Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut 8 Tips Sehat dan Cara Aman Saat Mengendarai Motor untuk Jarak Jauh

Kanalmu.com - Apabila sobat bikers dalam waktu dekat ada rencana perjalan jauh menggunakan sepeda motor sebaiknya harus mempersiapkan segala sesuatunya, agar kamu bisa berkendara secara sehat dan aman juga terhindar dari efek penyakit akibat perjalanan jauh menggunakan motor.

Yang sobat perlu persiapkan sudah tentu yang pertama adalah kendaraan sobat bikers pastikan dalam kondisi prima, jika perlu lakukan service terlebih dahulu sebelum digunakan untuk perjalanan atau mudik kampung. Dan tidak cukup motor, namun badan sobat bikers juga harus dipersiapkan agar tetap bugar saat melakukan perjalanan menggunakan motor.

Melakukan touring, mudik dan berbagai jenis perjalanan jauh menggunakan motor adalah salah satu hal yang cukup menyenangkan dan juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan tentunya. Namun untuk itu kamu harus membuat plan dan perhitungan yang matang, agar kamu bisa terhindar dari beberapa kendala waktu sedang dalam perjalanan.

Maka dari itu sebaiknya sobat bikers kanalmu memperhatikan beberapa tips yang kami ulas berikut ini, agar kamu bisa berkendara dengan motor dengan nyaman, sehat serta aman.

Tips Sehat dan Cara Aman Mengendarai Motor Jarak Jauh

tips sehat aman mengendarai motor jarak jauh

Adapun tips dan cara sehat dan aman dalam berkendara jarak jauh yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut ini, agar kamu bisa menikmati perjalanan jauh tanpa adanya halangan atau kendala apapun. Harap untuk diperhatikan dan dibaca sampai dengan selesai mengenai tips sehat dan cara amam berkendara dengan motor untuk perjalanan jarak jauh.

1. Cek dan pahami rute medan perjalanan

tips sehat aman mengendarai motor jarak jauh

Hal penting pertama yang sobat perlu perhatikan rute perjalanannya untuk menuju tempat yang kamu inginkan bisa kampung halaman, destinasi wisata. Yang perlu perhatikan dari medan ini adalah butuh berapa lama waktu yang akan kamu tempuh, seperti apakah medap jalannya apakah lembah, bukit atau jalanan lurus.

Untuk melakukan kroscek sobat bikers kanalmu bisa memanfaatkan hp smartphonenya dengan memakai aplikasi google maps, dari aplikasi ini sobat bisa memperkirakan rute yang diambil, lama perjalanan, bahkan sampai jalur alternatif bisa kamu dapatkan.

Dan yang terpenting adalah aplikasi ramalan cuaca, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memprediksikan cuaca dari perjalanan kamu, apakah akan terjadi mendung, hujan atau bahkan terik.

2. Persiapan fisik

tips sehat aman mengendarai motor jarak jauh

Dalam perjalanan jarak jauh dan mengendarai motor memang memberikan pengalaman yag luar biasa, namun juga membutuhkan tenaga yang super ekstra. Dalam mengemudikan motor tidak sama dengan menggunakan mobil yang bisa dibilang lebih cukup santai. 

Karena ketahanan fisik dan juga fikiran fokus sangat diperlukan dalam mengemudikan roda dua ini, maka dari itu sobat bikers ada baiknya sebelum melakukan perjalanan jauh mempersiapkan diri dengan melakukan senam perenggangan.

Selain olah raga, pastikan kamu sudah makan dan mendapatkan asupan makanan serta minuman yang cukup. Dengan demikian sobat bikers bisa dibilang sudah siap melakukan perjalanan jauh dengan motor.

3. Cek settingan motor

tips sehat aman mengendarai motor jarak jauh

Tidak cukup tubuh yang harus prima namum motor yang kamu gunakan juga harus prima, maka dari itu sebaiknya jika kamu akan melakukan touring sebaiknya motor kamu bawa ke bengkel terdekat yang sudah profesional.

