telat isi bensin dan benar-benar kosong, akan mempercepat rusak mesin motor loh sobat bikers. Jadi usahakan bensin motor anda tidak sampai pada indikator E atau habis bensin.

Tidak hanya untuk sobat bikers yang mempunyai motor matic saja, namun motor type lain seperti bebek, sport dan naked jika terlalu sering kehabisan bahan bakar minyaknya akan menjadikan mesin motor kamu cepet rusak terlebih yang motor sudah ada teknologi injection nya.

3. Lakukan Ganti Oli Berkala

cara gampang merawat motor matic

Hal ini sangat wajib bagis sobat bikers lakukan, agar motor matic anda mesinnya awet terawat. Melakukan ganti oli secara berkala adalah anjuran langsung dari pabrikan motor, untuk penggunaan normal anda bisa melakukan ganti oli ini selama 3 bulan sekali, namun untuk anda yang mempunyai aktifitas penuh seperti tukang ojek pengkolan atau OJOL (Ojek Online) sebaiknya anda usahakan menganti oli setiap bulan sekali, karena aktifitas anda yang cukup padat.

Sesuai buku petunjuk perawatan motor bahwasanya pergantian oli ini bisa dilakukan setiap 1000 km 1 kali, dan untuk oli gardan bisa sobat bikers lakukan pergantian pada 5000 km sekali. Dengan selalu menjaga pergantian secara teratur akan menjadikan mesin motor anda awet, dan peforma akan tetap terjaga, sehingga tarikan gaspun juga masih enteng.

4. Perikas Berkala Kondisi Vanbelt Dan Roler

cara gampang merawat motor matic

Vanbelt dan roler ini adalah salah satu jantung dari motor matic anda, jika tidak dilakukan pengecekan berkala, dan kondisi sampai usang akan menyebabkan motor kamu tidak enak dipakai, terlebih jika sampai putus ditengah jalan, ini akan membahayakan sobat bikers dan orang lain juga.

Jika dirasa vanbelt dan roler ini sudah usang segera ganti dengan vanbelt baru, untuk part bagian ini pastikan menggunakan merk orisinilnya, jika perlu gunakan merek yang lebih bagus agar berfungsi secara maksimal dan juga awet. Karena jika menggunakan merk aspal (Asli Tapi Palsu) yang rugi sudah tentu anda sendiri barang tidak awet, malah akan menyebabkan masalah pada komponen lain pada motor matic anda.

5. Atur Pengunaan Kecepatan Gas

cara gampang merawat motor matic

Jika sobat bikers sering menurunkan kecepatan gas dari tinggi kerendah secara mendadak, segera ubah perilaku tersebut karena, jika anda lakukan lebih sering akan merusak keadaan mesin motor matic anda.

Penggunaan gas dengan stabil adalah pilihan yang cukup tepat, dan ini sudah tentu akan membantu mesin motor anda akan awet, serta mempertahankan peforma dari motor.

6. Gunakan Bahan Bakar Berkwalitas

cara gampang merawat motor matic

Usahakan untuk menggunakan bensin yang murni tanpa campuran, karena ini akan membantu perawatan mesin motor anda. Karena jika anda menggunakan bahan bakar yang dicampur akan menyebakkan masalah pada mesin motor matic anda.

Kami sangat menyarankan anda untuk selalu membeli bahan bakar di POM bensin, untuk menguragi tercampurnya bensin dengan timbal untuk motor anda. Karena bisa jadi waktu pedagang bensin eceran membelin bensin, wadah yang digunakan terdapat timbal yang tidak baik untuk mesin, jadi menggunakan bensin dan mengisi penuh di POM adalah pilihan cukup cerdas bagi sobat bikers.

7. Lakukan Service Berkala

cara gampang merawat motor matic

Sobat bikers yang melakukan motor matic secara rutin berkala, semisal setiap 3 bulan sekali, berarti sobat bikers sangat peduli dengan motor anda. 

Ini adalah hal yang sangat baik, selain mendapatkan perawatan rutin motor anda, ini akan memerikan peforma yang stabil jika dilakukan perawatan secara berkala.

Untuk masalah perawan berkala sebaiknya sobat bikers menggunakan jasa bekngkel resmi, kalau tidak pastikan bengkel yang anda gunakan untuk service pelayanan profesional, dimana bisa menerima komplain dan juga konsultasi.

Jika memang ada sparepart yang perlu diganti usahakan menggunakan sparepart yang asli atau yang lebih baik dari asli jika ada.

8. Lakukan Perawatan Aki

cara gampang merawat motor matic

Hal ini memang cukup sepele bahkan banyak ditinggalkan kebanyakan sobat bikers, karena kadang kerusakan aki ini tidak begitu terasa, hanyak kandang lampu mulai redup atau kelistrikan kurang normal. 

Padahal jika ini tidak dilakukan perawatan dengan baik, akan menjadikan motor matic kamu mempunyai masalah lain yang ditimbulkan karena aki.

Sebaiknya jika aki anda rusak segera ganti aki baru. Merawat aki dengan baik berarti anda merawat motor matic anda agar bisa awet bertahan lama.

9. Ganti Oli Shockbreaker Berkala

cara gampang merawat motor matic

Oli shockbreaker adalah salah satu dari sekian banyak komponen yang tidak mendapatkan perhatian yang serius dari sobat biker. Padahal jika shockbreaker ini rusak anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengantinya.

Namun mulai sekarang anda wajib memperhatikan bagian ini, agar anda bisa menganti oli shockbreaker secara berkala, idealnya adalah setiap adan berjalan menemuph 1000 km bisa anda lakukan pergantian oli, selain membuat shoackbreaker awet, ini akan menjadikan akselerasi pada motor matic stabil dan tetap responsive ketika dikemudikan pada jalanan.

10. Perhatikan Kondisi Parkir Motor

cara gampang merawat motor matic

Agar body kendaraan anda tetep awet kinclong, sebaiknya anda memperhatikan anda berparkir usahakan ditempat yang sejuk, jauh dari paparan langsung sengatan sinar matahari, dan juga desarnya hujan. Karena jika ini sering terjadi anda lakukan akan menjadikan kekusaman pada body motor anda.

Apabila sobat bikesrs terpakas parkir di paparan matahari dan hujan, sebaiknya menggunakan mantel khusus motor, karena saat ini banyak yang menjual mantel motor.

Selain itu anda sebaiknya mencuci motor ini secara berkakal terlebih ketika habis dari tempat yang berlumpur. Karena jika tidak dilakukan cuci secara rutin juga bisa menyebabkan motor menjadi kusam.

Demikian ulasan dari kanalmu mengenai cara gampang merawat motor matic ijeksi agar awet dan bertahan lama, mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi sobat bikers dimanapun berada.
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "9+ Cara Gampang Merawat Motor Matic Injeksi Agar Awet"