Ide mahar pernikahan yang unik, keren dan tidak mahal

Mahar pernikahan memang kebanyakan berupa uang ataupun benda berharga mahal lainnya, namun saat ini untuk mahar yang diberikan pada tanggal cantik pernikahan tidak harus mahal, namun tetap merupakan sesuatu yang unik, isitimewa dan keren tentunya. Pemberian yang beragam ini juga harus didesain atau dibua seindah mungkin, karena bisa menjadi kenang-kenangan seumur hidup untuk momen sakral tersebut.

Dan kanalmu melalui laman ini akan berbagi beberapa contoh mahar keren yang ngak harus mahal, namun memberikan kesan yang mendalam kepada calon mempelai pengantin wanita. Dan apabila kamu ingin tema penataan mahar ini lebih keliatan mewah kamu bisa menyisipkan barang berharga seperti logam mulia maupun perhiasan.

Pasti penasaran seperi apa bentuk nya? Oke kita coba cek satu persatu untuk referensi terbaik mahar pernikahan unik yang juga ngak mahal ini, dan mudah-mudahan kamu bisa menemukan ide yang cocok untuk kamu berikan pada mempelai wanitamu.

mahar pernikahan

Rekomendasi mahar pernikahan terbaik tahun ini

Apakah kamu akan menikah pada tahun 2020 ini ataupun tahun 2021 mendatang, jika iya sudah mencari referensi mahar terbaik yang akan kamu berikan. Jika belum beberapa contoh desain mahar keren ini bisa kamu jadikan ide untuk kamu yang sebentar lagi menikah. 
Adapun berikut ini adalah beberapa inspirasi menarik yang patut kamu tulis pada note di smartphone ataupun buku agenda kamu.

1. Mahar Kolase

mahar pernikahan kolase
Mahar ini berbeda ya bentuknya dengan cincin pertunangan, karena mahar akan diberikan pada waktu ijab qabul saat prosesi pernikahan langsung. Meskipun contoh kolase ini bisa juga kamu jadikan kado untuk prosesi lamaran kamu.
Untuk mahar kolase biasanya akan dimasukan pada kotak mahar bisa berupa uang yang dibentuk unik kemudian ditempel pada bidang datar kotak mahar. Selain unag kamu bisa menggunakan benda lain yang menurut kamu menarik dan sesuaikan dengan keinginan kamu. Untuk menjadikan kolase mahar semakin menarik kamu bisa menambahkan bunga artifisial, tentu hal ini akan menjadikan bingkai mahar kamu lebih menarik dan rapi.

2. Mahar Uang Koin

mahar pernikahan uang koin
Kamu juga bisa menjadikan uang koin sebagai hiasan mahar pernikahan, sebagai contoh pada hiasan jam dinding tersebut yang mana dipinggirnya terdapat uang koin yang cukup banyak, dan hasil dari pembuatan mahar uang koin sangat menarik.
Kamu juga bisa membuat jenis bentuk lainnya, untuk mahar dari uang koin, yang kiranya kamu sukai sebagai contoh untuk karakter favorit dari calon istri kamu.

3. Frame bouquet

mahar pernikahan frame bouquet
Memang frame bouquet ini identik dengan dekorasi pelaminan pengantin, namun demikian pada mereka tangan yang kreatif , bisa dijadikan mahar yang mana isiannya adalah uang kertas dengan dibentuk rangkaian bunga yang menarik. Kamu bisa kombinasikan beberapa warnayang menarik agar mahar menjadi lebih istimewa.

4. Terrarium

mahar pernikahan terrarium
Kamu bisa memanfaatkan kotak kaca atau terrarium sebagai wadah mahar kalian, selain itu untuk isiannya bisa kamu berikan beberapa aksesoris maupun cincin yang desain nya juga menarik pada terrarium ini.
Dengan penghiasan yang baik, kotak kaca ini bisa menjadi mahar yang sangat menarik, cantik, indah dan juga sangat indah tentunya.

5. Tema foto atau gambar

mahar pernikahan tema foto gambar
Kamu juga bisa menggunakan foto menjadi bingkai mahar kamu yang menarik, dan juga kamu bisa jadikan foto kamu menjadi gambar siluet untuk mahar pernikahan yang unik. Agar menjadi lebih mengesankan kamu bisa menambahkan pigura kaca, tentu tampilannya akan menjadi lebih cantik.

6. Bentuk inisial

mahar pernikahan bentuk inisial

Kamu juga bisa membuat mahar dengan inisial dari kamu dan calon mempelaimu, kamu bisa kombinasikan beberapa material seperti koin uang, ataupun bunga-bunga, kemudian dirangkai pada satu frame pigura. Dan tambahkan beberapa aksesoris tambahan agar menjadi lebih keren.

7. Hasil Karya

mahar pernikahan hasil karya
Kamu juga bisa memberikan mahar dari hasil karya kamu sendiri, semisal kamu pandai dalam membuat kaligrafi, kamu  bisa membuat kaligrafi yang paling indang kemudian kamu jadikan mahar pernikahan kamu. Ataupun untuk jenis karya lain seperti lukisan tangan, dan lain sebagainya.

8. Hobi Pasangan

mahar pernikahan hobi pasangan
Tidak harus selalu unang ataupun emas berlian untuk sebuah mahar, karena miniatur dari bentuk hobi pasangan juga bisa dijadikan sebagai bentuk mahar yang istimewa, sebagai conotoh pasangankmu suka yang namanya jalan-jalan menggunakan pesawat, kamu bisa memberikan mahar miniatur pesawat.
Meskipun harganya cukup terjangkau untuk mahar ini, namun memiliki makna mendalam bagi pasangan, karena kamu memberikan pengertian lebih dan begitupun mereka menganggap demikian.

