Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspadai adanya penyakit ini, akibat kamu sering naik motor jarak jauh

Kanalmu.com - Hai sobat bikers, apakah kamu terlalu sering melakukan perjalanan jauh atau touring menggunakan motor? Jika iya, maka kamu harus waspada terhadap penyakit akibat sering naik motor, dan salah satunya adalah saraf terjepit.

Memang kami kanalmu sepakat dengan sobat bikers, bahwasanya motor adalah salah satu jenis transportasi yang sangat bisa diandalkan bahkan untuk perjalanan jauh, selain itu harga motor masuk dalam kategori yang cukup ekonomis.

Tidak cukup itu dengan penggunaan motor sebagai moda transportasi bisa menghindarkan dari jalanan yang sangat macet dan padat di ibukota. Karena motor ini cukup responsif untuk bisa mencari sisi-sisi jalan yang kosong untuk melewati kemacetan. Meskipun motor ini mempunyai keunggulan untuk alat transportasi, namun kamu sobat bikers harus waspada terhadap penyakit yang diakibatkan dari terlalu sering naik motor, terutama dalam perjalanan jauh.

Penyakit akibat sering naik motor

penyakit akibat sering naik motor

Sobat bikers perlu ketahui bahwasanya dengan terlalu sering perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, terutama malam hari sobat bisa saja akan mengidap beberapa penyakit ini, maka dari itu jika kamu akan melakukan perjalanan jauh sebaiknya menggunakan jaket dan perlengkapan lainnya yang menghindarkan dari penyakit efek samping dari penggunaan kendaraan roda dua secara berlebihan.

Adapun penyakit akibat efek samping dari menggunakan motor adalah sebagai berikut, silahkan dicek dan diperhatikan dengan seksama.

1. Nyeri pada bagian tubuh tertentu

penyakit akibat sering naik motor

Yang paling sering terjadi adalah terjadinya kram saat perjalanan jauh menggunakan motor. Sedangkan kram ini bisa saja terjadi pada bagian tubuh seperti lutut, punggung, bahu, dan juga pinggul. Ada tips yang bisa sobat lakukan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, sebelum kamu melakuan perjalanan jauh sebaiknya melakukan perengangan terlebih dahulu sebelum naik motor.

Dengan senanm ringan yang sobat bikers lakukan, otot-otot sendi kamu akan lemas dan kendur yang bisa mengurangi rasa nyeri.

2. Gangguan saluran pernapasan

penyakit akibat sering naik motor

Resiko lain yang disebabkan karena melakukan perjalanan jauh dengan motor dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan seperti bronkitis, ispa, tbc dan saluran pernapasan akut. Ini bukan lain karena saat berkendara akan ada udara yang mengenai dada, dan ini adalah penyebab penyakit saluran pernapasan tersebut.

Maka dari itu jika sobat bikers akan melakukan perjalanan jauh menggunakan motor sebainya untuk mempersiapkan diri jaket dan juga masker untuk melindungi dada dan juga debu yang akan masuk pada hidung.

3. Mengakibatkan iritasi mata

penyakit akibat sering naik motor

Keluhan pada mata ini sering kali dikeluhkan oleh para pengendara motor ini karena diakibatkan oleh angin, udara kotor dan berbagai polusi yang masuk melalui mata. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan kacamata dalam perjalanan, selain itu kamu persiapkan obat tetes mata untuk digunakan menjernihkan mata saat perih karena iritasi.

4. Penyakit tinnitus

penyakit akibat sering naik motor

Setelah sobat bikers melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor apakah telingga kamu sering mendengung, jika iya ini adalah salah satu yang diakibatkan dari perjalanan jauh menggunakan motor karena tanpa perlindungan telinga yang cukup, penyakit ini dalam bahasa sains disebut tinnitus.

Untuk kamu agar terhindar dari penyakit ini sebaiknya selalu menggunakan helm yang berstandar nasional indonesia.

5. Masalah kulit, salah satunya jerawat

penyakit akibat sering naik motor

Efek samping yang diakibatkan dari mengendarai motor jarak jauh lainya antara lain permasalahan pada kulit, dan sering terjadi adalah masalah jerawat. Ini diakibatkan oleh polusi udara yang berlebihan, dan apabila kamu terdapat jerawat sudah tentu akan turun rasa percaya dirimu.

6. Penyakit saraf terjepit

penyakit akibat sering naik motor

Ada beberapa ahli ortopedi yang berpendapat bahwasanya pengendara motor yang sering dan dalam jarak jauh akan terjangkit penyakit saraf terjepit, ini disebabkan karena getaran yang lama dan jauh. Bagi sobat bikers yang sering melakukan perjalanan jauh dengan motor sebaiknya untuk selalu melakukan olah raga rutin untuk menghindarkan penyakit ini.

7. Wasir

penyakit akibat sering naik motor

Penyakit lainnya yang sebaiknya anda perhatikan dari akibat perjalanan jauh yang sering menggunakan motor adalah wasir, ini bukan tanpa sebab karena terlalu sering duduk pada jok motor akan menyebabkan hal ini. Penyakit ini diakibatkan karena peradangan dan terjadinya pelebaran pembuluh darah balik pada anus.

Untuk itu sobat bikers jika sudah menempuh jauh beberapa kilometer sebaiknya untuk istirahat agar terhindar dari penyakit satu ini.

8. Bell's palsy

penyakit akibat sering naik motor

Dan penyakit yang terkahir yang bisa saja menjangkit para pengemudi motor jarak jauh yang terlalu intens adalah bell's palsy. Dimana jenis penyakit ini disebabkan oleh paparan angin langsung mengenai wajah kamu.

Kemudian yang terjadi pada kamu adalah sebagian wajah mengalami perubahan layaknya orang stroke ringan. Maka dari itu jangan abaikan penggunaan helm dan juga masker saat kamu mau melakukan perjalanan jauh menggunakan motor.

Demikian ulasan kanalmu mengenai informasi penyakit yang diakibatkan oleh terlalu sering naik motor untuk perjalanan jauh. Untuk itu bagi sobat bikers yang akan melakukan perjalanan jauh sebaiknya untuk menggunakan safety rading dan alat keselamatan untuk menghindarkan dari berbagai penyakit akibat perjalanan menggunakan motor.

Post a Comment for "Waspadai adanya penyakit ini, akibat kamu sering naik motor jarak jauh"