Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menentukan hari yang baik pindah rumah menurut islam

Hari baik pindah rumah menurut islam merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan apabila sobat kanalmu akan menempati rumah baru dan pindah dari tempat yang lama. Karena rumah adalah salah satu tempat untuk bernaung, berbagi cinta, dan banyak aktifitas lainnya bersama keluarga tercinta. Dengan demikian memiliki kesiapan dalam berpindah rumah adalah hal yang sangat baik.

Karena beberapa hal bisa jadi sobat kanalmu dihadapkan dengan hal yang cukup sulit untuk menentukan hari baik pinda rumahnya, maka dari itu melakukan perhitungan yang matang kiranya tanggal cantik berapa kira-kira bisa dijadikan hari yang istimewa untuk melakukan perpindahan rumah, dengan demikian kamu bisa menjadikan moment pindahan rumah menjadi penuh kenangan dan juga bisa menjadi suatu keberkahan tersendiri.

Di dalam agama islam semua hari adalah baik, dan kamu bisa melakukan pindah rumah kapan saja tidak harus menentukan hari khusus untuk pindah rumah, namun karena ingin memiliki suatu kenangan yang berbeda kamu bisa memilih tanggal yang cantik yang bisa digunakan untuk perpindahan rumah, dan ini diperbolehkan selama tidak ada unsur syirik didalamnya.

hari baik pindah rumah menurut islam
Hari Baik Pindah Rumah

Cara pindah rumah menurut syariat islam

Dalam masyarakat banyak cara ataupun tuntutan saat melakukan perpindahan rumah seperti yang banyak dilakukan oleh masyarakat jawa, bahwasanya sebelum melakukan perpindahan rumah harus dilakukan perhitungan mencari hari baik pindah rumah berdasarkan weton. Dan selain itu ada beberapa persyaratan wajib yang harus dibawa saat melakukan perpindahan rumah dari tempat lama ke lokasi baru.

Hal ini berbanding balik dengan pandangan dari agama islam terkait dengan perpindahan rumah, namun jika kamu masih ragu ataupun ada hal yang menganjal kamu bisa melakukan beberapa hal terkait untuk perpindahan rumah ini, yang mana ini adalah salah satu cara untuk memantapkan hati sobat kanalmu agar tidak mendapatkan keragu-raguan.

Mendapatkan Hari Baik Pindah Rumah Sesuai Syariat Islam

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya untuk menghilangkan keraguan kamu terkait dengan hari mana yang harus kamu gunakan untuk menentukan hari yang baik pindah rumah, sobat bisa melakukan beberapa langkah berikut ini. 

Agar keraguan kamu hilang, dan kamu malah terjerumus dalam jurang syirik yang tidak dianjurkan dan tidak ada dalam kitab. Dan berikut ini adalah cara memantapkan hati untuk menentukan hari baik pindah rumah.

1. Melakukan Sholat Istikharah

Apabila kamu memiliki kebingunan dalam hati karena berbagai pilihan yang harus kamu ambil, kamu harus tetap dalam keadaan tenang dan selalu berfikir jernih. Di dalam agama islam disampaikan agar manusia selalu bedzikir serta berserah diri kepada Allah SWT, dan karena doa, kedekatanmu dengan Allah, serta usaha , Allah SWT akan memberikan jalan terbaik untuk kamu.

Dan ibadah yang bisa kamu lakukan ketika kamu dihadapkan pilihan yang membingungkan adalah sholat istikharah, demikian juga ketika kamu masih ragu dengan hari apa yang baik melakukan pindah rumah, kamu bisa melakukan sholat ini untuk mendapatkan petunjuk yang terbaik.

2. Menjahui Perbuatan dan Sifat Syirik

Sobat kanalmu sudah tentu sangat paham bahwasanya perbuatan syirik atau menyekutukan tuhan ini adalah salah satu bentuk dosa yang besar dalam agama islam. Dan begitu juga untuk sobat kanalmu yang akan melakukan pindah rumah, tidak diperbolehkan untuk melakukan perbuatan yang syirik, karena memang tidak akan mendatangkan kemanfaatan sama sekali.

Karena dalam masyarakat kita masih banyak yang mempercayai beberapa hal terkait hari baik pindah rumah dengan melakukan perhitungan, mengetahu mata anginnya, tatak letak. Sebagai contoh adalah kepercayaan terkait dengan lokasi rumah pada tusuk sate yang dipercaya banyak orang bisa menghambat rejeki.

