Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Lengkap Hitungan Hari Baik Pindah Rumah Sesuai Hari Pasaran Jawa

Kanalmu.com - Hari baik pindah rumah merupakan Dino Apik atau lebih di kenal dengan bahasa indonesia hari baik, ini menjadi suatu hal yang penting bagi masarakat jawa untuk memilih hari perpindahan rumah, namun sebenarnya juga bisa untuk menentukan hari baik untuk hajatan, beli motor, beli mobil, mencari rezeki dan beberapa kebutuhan lain terkait dengan aktivitas sehari-hari masyarakt jawa. Dengan adanya perhitungan dino apik atau hari baik ini masarakat jawa percaya bahwasanya memberikan keberkahan tersendiri dari tuhan yang maha kuasa. 
 
Daftar lengkap hari baik pindah rumah Seperti pada postingan sebelumnya bahwasanya kanalmu sudah membahas bagaiman cara mendapatkan hari baik dengan "cara menghitung hari baik dengan sesuai metode penanggalan jawa". Sebenarnya dasar perhitungan tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai panduan awal untuk mencari hari baik untuk keperluan lain seperti untuk menikah, hajatan, khitan dan lain sebagainya.

List Keterangan Metode Perhtungan Hari Baik Adat Jawa

Daftar Hitungan Hari Baik Pindah Rumah Dengan Hari Pasaran Jawa Lengkap Setelah anda tahu bagaimana cara mendapatkan hari baik dengan metode hitung sesuai kaideah penanggalan jawa, maka pada postingan ini kami berbagi kepada anda tanpa harus melakukan perhitungan, dan disajikan daftar lengkap hitungan hari baik pindah rumah.

Sehingga anda tidak perlu report menghitung, anda tinggal pilih hari apa dan pasaran apa, misalnya anda berencana pindah rumah pada kamis pon, cari tabel pasaran pon, cari hari kamis, lihat dikolom sisa dan jatuh pada, kamis pon jatuh pada rogoh. Dan Anda tinggal menyesuaikan sesui keterangannya, apakah baik atau tidaknya.

Tabel Keterangan Sisa Hasil Perhitungan hari baik

perhitungan hari baik pindah rumah

Kelebihan Jatuh Pada Artinya
  1. Guru dihormati,digurukan,lancar rezeki, selamat dan sejahtera.
  2. Ratu berwibawa, ditakuti,disegani,banyak rejeki dan jauh dari goro-goro.
  3. Rogoh mudah dimasuki pencuri, boros,kurang bahagia dan banyak hal-hal yang kurang baik.
  4. Sempoyong tidak bertahan lama atau tidak kerasan,susah dan sering bertengkar.
Artinya :
  • Jika ada kelebihan 1 jatuh pada Guru
  • Jika ada kelebihan 2 jatuh pada Ratu
  • Jika ada kelebihan 3 jatuh pada Rogoh
  • Jika ada kelebihan 4 jatuh pada Sempoyong
Daftar Hari Baik Sesuai Hari Pasaran Jawa Berikut ini adalah daftar lengkap hari baik untuk pindah rumah sesuai dengan hari pasaran jawa yang sudah dihitung, tinggal anda memilih sesuai hari baiknya. Dan anda bisa mencocokkan keterang sesuai tabel keterangan pada tabel di atas. 

1. Daftar Hitungan Hari Baik Pindah Rumah Dengan Pasaran Pon

hari baik pindah rumah pon

Dan berikut ini adalah penjelasan dari tabel diatas yang mana setiap hari dan pasaran yang kemudian neptunya di tambah kemudian dibagi dengan 4 akan menemukan hasil sebagai berikut ini.
  • Senin (4)  7+4  =11 : 4 Sisa 3 jatuh Rogoh
  • Selasa (3)7+3 =10 : 4 Sisa 2 jatuh Ratu
  • Rabu (7) 7+7  =14 : 4 Sisa 2 jatuh Ratu
  • Kamis (8) 7+8 =15 : 4 Sisa 3 jatuh Rogoh
  • Jum'at (6) 7+6 =13 : 4 Sisa 1 jatuh Guru
  • Sabtu (9) 7+9 =16 : 4 Sisa 0 = 4 jatuh Sempoyong
  • Minggu (5) 7+5 =12 : 4 Sisa 0 =4 jatuh Sempoyon

