√ Syarat wajib pindah rumah adat jawa

Kanalmu.com, Syarat Wajib pinda rumah dalam adat jawa ini harus dipenuhi karena jika tidak akan terjadi hal-hal buruk yang akan menimpa pada pemilik rumah yang akan menempatinya. Karena dengan memenuhi syarat-syarat tersebut dalam pindah rumah akan menjadikan keberkahan dalam keluarga yang meninggali rumahnya.

#1 Selamatan Atau Syukuran Dalam pindah rumah

Yang menjadi hal penting dalam perpindahan rumah dalam adat jawa adalah melakukan selamatan atau syukuran, biasanya dalam proses selametan ini dipimpin langsung oleh tetua yang berada dilingkungan tersebut, dan akan dibacakan doa-doa oleh tetua tersebut agar rumah memiliki keberkahan dan kemanfaatan.

BACA JUGA : 

#2 Syarat wajib pindah rumah adat jawa

Berikut adalah syarat yang harus dilakukan saat ingin pindah rumah menurut adat Jawa di desa Wonosari Bengkalis, antara lain :
Syarat wajib pindah rumah adat jawa
Syarat wajib pindah rumah adat jawa

#2.1 Memastikan semua telah siap

Saat pindah rumah, pastikan semua hal di rumah baru sudah siap. Terutama alat-alat pokok yang paling penting, mulai dari perabotan, air, listrik, dan sebagainya. Dengan demikian dapat langsung menempati dan beraktivitas seperti biasa.

#2.2 Memilih hari baik

Dalam hal ini, menurut masyarakat jawa ada kategori hari yang baik untuk dilangsungkannya pindah rumah. Dengan demikian, saat ingin pindah rumah haruslah memperhitungkan hari apa yang baik untuk pindah rumah atau disebut dengan penanggalan. keluarga yang pindah akan bertanya kepada orang yang mengetahui hari apa saja yang baik untuk dilangsungkannya pindah kerumah baru. Dimana biasanya pihak keluarga akan bertanya kepada orang tua zaman dulu.

#2.3 Membawa alat-alat yang dijadikan syarat saat pindah rumah

Barang-barang yang harus dibawa saat pindah rumah adalah :

  1. Sapu lidi, melambangkan penyapuan segenap kemalangan dan penyakit.
  2. Lampu minyak (pelita), melambangkan penerangan batin dan jasmani.
  3. Tikar, melambangkan bahwa segala sesuatu perlu mempunyai alas atau dasar yang kuat.
  4. Bantal, untuk tidur
Barang wajib pindah rumah adat jawa
Barang wajib pindah rumah adat jawa

#2.4 Mengadakan syukuran


Biasanya keluarga yang pindah akan mengundang tetangga sekitar, sahabat dan juga keluarga untuk berdoa bersama sama agar rumah yang di tempati di berkahi dan yang tinggal di dalamnya senantiasa nyaman dan di berikan perlindungan. Selain berdoa bersama, yang lazim di lakukan lainnya adalah memotong tumpeng sebagai wujud kekayaan dan kesejahteraan. Tumpeng adalah sajian tradisional yang sangat erat dengan acara syukuran atau selametan. Bahkan tumpeng dijadikan sebagai syarat wajibnya sebuah acara. Ada beragam jenis tumpeng yang hingga kini masih dilestarikan terutama oleh masyarakat Jawa yang salah satunya adalah tumpeng yang dibuat untuk acara pindah rumah.
selametan pindah rumah
selametan pindah rumah

#3 Hari Baik Pindah Rumah Di Tahun 2020/2021/2022 Sumber:[ beritajowo.com]

Dalam mitologi Jawa, dikenal adanya istilah Nogo Taun. Nogo taun atau naga tahun adalah perlambang keburukan dari arah suatu mata angin berdasarkan bulan-bulan tertentu dalam satu tahun penanggalan Jawa.

