Berikut Pengertian, Fungsi dan 8 Ciri Rantai Motor Yang Harus Diganti atau Rusak

Kanalmu.com - Sobat bikers dimanapun berada, pasti sepakat jika keadaan rantai motor kamu sudah kendor, aus menyebabkan tarikan gas terasa berat dan juga tenaga motor tidak seprima ketika rantai dalam keadaan kenceng normal. 

Karena pentingnya rantai motor ini, maka sobat bikers harus selalu cek dan juga pastikan terawat dengan baik. Sehingga motor tetep bisa berjalan dengan baik serta mempunyai tenaga yang selalu prima. Namun jika perawatan rantai kiranya sudah tidak bisa karena rantai sudah cukup aus, maka sobat bikers perlu mengganti dengan yang baru. Namun sebelum mengetahui ciri-ciri dari rantai yang harus diganti, ada baiknya kanalmu ingatkan kembali mengenai pengertian, fungsi dari rantai motor itu sendiri.

Apa itu pengertian rantai motor ?

ciri rantai motor aus rusak
Nah bagi sobat bikers yang belum mengerti, kanalmu akan jelaskan secara singkat apa itu rantai motor. Rantai adalah merupakan salah satu komponen yang cukup presisi yang mana mempunyai guna  menyalurkan tenaga dari mesin ke ban, sehingga motor bisa menjadi bisa jalan.

Jadi sobat bikers wajib hukumnya untuk memperhatikan dan memberikan perawatan pada rantai motor ini, agar motor soba bisa selalu menghasilkan tenaga yang selalu prima ketika sobat bikers kemudikan di berbagai bentuk medan jalan.

Apakah fungsi rantai pada motor ?

ciri rantai motor aus rusak

Sedangkan rantai motor ini mempunyai fungsi penerus daya putar mesin melalui gear depan dan gear belakang yang jadi satu dengan ban belakang. Dari sini  tenaga mesin yang didapatkan bisa menjadikan roda bisa berputar sehingga  motor bisa berjalan degan baik.  Karena tanpa adanya rantai ini tenaga mesin tidak dapat disalurkan dan motor tidak bisa berjalan.

Namun yang namanya sparepart sudah pasti aus dan bisa rusak, maka dari itu jika sudah rusak makanya perlu diganti, dan tidak lain adalah rantai motor ini mempunyai jangka waktu untuk digunakan, dan wajib untuk diganti ketika sudah rusak.

Berikut adalah ciri-ciri rantai dan juga gear yang harus diganti

ciri rantai motor aus rusak

Maka dari itu kanalmu akan berbagi tips untuk mengetahui ciri dari gear dan juga rantai yang sudah aus. Karena jika ini tidak sobat bikers tidak perhatikan dengan baik bisa menyebabkan rantai bisa putus waktu anda gunankan, atau bisa gear terlepas saat anda pacu motor kesayangan anda, untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Dan beriktu ini adalah ciri-ciri dari rantai dan juga gear yang sudah aus dan waktunya sobat bikers mengantinya dengan yang sparepart baru orisinil, agar lebih awet dan tahan lama tentunya.

1. Dari permukaan rantai aus

Dimana jika permukaan rantai aus, sudah pasti ini akan menjadikan daya putaran tidak menyangkut dengan baik antara ranti dan juga roda, sehingga tenaga yang dihasilkan dari mesin tidak tersalurkan secara maksimal tentunya, dan menjadikan peforma dari motor kamu menurun.

2. Dimana permukaan gear rantai aus atau gompal

Ketika gear motor mulai gompal tida sepresisi sebelumnya, ini waktunya sobat bikers juga melakukan pergantian gear yang baru. Karena ini bisa menyebabkan rantai terlepas . Dan ciri darai gear rantai gompal akan bunyi krek...krek..krek ketika roda berputar, terlebih sobat bikers kendarai motornya.

3. Ada suara berisik saat motor berjalan pelan

Seperti yang kami sampaikan diatas adalah adanya suara yang cukup berisik yang datangnya dari rantai dan gear, ini pertanda waktunya sobat bikers segera mengantinya dengan yang baru.

4. Rantai motor mudah kendor

Jika sobat sudah terlalu sering melakukan stel rantai tapi juga sering kendor, berarti ada tanda-tanda bahwasanya rantai motor sobat bikers sudah mulai aus, jadi saobat bikers harus menyiapkan dana untuk membeli rantai atau gear yang baru, untuk menganti sparepart yang sudah aus.

5. Ketegangan rantai motor tidak stabil

Ketika sobat bikers coba putar roda belakang, dengan menggunakan standart tengah hasilnya adalah roda bergoyang-goyang dan rantai kendor dan tiba-tiba kenceng, ini bisa jadi rantai atau gear juga sudah aus. Jadi sobat bikers sebaiknya cek dan jika memang sudah aus segera ganti dengan yang baru.

6. Tarikan motor terasa berat saat jalan

Jika sobat bikers melakukan gas motor dan tarikannya terasa berat ini bisa dimungkinkan karena mesin, namun sebelum melakukan cek mesin sebaiknya cek pada bagian rantai dan gear set nya, karena ini bisa menyumbang tarikan motor menjadi berat jika kondisinya sudah aus. 

Hal ini terjadi karena akselerasi antara perputaran mesin dan roda tidak sama, sehingga menjadikan motor ini tidak bisa berjalan dengan baik karena kerusakan pada gear set nya.

7. Motor saat digunakan loncat-loncat

Ini akan lebih terasa jika motor sbat bikers adalah motor kopling, karena ketika sobat bikers menggunakan kopling dan terasa tarikanya tidak empuk lagi bisa jadi terjadi masalah pada bagian gear setnya, salah satunya adalah pada aus dan gompalnya gear motor.

8. Ban mudah digoyang-goyang

Ketika sobat bikers melakukan cek dengan melakukan standart tengah dan ban sobat pengan menjadi goyang, dan dilakukan stel tetep goyang, ini berarti rantai dan juga gear motor tersebut sudah aus dan waktunya diganti.

Demikian ulasan kanalmu mengenai Pengertian, Fungsi dan 8 Ciri Rantai Motor Yang Harus Diganti atau Rusak, mudah-mudahan ini bisa memberikan informasi yang cukup dan bisa membantu permasalahan terkait rantai motor anda.
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "Berikut Pengertian, Fungsi dan 8 Ciri Rantai Motor Yang Harus Diganti atau Rusak"