Dengan membawa kebengkel, mekanik akan melakukan service dan cek semua bagian seperti pada mesin, knalpot, shockbreaker, lampu dan lain sebagainya, akan dipastikan normal dan tidak menyebabkan gangguan dalam perjalanan.

4. Lengkapi dokumen & surat perjalanan

tips sehat aman mengendarai motor jarak jauh

Ini sangat perlu sobat perlu perhatikan, dokumen dan surat-surat penting mengenai perjalanan seperti SIM, STNK. Agar ketika ada razia polisi kamu bisa lolos dari tilangan. 

Selain menjamin surat ada, pastikan masa berlaku dari surat perjalanan tersebut masih panjang, karena jika kamu tidak perhatikan bisa saja kena denda tilang.

5. Trik Jarak aman berkendara

tips sehat aman mengendarai motor jarak jauh

Hal ini juga perlu sobat perhatikan dalam perjalanan, masalah etika berkendara dan menjaga keseimbanag dalam mengendalikan motor kamu. Pastikan sobat bikers mengetahui jarak aman berkendara antara kamu dengan pengendara lain yang ada didepannya.

Biasanya jarak aman dalam berkendara dengan kecepata 40km/ jam sejauh 5 meter, untuk kecepatan 60km/jam 10 meter, dan untuk kecepatan lebih dari 60 sudah pasti jarak amannya juga lebih dari 10 meter.

Agar kamu seimbang dalam menggunakan kecepatan kendaraan maka sobat bikers harus fokus pada kestabilan akan penggunaan rem. Untuk masalah pengereman sobat bisa bagi kisaran 60 persen untuk depan dan 40 persen untuk pengeriman ban belakang.

6. Bahan bakar kendaraan

tips sehat aman mengendarai motor jarak jauh

Karena ini adalah perjalanan jauh, sebelum berangakat pastikan tangki kendaraan kamu juga sudah full, dan untuk itu kamu harus perhatikan juga kira-kira dengan pengisian tangki full akan mampu menempuh jarak berapa kilometer.

Dengan demikian kamu bisa memprediksi spbu mana yang akan kamu gunakan untuk pengisian ulang, dan sudah pastinya perkiraan budget untuk biaya bahan bakar kamu bisa lakukan estimasi, jangan sampai kamu kehabisan biaya untuk pemasok bensin motor.

7. Ketahui dan patuhi rambu dan marka jalan

tips sehat aman mengendarai motor jarak jauh

Dalam berkendara fokus adalah hal yang sangat penting, hal ini selain kamu harus memperhatikan medan jalan, sobat bikers juga dituntut untuk tahu dalam segala macam bentuk rambu serta marka jalan dan fungsinya. 

Karena dari sebagian marka jalan yang menandakan adanya tikungan, tanjakan, dan juga tanda adanya pengenrjaan jalanan bahkan jalan berlubang. Maka dari itu sobat bikers wajib memelihara kefokusannya dalam berkendara.

8. Gunakan safety riding

tips sehat aman mengendarai motor jarak jauh

Yang terkahir sobat perlu perhatikan adalah masalah safety riding yang anda gunakan ketika akan berkendara jarak jauh menggunakan motor. Antara lain perlengkapan itu adalah, sarung tangan, masker, helm, sepatu boot, kaca mata, dan tak lupa untuk jaket yang bisa menagan angin yang langsung kedada.

Dengan menggunakan safety riding yang lengkap sudah tentu akan membantu anda nyaman, aman serta sehat saat berkendara, dan juga mampu menghindarkan dari berbagai penyakit akibat naik motor jarak jauh, seperti bronkitis, ispa dll.

Demikian ulasan kanalmu mengenai informasi tips sehat, aman saat mengendari motor dalam jarak jauh, harap sobat bikers memperhatikan ini untuk menjaga kesehatan dan keselamatan sampai dengan tujuan kamu.

Post a Comment for "Berikut 8 Tips Sehat dan Cara Aman Saat Mengendarai Motor untuk Jarak Jauh"