Cara Gampang Setting Karburator Motor Agar Kencang dan Irit 2020

Kanalmu.com - Sobat biker pasti sudah tahu agar motor bisa berjalan pastinya karena komponen dari mesin motor. Sedangkan mesin motor ini bisa aktif dan menghasilkan tenaga butuh yang namanya pengapian. Dan dari karburatorlah sistem pengapian itu di setting sehingga bisa mengasilkan tenaga pada mesin yang cukup baik. 

Karena setting karburator yang kurang baik bahkan tidak benar bisa jadi tenaga dari motor kamu akan loyo dan tidak bisa lari kenceng. Maka dari itu sangat kami anjurkan sobat bikers untuk selalu memperhatikan serta melakukan perawatan yang baik pada bagian karburator ini, agar kondisi motor sobat bikers selalu prima.

Melakukan setting karburator membutuhkan tenaga ahli yag sudah profesional, jadi tidak semua mekanik bisa melakukan setting pada bagian ini namun itu dulu sobat biker, jadi kamu sendiri sekarang bisa melakukan setting karburator dengan gampang yang settingannya seenak dan seempuk oleh mekanik yang profesional, karena saat ini banyak sekali yang share panduan setting karburator motor. Selain tenaga yang dihasilkan menjadi baik, dengan setting karburator dengan benar akan menjadikan motor kamu irit bahan bakar tentunya.

Ciri khas dari karburator yang perlu disetting

cara setting karburator motor
Agar tidak salah tebak, sobat bikers perlu memperhatikan beberapa ciri-ciri dari karburator yang sudah minta untuk disetting ulang, karena tidak semua masalah tenaga motor bertumpu pada karburator. Jadi jika sobat bikers mendapati ciri-ciri sebagai berikut ini, silahkan untuk bawa kemekanik untuk melakukan setting pada bagian karburatornya.

1. Suara mesin brebet di rpm rendah

Apabikala sobat biker mendengar suara mesin yang cukup brebet ketika pada posisi rpm rendah, itu bisa jadi karena setelan angin pada karburator kendor atau tidak tepat, maka dari itu sobat bikers bisa melakukan setel ulang karburatornya.

2. Mesin motor susah di hidupkan

Kebanyakan orang beranggapan bahwasanya mesin susah hidup itu karena masalah busi, namun karena setting karburator yang salah bisa menyebabkan motor susah untuk dinyalakan. Jadi sobat bikers perlu memperhatikan seksama untuk panduan setting karburator motor, jika akan melakukannya sendiri.

3. Menyebabkan busi motor basah

Karena kerusakan komponen pada bagian karburator bisa menyebabkan banjir atau keluar berlebihan bahan bakarnya, sehingga menjadika busi basah dan motor sulit untuk dihidupkan.

4. Peforma mesin menjadi loyo

Karena sudah lama tidak dilakukan service atau perawatan pada bagian karburator bisa menyebabkan motor tidak menghasilkan tenaga sehingga peforma motor menjadi loyo, maka dari itu jika sobat biker mendapati motornya loyo sebaiknya untuk dikroscek dan disetting pada bagian karburatornya.

Jika mendapati masalah seperti diatas sobat bikers harus segera menanganinya, dan yang paling penting adalah melakukan perbaikan pada karburator jika ada masalah, dan melakukan setting ulang agar motor menjadi lebih prima dan bisa digunakan pada berbagai kegiatan.

Cara Gampang Setting Karburator Motor

Apabila sobat bikers mau mencoba melakukan seeting karburator motornya secara mandiri, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini, pastikan perhatikan setiap langkah agar sobat biker bisa mensetel karburator dengan baik dan benar.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini, harap diperhatikan dan dilakukan secara berurutan, biar hasilnya empuk dan motor kamu bisa irit bahan bakar.

1. Siapkan Toolsnya ( Obeng )

Sebelum melakukan setel karburator hal pertama yang sobat bikers bisa lakukan adalah mempersiapkan toolskitnya dan yang paling sederhana adalah mempersiapkan obeng min (-). Karena bentuk katup setelan karburator ini defaulnya adalah berbentuk sekrup min. Ketika sobat bikers sudah memperiapkan alat ini sudah tentu akan mempermudah untuk melakukan setting.

2. Pastikan Hidupkan Mesin Motor

Cara selanjutnya adalah sobat biker harus menyalakan mesin, agar didapati setelan karburator yang benar sobat bikers harus menyalakan mesinnya terlebih dahulu.

3. Putarlah Sekrup Penyetel Gas

setting karburator motor agar kenceng

Jikas mesin motor sudah hidup, langkah selanjutnya yang bisa sobat bikers lakukan adalah memutar sekrup gas kearah jarum jam, namun perhatikan jika akan memutar, lakukan secara berlahan, karena bagian ini akan mempercepat mesin. 

Dalam menyetel ini jagan lakukan berlebihan, lakukan secukupnya, sesuai yang sobat bikers inginkan, biasnya putaran sebanyak setengah dan bapilng banyak hanya sampai dengan 2 putaran saja.

4. Tutuplah Sekrup Penyetel Udara

cara setting karburator motor agar irit

Langkah selanjutnya adalah sobat biker lakukan setelan pada bagian penyetel udara, namun penting perlu diperhatikan jangan sampai setting pada bagian tersebut mesin motor sampai mati.

Kira-kiralah setelah sudah cukup apa belum, jika dikira sudah cukup sobat biker akhiri dan lanjutkan untuk pentyetelan bagian lainnya.

5. Bukalah Sekrup Udara Sampai RPM Tinggi

Selanjutnya adalah sobat biker melakukan setting penyetel udara , yang mana sebelumnya kearah jarum jam, sekarang sebaliknya putar sekrup kearah kiri, dan disini sobat perhatikan dengan seksama, agar mendapatkan setelan yang pas sesuai dengan felling sobat bikers semua.

6. Turunkanlan Setelan Gas

Jika sebelumnya sobat bikers menaikan setelan gas, sekarang sobat biker kembalikan setelan berlawanan arah jarum jam atau kekiri. Pastikan sobat melakukannya dengan pelan-pelan sampai ketemu settingan yang sesuai.

7. Teslah Hasil Settingan Karburator

Langkah terkahir yang sobat perlu lakukan adalah melakukan tes hasil setingan karburatornya, dengan cara menarik-narik tuas gas, pada posisi transmisi netral. Dengarkan dengan seksama, jika sudah tidak terdengar suara yang aneh dan brebet berarti setelan sobat sudah benar dengan baik, namun jika dirasa suara masih brebet silahkan untuk diulangi setelannya sampai menemukan hasil yang baik.

Demikian ulasan kanalmu mengenai cara gampang setting karburator motor agar kenceng dan irit, mudah-mudahan ulasan informasi ini bisa membantu sobat bikers dimanapun berada, dan masalah motor yang brebet dan peforma yang loyo terselesaikan dengan baik.
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "Cara Gampang Setting Karburator Motor Agar Kencang dan Irit 2020"