Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seperti ini Susunan Acara Resepsi Pernikahan Resmi

Susunan acara resepsi pernikahan yang dibuat secara detail dan rapi merupakan kunci sukses dari suksesnya prosesi perkawinan. Untuk pembuatan susunan acara pernikahan yang tepat, sudah tentu akan menjadikan acara resepsi lebih hidup, meriah dan nyaman meskipun digelar secara penuh dalam sehari.

Adapun untuk membuat membuat susunan acara ini harus dilakukan secara bersama dengan keterlibatan banyak keluarga dan orang terkait yang akan mengisi acara tersebut. Dan bagaimana bentuk susunan acara resepsi pernikahan yang baik dan benar ? Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, sobat kanalmu haruslah baca ulasan kanalmu ini sampai dengan selesai.

Dengan demikian tidak ada satu hal yang ketinggalan, sehingga acara resepsi tidak ada yang rancu ataupun gagal ditengah-tengah acara berlangsung pada tanggal cantik pernikahan kalian. Dan hal itupun pastti sobat tidak mau adanya kegagalan acara yang sakral dan ditunggu-tunggu selama ini.

susunan acara resepsi pernikahan
Susunan Acara Resepsi Pernikahan Simpel

Berbagai rangkaian susunan acara resepsi pernikahan resmi

Adapun setelah usai melakukan ijab dan qobul serta memberikan seserahan mahar dalam prosesi pernikahan biasanya akan dilanjutkan dengan pagelaran acara resepsinya. Resepsi yang baik dan sukses ini tergantung bagaimana cara manajemen waktu serta susunan acara, jadi meski acara sehari penuh tidak menjenuhkan dan tetap memberikan kenyamanan serta kemeriahan bagi kedua mempelai maupun yang menghadiri undangan pada hari baik tersebut.

Dan berikut ini adalah contoh susunan resepsi pernikahan resmi baik acara dalam gedung, rumah yang bisa menjadi referensi terbaik buat sobat kanalmu.

1. Diawali dengan acara hiburan

Ketika besan masuk atau tamu undangan masuk berbagai bentuk menu kudapan pernikahan sudah dipersiapkan dengan baik dan tentunya tamu bisa menikmatinya. Agar saat makan lebih santai, acara diawali dengan berbagai hiburan yang sudah disiapkan, dan alangkah lebih baiknya jika dimulai 20 menitan sebelum tamu masuk.

Jadi tamu yang datang bisa menikmati makanan sambil dengan santai menyaksikan berbagai hiburan yang sudah dipersiapkan oleh tuan rumah yang mempunyai hajat. Adapun untuk jenis hiburan bisa berupa orgen tunggal, dangdut, campursari, tayup, reog, jaranan maupun jenis hiburan lainnya.

2. Pembukaan oleh MC

Adapun untuk langkah acara selanjutnya adalah pembukaan dari MC namun untuk itu harap dipastikan untuk kedua mempelai pengantin sudah siap, beserta keluarganya untuk memasuki gedung ataupun tempat resepsi yang sudah dipersiapkan. 

3. Kirab pengantin

Untuk acara selanjutnya adalah kirab temanten, disini kedua mempelai pengantin diiring-iring memasuki ruangan resepsi seoah ratu dan raja berserta rombongan manten yang mengikutinya. Dan selama prosesi menuju tempat resepsi biasanya akan diputarkan musik tradisional (tembang kebogiro untuk adat jawa) dan juga tarian tradisional ( adat jawa biasanya tarian cucuk lampah) sampai dengan sampai pada kursi pelaminan yang sudah disiapkan.

4. Sesi foto

Apabila kedua mempelai pengantin kakung dan putri sudah sampai pada kursi pelaminan, kemudian akan dilakukan prosesi ambil foto, baik itu untuk kedua pengantin, dengan orang tua. Adapun untuk proses pemotretan bisa disesuaikan dengan adat istiadat dari masing-masing daerah.

5. Sambutan dari kedua belah pihak

Untuk selanjutnya adalah acara sambutan dari masing-masing perwakilan kedua belah pihak temanten, dan atau biasanya ini disebut dengan acara serah terima manten dari pihak laki-laki maupun dari keluarga pengantin wanita.

6. Tausiah dan pembacaan doa

Jika sudah selesai acara sambutan kemudian dilakukan tausiah singkat untuk kedua mempelai pengantin jika ada, dan jika tidak langsung kepembacaan doa untuk kedua mempelai. Dan untuk pembacaan doa biasanya dilakukan oleh ustad atau kiayai yang sudah ditunjuk oleh tuan rumah dengan harapan rumah tangga yang akan dibanun diberi kerahmatan, kelancaran, dan sakinah, mawadah , warohmah.

7. Acara ramah-tamah, foto bersama dan hiburan

Adapun pada akhir acara setelah doa adalah rama tamah atau pemberian selamat kepada kedua mempelai pengantin beserta keluarga yang berada dikursi pelaminan. Selain itu biasanya juga ada sesi foto bersama dengan kerabat dekat baik dari pihak laki-laki maupun perempuan. Dan agar tidak membosankan acara hiburan yang sebelumnya sudah disiapkan dilakukan pagelaran dengan demikian pernikahan akan menjadi lebih santai, ringan dan meriah.

Diatas adalah bentuk susunan acara pernikahan secara umum, dan ketika menggunakan adat dan tradisi dari daerah tertentu sudah tentu konsepnya akan dipadukan dengan prosesi pernikahan adat terkait, untuk waktu mungkin bisa lebih panjang.

Kesimpulan

Dengan adanya ulasan terkait dengan susunan acara resepsi pernikahan resmi ini, acara pernikahan bisa berjalan dengan lancar, tidak membosankan dan mendapatkan respon yang positif kepada setiap tamu undangan yang datang. 

Dan susunan acara pernikahan resmi diatas cukup simple dan bisa dilakukan secara nasional baik untuk dalam gedung maupun resepsi pernikahan rumahan yang menggunakan tenda. Demikian ulasan yang bisa kami sampiakan, mudah-mudahan informasi ini membantu anda yang saat ini sedang proses susun konsep pernikahan simple namun tetap memberikan kesan yang luar biasa.

Post a Comment for "Seperti ini Susunan Acara Resepsi Pernikahan Resmi"