Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Mati Saat di Gas

Kanalmu.com - Hai sobat bikers, apakah kamu saat ini sedang mengalami masalah, saat melakukan gas motor malah menjadi mati. Sudah pasti cukup menjengkelkan bukan ? Karena masalah satu ini adalah salah satu problem yang kita semua sering alami ketika akan atau sedang berkendara menggunakan motor.

Dan tahukah kamu, jika masalah ini sering dialami oleh motor yang mana sistem pengapian dalam mesinnya masih menggunakan teknologi karburator. Namun untuk teknologi fuel injection juga tidak menutup kemungkinan juga mengalami hal yang serupa.

Masalah yang sering terjadi pengguna motor

Namun selain masalah diatas ada beberapa masalah lain yang sering dialami bagi sobat biker, antara lain adalah motor suara brebet saat digas pada putaran rpm tinggi, atau kamu sering mendapati saat gigi dimasukan motor malah mati.

Masalah-masalah pada motor tersebut bukan tanpa sebab, namun ada beberapa penyebab yang mana menjadikan motor sulit digas, mati saat digas, bahkan mati saat gigi dimasukan. Maka dari itu sobat bikers yang memiliki motor wajib hukumnya pengetahui penyebab, dan harus tahu problem solving yang harus dilakukan apa, jadi ketika mengalami kejadian tersebu tidak panik.

Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Mati Saat di Gas

Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Mati Saat di Gas

Adapun beberapa penyebab berikut ini adalah penyebab motor mati saat kamu melakukan gas, dan untuk mengatasinya cukup gampang ikuti petunjuk yang kami informasikan melalui ulasan informasi ini.

1. Busi motor

Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Mati Saat di Gas

Biang keladi yang sering menyebabkan motor mendadak mati saat digas adalah busi motor mau mati, dan selain menimbulkan masalah tersebut jika busi motor ini kotor atau bahkan rusak akan meyebabkan suara brebet saat digas.

Untuk mengatasi masalah ini sobat bikers perlu melakukan kroscek terlebih dahulu pada bagian busi, dan apabila memang biangnya adalah busi maka secepatnya sobat bikers ganti dengan busi motor yang baru, untuk harga busi motor inipun cukup murah kok sobat.

2. Karburator bermasalah

Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Mati Saat di Gas

Untuk jenis motor karbu, yang sering menjadi penyebab dari motor mati saat digas adalah adanya masalah pada bagian karburator, bisa jadi settingan kurang pas, nah jika menemui setelan tidak pas, kamu wajib lakukan penyetelan ulang.

Namun tidak cukup itu, bisa jadi karena dimasalahkan adannya kerusakan pada bagian karburator atau memang ada tumpukan kotoran yang harus dibersihkan. Solusi gampang jika ada komponen yang bermasalah pada bagian karburator adalah dengan menganti dengan part yang baru.

3. Koil pada motor

Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Mati Saat di Gas

Fungsi koil ini sangat penting, karena mampu menaikkan tegangan listrik aki 12 volt menjadi ribuan volt. Dan apabila ada kerusakan pada bagian ini akan menyebabkan mesin motor brebet dan juga motor mati saat digas.

Satu-satunya cara agar bisa menangani permasalahan koil rusak adalah menganti dengan alat koil yang baru sejenis dengan type motor yang sobat bikers miliki.

4. CDI motor

Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Mati Saat di Gas

Hal selajutnya yang bisa menyebabkan motor sering mati saat digas, dikarenakan kerusakan pada bagian CDI. Namun sebelum kamu pastikan cdi mati, sebaiknya kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu memanfaatkan koil sejenis.

Dan apabila cdi motor rusak saran dari kanalmu adalah dengan menganti dengan yang baru, sedangkan untuk harganya relatif murah ada yang hanya ratusan ribu, tergantuns jenis dan merk motor yang kamu gunakan.

5. Spul atau Pulser

Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Mati Saat di Gas

Kabel tembaga yang terdapat pada spul motor kebakar atau gosong, ini juga menjadi salah satu biangkerok motor mati-mati saat digas. Untuk mengatasi masalah ini sobat biker tidak perlu menganti dengan spul yang baru.

Kamu bisa mencoba menggunakan trik menganti kambel tembaga yang melilit dan gosong pada spul dengan yang baru. Namun kamu perlu perhatikan juga berapa jumlah lilitan yang sesuai dengan standartnya jenis dan merk motor yang kamu pakai tentunya.

Okelah sobat bikers kanalmu, demikianlah informasi sedikit dari penyebab dan cara mengatasi motor mati saat digas, mudah-mudahan info ini membantu permasalahan yang sobat bikers saat ini sedang alami. Jangan lupa dishare ya agar lebih banyak lagi sobat biker yang rajin dalam melakukan perawatan motor kesayangannya.

Post a Comment for "Berikut Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Mati Saat di Gas"