2. Daftar Hitungan Hari Baik Pindah Rumah dengan Pasaran Wage

hari baik pindah rumah wage
Untuk kamu yang akan mencari hari baik pindah rumah dengan pasaran wage, bisa kroscek terlebih dahulu hari wage apa yang cocok dengan weton kelahiranmu. Untuk itu kamu bisa cek penjelasan dari pasaran hari wage sebagai berikut ini. 
  • Senin(4) 4+4=8 : 4 Sisa 0=4 jatuh Sempoyong
  • Selasa(3) 4+3=7 : 4 Sisa 3 jatuh Rogoh
  • Rabu(7) 4+7=11 : 4 Sisa 3 jatuh Rogoh
  • Kamis(8) 4+8=12 : 4 Sisa 0=4 jatuh Sempoyong
  • Jum'at(6) 4+6=10 : 4 Sisa 2 jatuh Ratu
  • Sabtu(9) 4+9=13 : 4 Sisa 1 jatuh Guru
  • Minggu(5) 4+5=9 : 4 Sisa 1 jatuh Guru

3. Daftar Hitungan Hari Baik Pindah Rumah Dengan Pasaran Kliwon

hari baik pindah rumah kliwon
Untuk neptu pasaran kliwon adalah 8, dan untuk itu kamu bisa hitung dengan neptu hari kemudian akan mendapatkan hari baik pindah rumahnya seperti pada tabel diatas, dari sini kamu cari yang peruntungannyaterbaik.
  • Senin(4) 8+4=12 : 4 Sisa 0=4 jatuh Sempoyong
  • Selasa(3) 8+3=11 : 4 Sisa 3 jatuh Rogoh
  • Rabu(7) 8+7=15 : 4 Sisa 3 jatuh Rogoh
  • Kamis(8) 8+8=16 : 4 Sisa 0=4 jatuh Sempoyong
  • Jum'at(6) 8+6=14 : 4 Sisa 2 jatuh Ratu
  • Sabtu(9) 8+9=17 : 4 Sisa 1 jatuh Guru
  • Minggu(5) 8+5=13 : 4 Sisa 1 jatuh Guru

4. Daftar Hitungan Hari Baik Pindah Rumah Dengan Pasaran Legi

hari baik pindah rumah legi

Legi yang memiliki neptu 5 ini juga ada yang hari baik pindah rumahnya, dan untuk itu kamu bisa kroscek apakah hari senin, selasa, rabu, kamis, jumat ataupun sabtu. Yang pastinya sesuaikan dengan tabel perhitungan diatas.
  • Senin(4) 5+4=9 : 4 Sisa 1 jatuh Guru
  • Selasa(3) 5+3=8 : 4 Sisa 0=4 jatuh Sempoyong
  • Rabu(7) 5+7=12 : 4 Sisa 0=4 jatuh Sempoyong
  • Kamis(8) 5+8=13 : 4 Sisa 1 jatuh Guru
  • Jum'at(6) 5+6=11 : 4 Sisa 3 jatuh Rogoh
  • Sabtu(9) 5+9=14: 4 Sisa 2 jatuh Ratu
  • Minggu(5) 5+5=10 : 4 Sisa 2 jatuh Ratu

5. Daftar Hitungan Hari Baik Pindah Rumah Dengan Pasaran Pahing 

hari baik pindah rumah pahing

Bagaimana jika akan melakukan pindah rumah pada hari pasaran pahing, untuk sebelum melakukan perpindahan rumah sebaiknya kamu cek perhitungan hari baiknya seperti pada  tabel diatas, agar perpindahanmu mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan dalam menempati rumah baru.
  • Senin(4) 9+4=13 : 4 Sisa 1 jatuh Guru
  • Selasa(3) 9+3=12 : 4 Sisa 0=4 jatuh Sempoyong
  • Rabu(7) 9+7=16 : 4 Sisa 0=4 jatuh Sempoyong
  • Kamis(8) 9+8=17 : 4 Sisa 1 jatuh Guru
  • Jum'at(6) 9+6=15 : 4 Sisa 3 jatuh Rogoh
  • Sabtu(9) 9+9=18 : 4 Sisa 2 jatuh Ratu
  • Minggu(5) 9+5=14 : 4 Sisa 2 jatuh Ratu

Perhitungan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Primbon

Sobat kanalmu juga bisa melakukan perhitungan sendiri untuk menentukan hari baik pindah rumah berdasarkan primbon jawa yang akurat. Dan untuk bisa melakukan perhitungan sendiri ada beberapa hal yang harus dipelajari seperti weton jawa, neptu , pancasudo dan beberapa hal lain yang mendukung perhitungan hari baik jawa.

