Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Baik Pindah Rumah Dalam Hitungan Jawa

Kanalmu.com - Cara menghitung hari baik pindah rumah dalam hitungan jawa merupakan sebuah cara atau prosesi yang dilakukan untuk menentukan hari apa yang sesuai untuk melakukan perpindahan rumah. Dalam adat tradisional jawa bahwasanya dalam penentuan hari ini mempunyai angsar dimana mempunyai pengaruh akan nasib baik bagi penghuni rumah yang akan melakukan pindah rumah. Dimana hari yang mana lebih dikenal hari pasaran dalam hitungan jawa bahwasanya masing-masing hari memiliki watak atau karakter, termasuk digunakan dalam hitungan mencari hari baik pindah rumah, pernikahan, hajatan dan lain sebagainya.




Tabel Perhitungan Hari Baik Pindah Rumah Adat Jawa

Penentuan Perhitungan Hari Baik Pindah Rumah


Bagi sebagian yang masih memegang erat adat tradisional jawa bahwasanya, untuk menentukan hari yang baik sebgian banyak orang jawa mendatangi sesepuh atau yang lebih dikenal orang yang pandai dalam mencari atau melakukan hitungan penanggalan hari baik kalender jawa.

Ini dilakukan sebagian kalangan dimaksudkan sebagai salah satu ihtiar bagi merekan dalam mencari hari baik untuk pindah rumah, agar semua proses dan penempatan rumahnya di rahmati oleh tuhan yang maha esa.

Dan dari rahmat tuhan yang maha kuasa ini akan menimbulkan atau selalu membawa kebaikan bagi penghuni rumahnya.

Cara menghitung hari baik pindah rumah


Dalam melakukan perhitungan hari baik pindah rumah dalam penanggalan jawa, dilakukan dengan cara dua metode yaitu dengan metode awal mencari hari baiknya dan setelah mendapatkan hari baiknya kemudian dilakukan mencari bulan baiknya.


1. Menentukan Hari Baik Menggunakan Metode Guru, Ratu, Rogoh, Sempoyong


Untuk menentukan hari baik dalam perhitungan jawa harus di ketahui neptu hari dan pasarannya. Karena ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam setiap penentuan hari baik. Dan berikut ini adalah tabel neptu hari pasaran yang perlu anda lihat dan pelajari.

Tabel Neptu Hari Dan Pasaran
Nama Hari Neptu Nama Pasaran Neptu
Senin 4 Pahing 9
Selasa 3 Pon 7
Rabu 7 Wage 4
Kamis 8 Kliwon 8
Jum'at 6 Legi 5
Sabtu 9 - -
Minggu 5 - -

Setelah anda mendapatkan neptu hari dan pasaran, langkah selanjutnya adalah menententukan hari dan pasarannya.

Sebagai contoh ,misalnya akan melakukan pindah rumah pada hari Senin Wage apakah merupakan hari baik dalam perhitungan jawa atau tidak ? Untuk mengetahui nilai dari SENIN WAGE anda bisa lihat tabel neptu dan pasaran diatas.

  • Senin Neptunya Yang Didapat = 4
  • Wage Neptunya Yang Didapat = 4
  • 4 + 4 = 8
  • Dari hasil neptu kedua diatas maka anda melakukan penjumlahan neptu hari dan pasarannya dan didapatkan hasilnya adalah = 8


Setelah anda menentukan hari dan pasaran dan sudah dapatkan jumlah dari neptunya, langkah berikutnya adalah membagi hasil JUMLAH tersebut dengan angka 4 dan selanjutnya anda cari kelebihan atau sisanya.

Nilai Angka 4 tersebut merupakan bilangan pembagi dari Guru, Ratu, Rogoh, dan Sempoyong. Caranya sebagai berikut:

  • 8 : 4 = 2
  • 2 × 4 = 8
  • 8 - 8 = 0 ( angka yang habis dibagi 4 disamakan dengan ada kelebihan 4 )
  • Jadi 8 : 4 = ada kelebihan 4.


Setelah anda mengetahui hasilnya langkah selanjutnya adalah melihat kamus dalam tabel dibawah ini.

Kelebihan Jatuh Pada Artinya
1 Guru dihormati,digurukan,lancar rezeki, selamat dan sejahtera.
2 Ratu berwibawa, ditakuti,disegani,banyak rejeki dan jauh dari goro-goro.
3 Rogoh mudah dimasuki pencuri, boros,kurang bahagia dan banyak hal-hal yang kurang baik.
4 Sempoyong tidak bertahan lama atau tidak kerasan,susah dan sering bertengkar.
Artinya :
Jika ada kelebihan 
1 jatuh pada Guru
Jika ada kelebihan 
2 jatuh pada Ratu
Jika ada kelebihan 
3 jatuh pada Rogoh
Jika ada kelebihan
 4 jatuh pada Sempoyong
Dari sampel perhitungan hari baik diatas hari SENIN WAGE mendapatkan nilai 4 dimana  jatuh pada Sempoyong yang artinya tidak bertahan lama atau tidak kerasan, susah dan sering bertengkar. Jadi hari tersebut dianggap sangat tidak baik.

