Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Gampang Mengencangkan Dan Menyetel Rantai Motor Yang Benar

Kanalmu.com - Bagi sobat bikers yang mempunyai sepeda motor wajib hukumnya bisa menyetel sendiri rantai motornya. Karena untuk sparepart ini wajib hukumnya untuk dilakukan perawatan agar motor bekerja dengan baik dan prima. Namun masih banyak sobat bikers yang belum bisa melakukannya dengan sendiri, kalu sobat perhatikan dan daripada harus pergi ke bengkel, melakukan setel rantai motor menjadi kencang ini adalah suatu yang bisa dilakukan dengan gampang.

Rantai ini bisa kendor karena penggunaan yang cukup sering, terlebih bagi sobat biker yang sering melewati jalana yang berlubang dan juga bergelombang, rantai bisa kendor. Dan jika sobat tidak mengencangkannya akan menjadikan peforma akan turun. 

Mengencangkan serta melakukan setel rantai ini bisa sobat bikers lakukan dirumah dengan alat yang cukup, namun kebanyakan dari mereka enggan untuk melakukan sendiri malah lebih sering pergi kebengkel dan mengeluarkan cost, padahal jika dilakukan sendiri sobat bikers bisa lebih menghemat dana yang dimilikinya.

Mengencangkan rantai motor ini sobat bikers harus memperhatikan beberapa hal, agar hasilnya baik dan tidak menurunkan peforma dari motor saat anda pacu kendaraannya dijalanan.

Alat Penting Untuk Mengencangkan Rantai Motor

Untuk melakukan perawatan pada rantai motor sobat bikers, selain dengan mencuci dan membersihkannya, menyetel kekecangan dari rantai adalah salah satu hal yang bisa menjadikan rantai motor yang dimiliki sobat bisa awet. 

Dan untuk mengencangkan rantai dan menyetelnya sobat bikers perlu alat, adapun alatnya adalah sebagai berikut ini.
  • Kunci Inggris / Kunci Ring 19
  • Siapkan Kunci ring 14
  • Siapkan Kunci ring 10
Setidaknya sobat bikers harus mempersiapkan 3 alat diatas agar bisa melakukan setel rantai motor agar bisa kenceng dan menjadikan motor tetep mempunyai peforma baik.

Cara Gampang Mengencangkan Dan Menyetel  Rantai Motor Dengan Benar

Apabila sobat bikers sudah mempersiapkan alat yang diperlukan untuk mengencangkan rantai motornya, selanjutnya adalah sobat biker ikuti cara setel rantai berikut ini , caranya cukup gampang, sobat bikers pasti bisa melakukan sendiri jika kamu memperhatikan dengan baik-baik.

1. Manfaatkan Standar Tengah

Karena posisi rantai ini berhubungan langsung dengan roda belakang, jadi sobat bikers akan sangat mudah jika melakukan standar tengah sebelum melakukan setel rantai agar menjadi kencang. Dengan menggunakan standart tengah roda belakang motor sobat bikers bisa terangkat semua.

2. Baut As Roda Belakang Kendorkan

cara gampang mengencangkan rantai motor

Jika langakah pertama sudah sobat biker lakukan, kemudian sobat biker melakukan pengenduran dari baut as rod belakang, dan caranya cukup mudah. Gunakan kunci 19 untuk bagian baut sebelah kiri as, dan gunakan kunci ring 14 untuk bagian baut sebalah kanan. 

Jika sudah dalam keadaan mengunci, kemudian putar baut yang sebelah kanan yang menggunakan kunci ring 14 searah jarum jam.

Yang perlu anda lakukan adalah mengendurkan bukan mencopotnya seperi akan mau melakukan pergantian ban motor.

3. Kendorkan Baut Pada Bracker Rem Cakram

Apabila motor sobat bikers yang menggunakan sistem pengereman disc brake, jangan lupa pada bagian bracketnya juga kendurkan agar lebih mudah untuk melakukan setel rantai sobat bikers.

4. Tahap Penting ! Kencangkan Rantai Motor

cara stel rantai motor

Setelah pada bagian roda ini cukup kendor, maka slanjutnya adalah sobat biker melakukan setel kekencangan rantai motor sesuai dengan keinginan sobat bikers. Untuk caranyapun juga cukup mudah, sobat bikers bisa melakukan putaran mur pada adjuster rantai yang ada pada swing arm motor. 

Pastikan antara adjuster rantai, pada bagian kanan dan juga kiri memiliki putaran yang sama agar nanti ban pada posisi presisi yang sama sehingga ketika digunakan mempunyai akselerasi yang responsif.

Jika sudah dilakukan pemutaran pada adjuster rantai, selanjutnya untuk mengecek sobat bikers bisa menekan rantai keatas, apakah sudah sesuai kekencangannya, jika sudah sudahi dan menuju tahap selanjutnya.

5. Kembali Kencangkan Baut AS Roda

Kencangkan Baut AS Roda

Sebelum mengencangkan baut as roda pastikan motor sobat menggunakan disc brake atau tidak, jika motor sobat terdapat disc brake kencangkan terlebih dahulu bracketnya, kemudian baru mengencangkan baut as roda. Untuk melakukan pengencangan ini sobat bikers bisa memanfaatkan kuci ring 17 dan juga 14 yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

6. Tahap Terakhir Sesuaikan Rem Belakang

Ini sangat penting bagi motor yang rem belakang pengeremanya masih tromol, ini untuk rem harus disesuaikan ketebalan injaknya, pastikan tidak terlalu dalam dan juga terlalu dangkal. Sesuaikan dengan kebiasaan anda sehari-hari.

Demikian cara mudah mengencangkan dan menyetel rantai motor yang baik dan juga benar, semoga cara ini bisa membantu anda untuk melakukan perawatan sendiri rantai motor yang anda miliki.

Post a Comment for "Begini Cara Gampang Mengencangkan Dan Menyetel Rantai Motor Yang Benar"