9. Scrapeframe

mahar pernikahan scrapframe
Kamu juga bisa menghadiahkan mahar berupa scrapframe, dan untuk mendapatkan mahar seperti ini kamu bisa melalui online, offline dengan harga yang sangat terjangkau. Dan ini hasilnya akan semakin menarik jika kreatifitas pembuat ini selalu uptodate.

10. Siluet

mahar pernikahan frame siluet
Gambar siluet dari kamu dan pasangan juga bisa menjadi salah satu mahar terbaik, selain itu kamu juga bisa hadiahkan frame siluet ini untuk kadi pernikahan temen, ulang tahun dan juga hadiah lamaran untuk yang akan kamu lakukan dalam waktu dekat.

11. Profesi

mahar pernikahan frame profesi
Apakah suami kamu memiliki profesi seperti polisi, tentara ataupun lainnya, untuk itu kamu bisa menjadikan logo berkarakter dari profesinya sebagai bentuk frame mahar yang keren dan penuh kesan. 
Baik logo dan aksesoris lainnya akan menjadikan frame mahar ini akan tampil lebih menarik, mengesankan karena kamu termasuk salah satu orang yang bangga dengan profesi pasangan.

12. Karakter kartun atau animasi

mahar pernikahan karakter kartun
Apakah calon pengantin kamu salah satu pengemar kartun ataupun animasi tertentu, seperti conan, one piece ataupun naruto. Jika iya, ini akan menjadi ide untuk membuat karakter kartun atau anime favoritnya menjadi hantaran menarik.
Dimana karakter anime tersebut bisa didesain sedemikian rupa sehingga bisa menyerupai kedua mempelai, tentu ini akan memberikan kesan yang mendalam bagi pasangan kamu yang sangat kamu cintai.

13. Adat daerah

mahar pernikahan adat daerah
Frame yang isinya berupa adat istiadat dari asal usul mempelai juga bisa dijadikan salah satu mahar antik dan unik. Tidak hanya itu dengan begini kamu bisa mencoba lebih mengenal karakter dan tradisi dari adat pasanganmu.
Biasanya untuk membuat tradisi ataupun simbol adat ini bisa menggunakan lipatan kertas dengan motif batik, warna warni maupun kertas uang mainan.

14. Tiket wisata honeymoon

mahar pernikahan tiket wisata honeymoon
Atau pasangan kamu pernah memiliki keinginan pergi kesuatu tempat untuk berlibur namun belum pernah kesampaian, kamu bisa memberikan berupa tike perjalanan, penginapa untuk berwisata ke tempat yang menjadi impian, tentu ini bukan hal yang cukup murah namun jika kamu memiliki dana yang lebih bisa menjadi salah satu kado teristimewa pada hari yang istimewa.

Tips menentukan mahar pernikahan

Untuk memberikan mahar kamu harus memperhatikan beberapa hal ini, sama halnya ketika kamu akan memberikan seserahan hantaran pernikahan. Adapun berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum menentukan mahar pernikahan untuk calon istri tercinta.

1. Kesepakatan dengan pasangan

Untuk menentukan jenis mahar seperti apa, kamu bisa membicarakan terlebih dahulu dengan pasanganmu, mahar seperti apa yang diinginkan. Dengan demikian istri bisa meminta dan pria bisa memberikan, namun demikian calon istri juga harus mengetahui kondisi keuangan dari pihak laki-laki, pastikan meminta mahar yang tidak memberatkan calon mempelai laki-laki.

2. Sesuaikan mahar dengan kemampuanmu

Kamu harus mengetahui isi kantong kamu, jika tebal bisa memberikan mahar yang lebih pada istri tercinta namun jika tidak kamu bisa memberikan mahar yang sesuai dengan budget yang kamu miliki, dan calon istri ini harus tahu kemampuan suami. 
Pastinya calon suami akan memberikan mahar yang terbaik untuk calon istri meskipun tidak diminta, karena mereka adalah para pejuang mahar yang tangguh.

3. Persiapkan dari jauh hari

Ini pentind dilakukan, karena tidak semua suku dan adat dinuasantara ini bisa fleksibel untuk penentuan mahar, karena ada beberapa yang mematok uang mahar yang cukup tinggi. Jadi untuk menjadi laki-laki yang belum menikah wajib hukumnya untuk bekerja keras dan mempersiapkan uang mahar dari jauh-jauh hari.
Dengan demikian ketika dari pihak perempuan meminta mahar yang tinggi sekalipun kamu sudah sanggup untuk memberikannya.

4. Tentukan tema mahar yang sesuai

Untuk tema penataan mahar, kamu bisa mencari referensi terbaik yang ada diinternet dan salah satunya adalah pada laman mahar pernikahan dari kanalmu ini. Ada cukup banyak ide yang bisa kamu gunakan sebagai bentuk mahar pernikahan pada hari baik dan sakral kalian itu.

Kesimpulan

Mahar pernikahan memang wajib diberikan dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai wanita, sebagai salah satu tanda bukuti kesungguhan dalam membuat ikatan yang disebut pernikahan. Dan dalam islam sendiri disampaikan adalah bahwasanya sebaik-baiknya wanita adalah yang sedikit maharnya,  
Baca Juga :  Inilah Tips dan Cara Membuat Seserahan Bed Cover Agar Menarik