2. Menentukan Hari Baik Menggunakan Metode Pancasuda


Cara Selanjutnya adalah Cara Menghitung Hari Baik Pindah Rumah dalam pertanggalan jawa menggunakan Pancasuda cara menghitungnya hampir sama dengan versi yang pertama, perbedaanya hanya saat membagi jumlah neptu, jika versi yang pertama jumlah neptu dibagi 4, maka diversi yang kedua jumlah neptu dibagi 5. Angka 5 adalah angka pembagi dari pancasuda.

Tabel List Pancasuda
Jika sisa Jatuh pada Artinya
1 Sri Rejeki melimpah
2 Lungguh Mendapat derajat
3 Gedhong Kaya harta benda
4 Lara Sakit, sakit-sakitan
5 Pati Mati, dalam arti luas

Setelah mengetahui Isi dari List Tabel Pancasuda, selanjutnya hitung neptu hari dan pasarannya.
Sebagai banhan Contoh tetep menggunakan hari SENIN WAGE.

  • Senin Neptunya = 4
  • Wage Neptunya = 4
  • Jumlah neptu 4 + 4 = 8
  • Jadi jumlah neptu hari pasarannya adalah 8


Langkah selanjutnya setelah jumlah neptu hari dan pasarannya diketahui, selanjutnya jumlah tersebut dibagi 5 dan cari sisa atau kelebihannya.
  • 8 : 5 = 1
  • 1 × 5 = 5
  • 8 - 5 = 3


Maka dari jumlah neptu tersebut ada sisa atau kelebihan 3 jatuh pada Gedhong yang artinya adalah = Kaya harta benda.

Dari kedua metode perhitungan hari baik dalam kalender jawa diatas yang sering dipakai untuk pindah rumah adalah metode perhitungan hari baik yang pertama, sedangkan metode perhitungan hari baik yang kedua sering dipakai untuk memulai sesuatu, misalnya usaha, hajatan, acara dan lain sebagainya.

Jika langkah perhitungan hari baik sudah dilakukan dan dipilih metode yang sesuai, langkah selanjutnya adalah memilih bulan baik pindah rumah.

3. Menentukan Bulan Baik Pindah Rumah


Berikut ini adalah tabel nama bulan dalam hitungan kalender jawa, dan keterangan dari bulan kalender jawa untuk menentukan bulan yang baik untuk melakukan perpindahan rumah.


Lihat daftar bulan keterangan
Bulan Ke Nama Bulan Dalam Jawa Keterangan 
1 Bulan Sura tidak baik
2 Bulan Sapar  tidak baik
3 Bulan Mulud tidak baik
4 Bulan Bakdamulud  baik
5 Bulan Jumadilawal  tidak baik
6 Bulan Jumadilakir  kurang baik
7 Bulan Rejeb tidak baik
8 Bulan Ruwah baik
9 Bulan Pasa  tidak baik
10 Bulan Sawal sangat tidak baik
11 Bulan Dulkaidah  cukup baik
12 Besar  sangat baik


Berdasarkan Tabel perhitungan kalender jawa diatas, bulan yg baik adalah : Bakdamulud, Ruwah, Dulkaidah, dan Besar. Selanjutnya pilih salah satu bulan yang baik tersebut untuk pindahan Rumah. berikut watak bulan baik pindahan rumah.

  • Bulan Bakdamulud = Bulan baik untuk mendirikan sesuatu termasuk rumah tinggal. Keluarga yang bersangkutan mendapat wahyu keberuntungan, apa yang diinginkan terlaksana, cita-citanya tercapai, selalu menang dalam menghadapi perkara, berhasil dalam bercocok-tanam, berkelimpahan emas dan uang, mendapat doa restu Nabi, dan lindungan dari Allah.

  • Bulan Ruwah = Bulan baik untuk mendirikan rumah tinggal. Rejeki melimpah dan halal, disegani, dihormati dan disenangi orang banyak, mendapat doa Rasul.

  • Bulan Dulkaidah = Cukup baik, dicintai anak istri, para orang tua, saudara, dan handaitaulan. Dalam hal bercocok-tanam lumayan hasilnya. Banyak rejeki dan cukup uang. Keadaan keluarga harmonis, tentram, damai dan mendapatkan doa dari Rasul.

  • Bulan Besar = Baik, banyak mendapat rejeki, berkelimpahan harta-benda dan uang. Anggota keluarga yang berdiam di areal rumah-tinggalnya yang dibangun pada bulan Besar merasakan ketentraman lair batin, serta dihormati.