Dan kamu yang ingin mempelajarinya bisa langsung kroscek secara lengkap dan detail terkait perhitungan hari baik pindah rumah menurut primbon jawa melalui laman kanalmu. [ Perhitungan Hari Baik Menurut Primbon Jawa ]

Arah dan Bulan Baik Pindah Rumah

Adapun untuk hari baik pindah rumah juga harus memperhatikan arah dan juga bulan baiknya, karena sebagian dari kita masih percaya bahwasanya dengan melakukan perhitungan penentuan hari baik akan memberikan keberkahan dan juga kelancaran rejeki bagi mereka yang menempatinya.

Dan berikut ini adalah arah dan bulan baik untuk pindah rumah sesuai dengan primbon jawa, yang mana dalam catatannya juga memiliki keakuratan yang baik.

1. Untuk Pindah Rumah Ke Arah Barat

Adapun untuk bulan mulud, safar dan suro ini ada waktu baik untuk perpindahan rumah namun arahnya harus kebarat. Dan Jumadil Akhir, Jumadil Awal dan juga bakda mulud juga hari baik pindah rumah dikarenakan naga tahun berada di selatan, atau kamu bisa memilih bulan syawal dan safar karena posisi naga tahun berada diutara.

2. Untuk Pindah Rumah Ke Arah Timur

Bagaimana jika kamu ada rencana pindah rumah yang arahnya ke timur , hari, bulan baiknya apa ? Untuk kamu yang akan melakukan perpindahan rumah ke arah timur sebaiknya untuk memilih bulan puasa, ruwah dan rajab. Karena arah tersebut berbalik dari naga tahun yang mengarah ke barat. Dan banyak yang percaya arah tersebut bisa menjauhkan calon penghuni rumah dari kesialan.

3. Untuk Pindah Rumah Ke Arah Utara

Bagi sobat kanalmu yang akan melakukan perpindahan rumah ke arah utara haruslah mencari bulan yang dimana arah naga tahunya meninggalkan arah utara. Dan kamu bisa memilih bulan jumadil akhir, jumadil awal dan bakda mulut, karena posisi naga tahun berada di arah selatan. Dan juga kamu bisa melakukan pertimbangan bulan lain seperti mulud, safar dan bula suro dikarenakan naga tahun menuju arah timur. Ataupun untuk bulan puasa, ruwah, dan rajab dikarenakan naga tahun berada di arah barat.

4. Untuk Pindah Rumah Ke Arah Selatan

Apakah kamu memiliki tempat tinggal baru berada di arah selatan, jika iya sebaiknya kamu mencari hari baik nya terelbih dahulu sebelum melakukan pindah tempat. Dan bulan baik pindah rumah untuk kearah selatan adalah pada bulan besar dan syawal dikarenakan posisi naga tahun berada di Utara. Dan kamu juga bisa memilih bulan lain seperti mulud, safar dan suro karena pada saat bulan ini kepala naga tahun berada di timur. Adapun untuk referensi bulan baik lainnya adalah puasa, ruwah, dan rajab dikarenakan naga tahun berada pada arah barat.

Syarat Wajib Pindah Rumah

Selain mempersiapkan perhitungan hari baik pindah rumah, menentukan arah dan bulan yang baik untuk pindah rumah. Sobat kanalmu yang akan melakukan pindah rumah juga wajib mempersiapkan syawat wajib yang harus dibawa saat pindah rumah, dengan demikian rumah yang akan kamu tempati bisa memberikan rasa keamanan, kenyamanan dan juga menjadi tempat aktifitas yang menghasilkan rejeki yang berlimpah.

Adapun untuk syarat apa saja yang harus dipersiapkan ketika melakukan pindah rumah, sobat bisa cek pada laman kanalmu berikut ini. [ Syarat Dan Perlengkapan Wajib Pindah Rumah ]

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam

Selain kamu bisa memilih hari baik berdasarkan weton jawa pribom, sobat kanalmu juga bisa menentukan hari baik pindah rumah berdasarkan agama islam. Dan menurut islam sendiri untuk pidah rumah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dan untuk mengetahui lebih lengkapnya kamu bisa cek pada laman kanalmu [ Menentukan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam ]

Kasimpulan

Semoga artikel mengenai Daftar Hari Baik Untuk Pindah rumah sesuai pasaran jawa, ini membantu anda dalam mencari hari baik dalam perpindahan rumah, dan anda selalu di berkati oleh tuhan yang maha Esa.