Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari baik memotong kuku lengkap dengan dalil dan tata caranya

Kanalmu.com - Memotong kuku adalah salah satu hal baik yang harus kamu perhatikan dan juga kamu lakukan secara rutin, karena dalam islam dan juga segi kesehatan memotong kuku secara rutin akan menghindarkan kamu dari berbagai kuman yang bisa menyebabkan kamu sakit. Karena kuku yang panjang jika tidak dilakukan perawatan dengan baik, pada sela-selanya akan menjadi sarang kotoran dan juga kuman yang menjadikan penyakit bagi badan sobat kanalmu.

Dalam memotong kuku, ada beberapa hari yang dianjurkan dalam islam, meskipun semua hari adalah baik namun ada hari yang insya allah memberikan keberkahan tersendiri untuk memotong kuku.

Hari baik memotong kuku adalah ?

hari baik memotong kuku

Seperti yang kamu sampaikan diatas bahwasanya dalam islam segala aspek aktifitas terdapat tata cara dan juga panduannya, sebagai contoh dari bangun tidur, sampai dengan tidur, adab makan, hari baik potong rambut dan juga hari baik potong kuku serta tatacaranya sesuai sunnah nabi.

Sedangkan untuk memotong kuku hari baiknya adalah hari jum'at, seperti dalil yang ada bahwasanya nabi muhammad melakukan cukur kumis dan juga memotong kukunya pada hari jum'at. Dan berikut ini adalah dalilnya.
dalil hari baik potong kuku

Hari dilarang potong kuku adalah?

Ada juga pendapat salah satu ulama islam besar bernama  Imam Qasim Al Ghazi, yang mana dalam melakukan potong kuku harap untuk menghindari hari Sabtu karena bisa menyebabkan penyakit pada tubuh. Dan juga hari Ahad atau Minggu yang mana bisa menghilangkan keberkahan dari Allah SWT.

Dalam memelihara kuku sebaiknya maksimal adalah 40 hari, jangan sampai kuku panjang tidak terawat dengan baik sehingga menjadi penyebab timbulnya penyakit.

Adab dan tata cara potong kuku menurut islam yang benar

Dalam berbagai aspek kehidupan dalam islam ada tatacara yang baik dan rapi, seperti halnya ketika akan masuk masjid mendahulukan kaki kanan, dan keluar kaki kiri. Dan tidak lain seperti masuk kamar mandi harus dahulukan kaki kiri kemudian keluar dahulukan kaki kanan.

Seperti halnya masalah memotong kuku, selain kamu bisa lakukan pada hari baik potong kuku, kamu juga harus tahu tata cara potong kuku yang baik dan benar sesuai adab islam. Dan berikut ini adalah tata cara potong kuku yang baik dan memberikan keberkahan menurut ajaran islam.

1. Cara yang benar potong kuku tangan

Apabila akan melakukan potong kuku, didahulukan adalah memotong kuku bagian tangan kemudian ke bagian kaki. Dan untuk memotong kuku tanganpun juga ada tata cara yang baik dalam islam. Dan berikut ini adalah tatacaranya.
  • Potong Kuku Tangan Kanan - Untuk bisa mendapatkan barokah dahulukan tangan kanan, kemudian mulai dari jari telunjuk, jari tengah, jari manis, jari kelingking.
  • Potong Kuku Tangan Kiri - Apabila kuku tangan kanan sudah selesai dan bersih kemudian dilanjutkan ke kuku tangan kiri yang mana harus kamu mulai dari jari kelingking, jari manis, jari tengah, jari telunjuk.
  • Potong Kuku Ibu Jari Tangan - Dan yang terakhir adalah memotong ibu kuku ibu jari yang mana dahulukan kuku ibu jari kiri kemudian kuku ibu jari kanan.

