Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Pengertian , Fungsi dan efek samping filter motor jika dilepas, salah satunya bikin boros bensin

Kanalmu.com - Sobat bikers pasti sepakat jika indonesia adalah salah satu negara yang memiliki pengguna pengendara motor yang cukup tinggi. Ini bukan tanpa alasan, karena fungsi motor yang bisa digunakan untuk mempermudah dalam aktifitas. Dan juga karena kemudahan dalam mendapatkannya motor, karena saat ini banyak lembaga pembiayaan yang menawarkan kredit motor, jika masyarakat tidak mau membeli secara cash.

Selain itu dengan harga motor murah di jenis bekas, juga menjadi daya tarik tersendiri, apabila konsumen bisa memilih dengan teliti bisa mendapatkan motor yang masih memiliki peforma tinggi.

Memang tujuan membeli motor untuk meringankan dalam beraktifitas, namun tidak sedikit bagi sobat bikers muda membeli motor guna untuk di modifikasi. Yang mana dalam modifikasi ini mempunyai tujuan kontes atau hanya sekedar pamer dengan komunitas saat nongkrong bareng.

Modifikasi Mesin Motor

efek filter udara dilepas
Banyak sekali modifikasi motor seperti beat, vairo, vixion yang mana dalam memodifikasi ini mereka bisa melakukan modifikasi dari segi tampilan sampai pada tahapan mesinnya. Dan pada bagian mesin yang sering dilakukan modifikasi adalah bagian filternya.

Yang mana ketika anda melakukan modifikasi dengan melepas filer ini banyak yang beranggapan bahwa, bisa membantu mempercepat laju motor. Namun apakah sobat biker mengetahui bahwasanya dengan melepas filter motor akan meberikan efek samping. Sebelum kita bahas mengenai efek samping dari pelepasan filter lebih baik kita semua mengetahui apa fungsi dan pengertian dari filter motor.

Filter Udara Motor ?

efek filter udara motor matic dilepas

Berikut ini merupakan pengertian dari filter udara yang terdapat pada motor. Filter udara adalah merupakan  salah satu komponen penting pada motor yang mana memiliki guna untuk menyaring udara yang membawa kotoran yang akan masuk kemesin pembakaran.

Apakah fungsi dari filter udara pada motor ?

fungsi filter udara motor

Seperti yang ada pada pengertian diatas bahwasanya filter udara ini mempunyai fungsi utama sebagai penyaring kotoran terhadap udara yang akan masuk ke ruang pengapian.

Dimana jika tidak terdapat filter udara ini akan menyebabkan komponen pada ruang pembakaran seperti piston, klep akan cepet kotor sehingga aus dan mudah rusak.

Karena pentingnya dari filter udara ini makanya banyak yang mau melakukan modifikasi harus berfikir duakali jika akan melakukan modifikasi pada bagian ini. Untuk anda yang masih mau melakukan pelepasan pada filter udara sebaiknya memperhatikan efek samping yang ditimbulkannya.

Efek samping filter motor jika dilepas

Dan berikut ini adalah beberapa efek samping yang diakibatkan oleh pelepasan filter motor, untuk lebih jelasnya silahkan dibaca sampai dengan selesai dari pembahasan informasi kanalmu ini.

1. Kotoran akan masuk mesin

Karena filter dilepas sehingga udara yang masuk keruang pembakaran tidak bisa dikontrol dengan baik, bisa jadi udara yang membawa kotoran ikut masuk dan akhirnya menempel pada mesin. Sudah tentu ini akan mengaibatkan mesin kotor secara berlebihan.

2. Motor kamu semakin boros

Efek samping selanjutnya yang disebabkan oleh pelepasan filter adalah menjadikan motor kamu semakin boros akan penggunaan bensin. Karena ini akan menjadikan pantulan bahan bakar akan langsung terbuang karena tanpa adanya penghalang berupa filter.

3. Ruang pembakaran menjadi kering

Udara yang masuk lebih besar pada mesin karena disebabkan oleh pelepasan filter, dan dengan demikian ruang pembakaran akan menjadi kering karena udara yang masuk bebas dan banyak.

4. Suku cadang cepet aus

Apabila pelepasan filter udara ini dilakukan untuk jangka waktu yang lama akan mempercepat kerusakan pada komponen-komponen, karena udara dan debu yang menempel akan menjadi kerak, jika tidak dilakukan perawatan secera rutin.

5. Putaran atas akan menjadi drop

Karena proses pembakaran secara berlebihan ini akan menjadikanputaran atas drop, sehingga ini akan menjadikan peforma mesin akan semakin tidak bertenaga, dan berjalan tidak begitu iptimal.

6. Peforma motor akan menurun

Karena terjadi pelepasan filter akan menjadikan pembakaran pada ruang mesin akan tidak stabil, dan ini sudah tentu akan menjadikan peforma motor akan turun dan menyebabkan maslaah dikemudian hari. Memang ada yang beranggapan bahwasanya dengan melepas penutup filter akan semakin kenceng.

Demikian ulans kanalmu menngenai informasi Fungsi dan efek samping filter motor jika dilepas, mudah-mudahan info sedikit ini mampu membantu permecahan masalah yang anda sedang hadapi.

Post a Comment for "Begini Pengertian , Fungsi dan efek samping filter motor jika dilepas, salah satunya bikin boros bensin"