Dan perlu sobat kanalmu perlu ketahui, bahwasanya yang menjadikan hari itu baik adalah terkait dengan nitan serta amal ibadah yang dilakukannya.

3. Selalu Menjaga Rasa Syukur kepada Allah SWT

Banyak orang ketika mendapatkan sesuatu yang lebih akan disibukkan dengan apa yang didapatkan dan lupa akan syukurnya kepada Allah SWT. Padahal semua apa yang mereka dapatkan termasuk rumah baru yang akan dihuninya datangnya dari Allah SWT. 

Untuk itu perlu kamu selalu bersyukur agar nikmatmu akan ditambah, dan terkait pada hari baik pindah rumah tersebut kamu bisa melakukan syukuran seta membaca doa dengan kerabat saudara serta tetangga sebagai bentuk syukur atas rejeki yang didapatkan dan juga bentuk silaturahmi dengan tetangga baru.

Adapun untuk doa syukuran tidak perlu dibuat acara yang besar serta meriah, namun kamu bisa saling berbagi dengan sekitar secara esensinya sudah didapatkan.

4. Memperbanyak Ibadah

Di dalam agama islam sholat merupakan tiang dari agama, dan ketika kamu sudah mendapatkan rumah baru jangan malah menjadi kendor ibadahnya baik itu ibadah wajib maupun sunnah. Karena untuk rumah yang senantiasa digunakan untuk beribadah dan membaca Alquran, rumah akan terhindarkan dari berbagai bentuk mara bahaya.

Tidak hanya itu untuk rumah yang selalu dibuat beribadah dan membaca Alquran juga akan menjadi lebih cerah, dan yang menghuninya akan diberikan keharmonisan dalam berkeluarga, diperbanyak rezekinya.


5. Membersihkan Rumah Secara Rutin

Kebersihan adalah sebagain daripada iman seseroang, hal ini disampaikan oleh ajaran islam. Menjadi bersih, rapi baik untuk diri sendiri maupun lingkungan hukumnya wajib. Dan jika kamu saat ini sedang menempati rumah baru ada baiknya mengajak semua keluarga untuk bebersih rumah dan sekitarnya, agar menjadi lebih bersih dan rapi.

Dengan kamu melakukan kerja bakti membersihkan rumah bersama keluarga, ini akan meningkatkan keeratan emosi antar penghuni rumah, ayah, ibu, anak , dan orang tua. Selain itu rumah akan sangat nyaman untuk dihuni ketika kebersiahannya terjaga. 

Dan tidak hanya itu, karena rumah yang selalu bersih akan menjauhkan dari hewan yang berbahaya seperi ular, kala jenking dan sebagainya.

6. Senantiasa Mengucapkan Salam dan Berdoa Keluar Masuk Rumah

Setiap perilaku dalam islam ada tata cara dan doa yang harus dilakukannya, termasuk saat keluar masuk dalam rumah. Karena ini akan menghindarkan gangguan setan yang setiap saat dan tempat selalu menggoda. Dan dengan membaca salam dan doa ketika keluar masuk rumah bisa menjadi salah satu penangkal terbaik untuk menjauhkan setan yang mengganggu.

Dengan mengikuti beberapa hal ini ketika akan pindah kerumah baru yang mana sesuai syariat islam, sudah tentu menjadikan rumah barunya akan enak dan teduh untuk ditinggali, serta menjadi rumah yang memiliki keberkahan dari Allah SWT. Dan penghuni rumah dihindarkan dari berbagai penyakit hati dan juga lahir.

Kesimpulan

Keberkahan ketika menempati rumah baru bisa didapatkan dengan mengikuti ajaran islam dan menjahui segala larangannya. Termasuk dengan mencari daftar hari baik, ini semua tergantung bagaimana sobat kanalmu berprasangka dengan hari, karena pada dasarnya hari dalam islam adalah baik.

Namun untuk menghindari kegalauan akan sebuah pilihan, kamu bisa melakukan beberapa amalan ibadah yang dianjurkan oleh agama islam, sehingga kamu terhindar dari perbuatan syirik.

Demikian ulasan terkait informasi hari baik pindah rumah menurut islam, mudah-mudahan sedikit ulasan ini bisa menjadi jawaban atas apa yang menjadi pertanyaanmu selama ini.

Post a Comment for "Menentukan hari yang baik pindah rumah menurut islam"