Nogo taun berada di arah Timur pada awal tahun Jawa (bulan Suro atau Muharram) dan berpindah setiap 3 bulan ke arah Selatan, Barat, dan Utara, hingga akhirnya kembali lagi ke Timur pada awal tahun berikutnya.

Saat hendak melakukan pindah rumah ke suatu arah mata angin tertentu, kita dianjurkan untuk menghindari bulan-bulan saat nogo tahun berada di arah tersebut. Misalnya, saat hendak pindah ke rumah baru yang letaknya berada di timur, maka kita tidak boleh pindah pada bulan Suro, Safar, ataupun Mulud. Begitu seterusnya.
Nogo Tahun Pindah Rumah Hari bulan baik
Nogo Tahun Pindah Rumah Hari bulan baik

#3.1 Pindah rumah ke arah Timur

Jika rumah baru yang akan kita tinggali letaknya ada di arah timur dari rumah yang lama, kita dianjurkan untuk pindah pada bulan Rajab, Ruwah, dan Puasa.

Pada bulan-bulan tersebut, naga tahun berada di arah Barat, sehingga kepindahan kita ke arah timur membuat kita menjauhi sang naga taun. Kepindahan seperti ini diharapkan membuat kita bisa menjauhi segala keburukan dan menciptakan rasa nyaman saat menghuni rumah baru.
Syarat wajib pindah rumah adat jawa
Joglo Rumah Adat Jawa


#3.2 Pindah rumah ke arah Selatan

Jika rumah baru yang akan ditinggali, letaknya ada di arah Selatan dari rumah Anda yang lama, maka kita dianjurkan untuk memulai pindah rumah pada bulan Syawal, Hafidz, atau Besar. Pada bulan-bulan tersebut, naga tahun sedang berada di Utara, sehingga kepindahan Anda ke arah Selatan membuat Anda menjauhi keburukan-keburukan yang dimiliki sang naga tahun.

#3.3 Pindah rumah ke arah Barat

Begitupun saat hendak pindah ke Barat, kita dianjurkan memulai kepindahan tersebut pada bulan Suro, Safar, atau Mulud, tepat di mana nogo taun sedang berada di Timur. Dengan menjauhi keberadaan nogo tahun, diharapkan kita bisa menempati rumah baru dengan penuh kenyamanan tanpa gangguan. Anda bisa memilih salah satu hari di antara 90 hari yang ada di 3 bulan tersebut, kecuali pada hari 1 Suro.

#3.4 Pindah rumah ke arah Utara

Dan terakhir, jika rumah baru berada di arah Utara, maka dianjurkan untuk pindah pada bulan Bakda Mulud, Jumadil Awal, atau Jumadil Akhir. Hari baik pindah rumah bisa dipilih pada salah satu hari di antara ke tiga bulan tersebut.

#4 Pindah Rumah dalam Kondisi Terpaksa

Ada kalanya, karena alasan tertentu seseorang ingin pindah rumah dilaksanakan dengan segera. Padahal, sang naga tahun letaknya masih berada di arah yang sama dengan arah kepindahan rumah. Bila kepindahan semacam ini dipaksakan, maka tentunya akan membuat kepindahan tersebut memberikan efek buruk.

Untuk menyiasatinya, orang tua zaman dulu menganjurkan beberapa syarat. Pertama, saat keluar dari rumah lamanya seseorang harus melewati pintu belakang, dan saat memasuki rumah baru, ia juga harus masuk dari pintu belakang. Syarat ini dilakukan hanya 1 kali saat awal mengangkut dan memasukan barang.

Semoga ulasan diatas bermanfaat dan membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai, perpindahan rumah dan hari baik serta syarat wajib yang harus dibawanya. Silahkan dishare jika dirasa artikel ini membantu adan.
Bagus Sanjaya Suka Beselancar Di Internet Untuk menambah wawasan, dan seoarang pemakai media sosial Facebook, Twittter dan Instagram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "√ Syarat wajib pindah rumah adat jawa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel