✓ Persyaratan Wajib Perpanjang STNK Tahunan Untuk Mobil dan Motor Yang Harus Kamu Ketahui

Kanalmu.com, Persyaratan Wajib Perpanjangan STNK Tahunan - Untuk kamu sobat otomotif kanalmu yang suka berkendara menggunakan kendaraan bermotor mobil, motor sebaiknya membayar pajak kendaraan tidak pernah telat apalagi tidak melakukan pembayaran pajak ya baik bayar pajak online maupun datang ke kantor samsat. Pembayara pajak kendaraan ini biasanya dengan ditandai dengan perpanjangan STNK tahunan. Sudah kita ketahui semua bahwasanya STNK ini sangat penting fungsinya disamping SIM guna untuk perjalanan kita menggunakan kendaraan bermotor baik mobil maupun motor. Terlebih belakangan ini banyak sekali razia kendaraan bermotor, dan dari kita kebanyakan ketilang karena surat-surat kendaraan tidak lengkap.

Mengingat begitu pentingnya STNK [ Surat Tanda Naik Kendaraan ] dan juga SIM dalam perjalanan kita menggunakan kendaraan bermotor mobil dan motor. Maka kita tidak boleh telat dalam melakukan perpanjangan STNK atau melakukan pembayaran pajak kendaraan tahunan, dan juga 5 tahunan. Jika anda lupa melakukan perpanjangan sudah tentu akan menambah masalah bagi anda dikemudian hari, sebagai contoh adanya razia gabungan antara polantas dan juga dishub, sudah tentu anda akan ditilang, dan bahkan kendaraan anda akan bisa disita oleh pihak kepolisian. Berhunbungan dengan ulasan ini maka pada kesempatan kali ini kanalmu otomotif akan berbagi informasi mengenai persyaratan wajib untuk perpanjangan STNK tahunan dan juga lima tahunan. Agar sobat kanalmu ketika akan melakukan perpanjangan bisa lebih mudah dan cepat karena sudah mempersiapkan dokumen dan prasyaratannya.

cara gampang perpanjang stnk
cara gampang perpanjang stnk
Baca Juga :
  1. Cara Gampang Mengurus STNK Hilang Tanpa KTP
  2. Cara Gampang Cek Plat Nomor Motor, Mobil
  3. Cara Gampang Cek Pajak Kendaraan Online
  4. Tips Membeli Motor Bekas Online Aman
  5. Begini Cara Gampang Bayar Pajak Bermotor Online

Persyaratan Wajib Perpanjang STNK Tahunan

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya untuk melakukan perpanjangan STNK baik tahunan, dan lima tahunan dibutuhkan dokumen syarat wajib. Dan untuk melakukan pembayaran pajak ini tidaklah boleh telat jika tidak kamu juga akan dikenakan denda jika pembayaran pajak kendaraan telat. Agar tidak telat melakukan pembayaran pajak, sebaiknya anda cek masa aktif STNK dan dibuat note, jika anda kesulitan bisa cek secara online informasi pajak kendaraan melalui samsat online nasional.

Sedangkan untuk biaya denda telat pajak kendaraan bermotor ini kurang lebih di tarif Rp 49.000, dan sudah tentu ini bukan biaya tetap, karena biaya tersebut bisa berlipat dua kali lipat jika setiap tahun anda telat melakukan pembayaran pajak.
dokumen dan syarat wajib perpanjang stnk
dokumen dan syarat wajib perpanjang stnk

Persyaratan STNK Tahunan Yang Wajib Anda Ketahui

Untuk lebih detail berkas dan dokumen wajib untuk perpanjangan STNK tahunan dan juga 5 tahunan, kamu bisa cek pada ulasan dibawah ini degan baik.

Berikut Persyaratan Wajib Perpanjangan STNK Tahunan

Pastikan anda sobat kanalmu, mempersiapkan dokumen prasyarat wajib perpanjang STNK tahunan berikut ini ya gaest.

  • Siapkan STNK Asli Dan Foto Copy
  • Siapkan BPKN Asli Dan Foto Copy
  • Siapkan KTP Asli dan Foto Copy Sesuai dengan data kendaraan
  • Siapkan Data Foto Copy Domisili Perusahaan, SIUP, TDP  atas nama perusahaan [ Untuk Perusahaan ]
  • Jika pengurusan STNK orang lain Pastikan memberikan Surat Kuasa Untuk Pengurusan Perpanjangan STNK.

Begini Cara Dan Prosedur Gampang Perpanjangan STNK Tahunan

Untuk kamu yang akan melakukan perpanjangan STNK tahunan pastikan, mengetahui dengan jelas prosedurnya agar pengurusannya gampang dan mudah. Untuk tahapan prosedurnya adalah sebagai berikut ini.
  • Pergi Ke Loket Samsat kemudian Isi Form Perpanjangan STNK tahunan
  • Menyerahkan Form Pengajuan Perpanjangan
  • Tunggu Sampai dengan Di Panggil
  • Penjaga Loket Akan Memberikan Kwitansi Pembayaran 
  • Ke loket pembayaran dan bayar Biaya Besaran perpanjangan 
  • Tunggu Pengesahan dan penerbitan STNK dan SKPD
  • Ambil dan terima STNK serta SKPD perpanjangan yang baru

Ini Persyaratan Wajib Perpanjangan STNK 5 Tahunan

Untuk perpanjangan STNK memang ada dua kategori perpanjangan tahuanan dan lima tahunan, dan berikut ini adalah persyawatan wajib untuk perpanjangan STNK lima tahunan.
  • Siapkan STNK Asli Dan Foto Copy
  • Siapkan BPKB Asli Dan Foto Copy
  • Siapkan KTP Asli dan Foto Copy Sesuai dengan data kendaraan
  • Siapkan Data Foto Copy Domisili Perusahaan, SIUP, TDP  atas nama perusahaan [ Untuk Perusahaan ]
  • Jika pengurusan STNK orang lain Pastikan memberikan Surat Kuasa Untuk Pengurusan Perpanjangan STNK.
  • Dan Terakhir adalah melakukan Cek Fisik Kendaraan , jadi pastikan kamu membawa kendaraannya ya Gaest.
Demikian ulasan kanamu mengenai persyaratan wajib perpanjangan STNK tahunan dan juga lima tahunan, untuk kendaraan mobil dan motor, sebenarnya untuk perpanjangan STNK ini ada jasa atau agennya, ini bisa anda pakai jasanya jika dirasa anda mempunyai waktu yang sibuk serta budget yang lebih karena sudah pasti ada uang jasa titip untuk perpanjangan STNK ini. Untuk berkas kurang lebih sama, dan semua itu biasanya akan dibantu oleh jasa perpanjangan STNK. 

Pastikan kamu tidak akan telat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor anda, dengan demikian anda membantu pembangunan negara indonesia. 
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "✓ Persyaratan Wajib Perpanjang STNK Tahunan Untuk Mobil dan Motor Yang Harus Kamu Ketahui"