Berikut Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Brebet saat di gas pada RPM Tinggi

Kanalmu.com - Sobat bikers apakah pernah saat mau nancap gas penuh, malah mengalami brebet atau kempos ? Namun kamu apakah sudah paham bahwasanya ini disebabkan oleh system pembakaran bahan bakarnya. Intinya dalam proses pengapian pada ruang pembakaran tidak berjalan dengan baik, atau terjadi masalah. Jadi ketika sobat bikers mau melakukan putar gas penuh pada RPM tinggi malah terdengar suara brebet tersendat.

Bagaimana menurut kamu ? Pasti sudah pasti terganggu dengan keadaan tersebut. Maka dari itu wajib hukumnya mencari penyebab dari masalah ini kemudian dicari cara penyelesaian masalahnya. Kabar baiknya adalah sobat bikers akan kamu pandu mencari penyebab dan solusinya melalui informasi yang kanalmu bahas pada kesempatan kali ini.

Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Brebet

Motor Brebet
Adapun penyebab dan juga cara gampang dalam permasalahan motor brebet adalah berikut, perhatikan dengan baik sampai selesai agar kamu bisa mengatasi dengan gampang.

1. Busi rusak atau kotor

busi rusak atau aus

Disebabkan karena busi aus atau karena banyaknya kerak ini bisa menjadi salah satu penyebab dari brebetnya motor, bahkan bisa menyebabkan motor mati mendadak.

Hal ini menyebabkan percikan api dari busi kecil, karena kotornya busi. Untuk bisa mengatasinya sobat bikers bisa lakukan beberapa cara dan salah satunya adalah, dengan cara melepas busi dari dudukan, tanpa terlepas dari kabel busi.

Kemudian kamu lakukan nyalakan kontak pada posisi ON, kemudian lakukan pengecekan dengan cara temmpelkan ulir busi pada silinder, dan cek apakah percikan api yang keluar dari elektroda besar apa kecil ataupun tidak keluar sama sekali.

Apabila percikan tidak keluar waktunya adan menganti busi, namun jika keluar percikan api kecil sobat bikers bisa melakukan pembersihan busi.

2. Adanya kotoran pada saluran bahan bakar

saluran bahan bakar kotor

Motor yang brebet juga bisa disebabkan karena proses bahan bakar tidak bisa berjalan dengan baik, dan ini bisa disebabkan karena ada masalah pada saluran bahan bakar yang dari tangki sampai dengan injektornya.

Sobat bikers bisa melakukan pengecekan pada saluran tersebut. Hal ini disebabkan karena tangki motor sudah berkerak, atau memang sobat bikers sering menggunakan bensin eceran, yang mana tempat bensin ini terdapat kotoran, dan menyebabkan saluran bensin tersendat, dan menyebabkan motor menjadi tersendat.

Jika sobat bikers motornya mengalami hal yang demikian dan menyebabkan motor brebet, maka sebaiknya bersihkan tangki dan salurannya, jika tidak bisa membersihkan sendiri silangkan bawa kebengkel terdekat.

3. Bahan bakar tercampur air

Dan yang menjadi penyebab lain dari brebetnya motor, disebabkan karena bensin yang digunakan pada motor tercampur dengan air.

Bensin yang tercampur dengan air akan menyebabkan pembakaran pada mesin tergangu dengan demikian akan menyebabkan motor brebet. Jika terjadi demikian sobat bikers bisa melakukan pembersihan pada bahan bakar yang digunakan kemudian ganti yang baru.

4. Filter udara kotor

Sistem pembakaran membutuhkan udara, dan udara yang masuk ke ruang pengapian ini disaring dari filter udara motor, jika part tersebut kotor maka akan menggagu sistem pengapian dan menjadikan mesin motor bisa mbrebet. 

Untuk bisa mengatasi masalah ini maka sobat bikers harus membersihkan filter motor, dengan demikian masalah yang sobat biker alamai akan terselesaikan.

5. Injektor kotor

Masalah selanjutnya yang menyebabkan motor menjadi brebet, dikarenakan injektor kotor dan ini disebabkan oleh penggunaan bensin yang kurang baik, sehingga menjadikan subatan pada saluran dan menyebabkan terjadinya pembakaran yang kurang maksimal dan menjadikan motor menjadi brebet.

Untuk mengatasi masalah ini sobat bikers wajib melakukan perawatan motor pada bagian injektor secara rutin, dengan demikian masalah yang ditimbulkan sumbatan pada saluran yang menjadikan injektor kotor terselesaikan.

6. Menumpuknya kotoran pada karburator

membersihkan karburator kotor

Dan dari adanya tumpukan kotoran pada injektor ini akan menyebabkan menumpuknya pula kotoran pada karburator, dimana main jet yang berfungsi sebagai pennyalur bensin keruang pembakaran terkendala. Hal ini juga sebagai salah satu yang menyebabkan motor kamu menjadi suaranya brebet saat kamu tekan gas dengan rpm tinggi.

Untuk mengatasi masalah pada karburator yang kotor, jika sobat bikers tidak bisa melakukannya sendiri sebaiknya kamu bawa kebengkel. Karena setelah membersihkan karburator akan dilakukan seeting ulang karburator agar suaranya tidak brebet, irit dan bisa lari kenceng.

Demikian ulasan kanalmu mengenai informasi penyebab dan cara gampang mengatasi masalah motor brebet. Mudah-mudahan informasi ini bisa membantu menyelesaikan masalah yang anda hadapi saat ini.
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "Berikut Penyebab dan Cara Gampang Mengatasi Motor Brebet saat di gas pada RPM Tinggi"