2. Cara yang benar potong kuku kaki

cara benar memotong kuku

Jika kuku tangan sudah selesai dipotong kemudian kamu bisa lanjutkan pada potong kuku kiri, adapun memotong kuku kaki ini juga terdapat beberapa tata cara yang baik dan benar. Untuk itu ikutilah caranya potong kuku kaki berikut ini.
  • Potong Kuku Kaki Kanan - Yang diutamakan dalam memotong kuku kaki adalah pada bagian kanan kaki terlebih dahulu, dan kemudian dimulai dari jari kelingking, jari manis, jari tengah, jari telunjuk dan akhir jempol kaki.
  • Potong Kuku Kaki Kiri - Apabila kaki kuku kaki kanan sudah bersih kemudian dilanjutkan dengan memotong kuku kaki kiri yang mana haru kamu mulai dari kuku pempol, kuku jari telunjuk, kuku jari tengah, kuku jari manis dan terakhir adalah kuku jari kelingking kaki kiri.
Sudah tentu dengan adanya tata cara dalam memotong kuku baik tangang maupun kaki, jika dilakukan dengan baik dan benar bisa mendatangkan keberkahan dan salah satunya keberkahan memotong kuku secara rutin adalah terhindarkan dari berbagai virus atau kuman yang menempel pada sela-sela jari.

Apa penyebab kuku rusak ?

Untuk mendapatkan kuku yang baik dan selalu bersih tidak cukup hanya dengan memotongnya secara rutin, kamu juga harus mengetahui penyebab kuku bisa rusak, dengan demikian kamu bisa melakukan antisipasi jika terjadi beberapa hal berikut ini yang bisa menyebabkan kuku rusak.

1. Timbulnya bintik-bintik putih

Adanya bintik-bintik putih yang timbul, yang mana ini bisa disebabkan karena kekurangan kalsium, atau juga karena kuku mengalami cidera seperti tersandung, atau terpentok.

2. Kuku rapuh dan kering

Apabila kuku kamu kering kering yang berujung rapuh ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain adalah kekurangan vitamin a, c serta biotin. Dan juga karena disebabkan oleh zat kimia sperti cat kuku atau terendam air lama

3. Kuku mengalami penuaan

Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh usia anda yang sudah mulai bertambah, dan untuk bisa mendapatka kuku yang tetap sehat sebaiknya dilakukan perawatan seperti manikur.

4. Bentuk kuku gelombang horizontal

Apabila kamu menemui kuku yang berbentuk demikian, alangkah baiknya untuk segera kedokter karena ini adalah salah satu ciri dari penyakit diabetes.

5. Kuku kuning

Kuku yang kuning ini bisa disebabkan oleh gaya hidup kamu yang kurang sehat, seperti banyak rokok misalnya. Maka untuk itu kamu bisa hindari dengan tidak merokok dan melakukan perawatan.

Cara membuat kuku bersih putih susu

Untuk mendapatkan kuku yang baik kamu bisa melakukan beberapa cara perawatan yang alami, dan berikut ini adalah beberapa cara yang kamu bisa lakukan untuk mendapatkan kuku bersih putih susu.
  • Menggunakan Bawang putih - Caranya cukup mudah kamu tinggal mengoleskan bawang yang diiris pada kuku kamu.
  • Belimbing wuluh - Dengan menggunakan potongan-potongan belimbing wuluh dapat menjadikan kuku kamu bersih putih susu.
  • Kulit semangka - Jika kamu makan semangka jangan dibuang kulitnya, kamu bisa manfaatin kulitnya untuk menghaluskan kuku kamu.
  • Lemon dan garam - Memanfaatkan air lemon dan garam bisa menjadikan kuku kamu bersih putih alami.
  • Pasta gigi - Dan yang terkahir kamu bisa manfaatin pasta gigi untuk mendapatkan kuku yang putih bersih.
Demikian ulasan kanalmu mengenai hari baik potong kuku dan tata cara yang baik benar menurut ajaran agama islam, dengan adanya ulasan ini diharapkan sobat kanalmu yang dimanapun berada bisa mendapatkan keberkahan dan juga kuku tangan maupun kaki yang sehat. Jangan lupa untuk dishare agar lebih banyak yang peduli dengan kukunya. Dengan demikian akan semakin banyak yang terhindarkan dari berbagai kuman dan selalu sehat tentunya.

Post a Comment for "Hari baik memotong kuku lengkap dengan dalil dan tata caranya"