Berikut Adalah Pengertian, Fungsi, Ciri, Penyebab dan Efek Rantai Keteng Motor Sudah Rusak

Kanalmu.com, Hai sobat bikers diamanpun berada, pernah tidak ketika sobat bikers saat berkunjung ke bengkel guna service motor untuk perawatan. Sudah pasti sering dong, karena motor supaya awet dan bertahan lama serta peformanya tetep bagus, tentu perlu perawatan rutin, seperti ganti oli, service mesin, dan lain sebagainya.

Namun ketika mekanik nlyetuk dengan kata rantai keteng rusak. Apakah sobat bikers mengerti apa itu rantai keteng? Oke pada kesempatan kali ini kanalmu akan berbagi sedikit dari pengertian rantai keteng, fungsi, ciri dan juga efeknya terhadap motor ketika itu rusak.

Rantai Keteng Itu Apa?

Oke sobat bikers yang belum mengatahui apa itu rantai keteng, kami akan sedikit jelaskan. Rantai keteng ini adalah sebutan yang sering diucapkan oleh mekanik pada bengkel. Namun sebenarnya namanya adalah Chamshaff. 

Sedangkan Chamshaff itu sendiri adalah salah satu komponen yang mana bekerja mengatur beberapa klep didalam mesin. Dan selain nama rantai kenteng ada juga yang menyebutnya dengan kamprat mesin.
apa itu rantai keteng ?

Apa Fungsi Dari Rantai Kenteng ?

Untuk rantai keteng ini sendiri mempunyai fungsi sebagai penyalur tenaga dari dari sebuah part kruk as kebagian part noken as.

Setelah noken as mendapatkan tenaga yang disalurkan oleh rantai keteng kemudian noken as ini akan menjadikan klep berfungsi dan akan melakukan buka tutup. Yang dimaksut klep disini adalah klep  untuk gas masuk dan juga sebagai jalan keluar masuk bahan bakar bensin keruang mesin.

Sedangkan untuk bentuk dari rantai keteng ini tidak jauh berbeda dengan rantai pada roda, akan tetapi ukurannya lebih kecil dibandingkan rantai roda motor.

Cirinya seperti apa ketika rantai keteng rusak ?

Untuk sobat bikers yang rantai ketengnya ini rusak bisa akan sangat terasa, pertama adalah peforma dari mesin turun dan juga akan timbul bunyi yang terdengar trek..trek...trek. Ini yang perlu sobat perhatikan, jika rantai kentang ini rusak dan tidak segera diganti akan menjalar ke kerusakan yang lain yaitu tidak berfungsinya secara normal pada bagian buka tutup katup klep, sehingga pembakaran pada mesin tidak sempurna.
rantai keteng rusak

Bagaimana Cara Gampang Mengetahui Rantai Keteng Rusak ?

Karena rantai keteng ini juga bisa aus seperti sparepart lainnya, dan pada dasarnya ini bisa berfungsi selama 3 tahunan pemakaian.

Nah bagaimana cara untuk mnegetes bahwasanya rantai ini masih normal atau aus? Begini cara gampangnya , sobat biker melakukan pemanasan mesin sampai dengan 15 menitan, jika dalam jangka rentang waktu 15 menit lebih akan bunyi trek-trek-trek, sudah bisa dipastikan rantai keteng anda rusak.

Akan tetapi ada juga yang dari awal sudah bunyi, namun lama kelamaan bunyi hilang, ini berarti bukan rantai keteng, melainkan oli waktunya ganti, karena biasanya oli sudah jelek.

Apa efek yang terjadi ketika rantai keteng rusak atau kendor ?

Efek sederhananya adalah peforma dari motor akan menurun saat rantai ini kendor atau rusak. Namun jika ini dibiarkan lebih lama dan tidak segera dilakukan pergantian akan memberikan akibat yang cukup fatal. Yang pertama pastinya akan berakibat terlepasnya gear, kemudian akan disusul kerusakan lain sperti mesin rusak total, klep bengkok, piston lecet sampai bolong, dan untuk bushing klep bisa pecah.
ganti rantai keteng baru

Apa penyebab rantai keteng rusak/ kendor ?

Rantai keteng ini bisa kendor dan sampai rusak dikarenakan karena telatnya menganti oli mesin, dan juga karena bisa pemakaian yang terlelu berlebihan, dengan memuat beban diatas standart dari pabrikan.

Jadi untuk menjaga rantai keteng ini supaya awet adalah melakukan perawatan rutin terhadap motor, khususnya ganti oli mesin, dan memuat beban sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrik.

Demikain ulasan kanalmu mengenai pengertian, fungsi, ciri , penyebab dan juga efek dari rantai keteng ini bisa kendor atau rusak. Mudah-mudahan sobat bikers mendapatkan informasi cukup, dan selalu melakukan perawatan terhadap motor kesayangan, dan jika ada sparepart yang rusak segera diganti dengan sparepart yang asli.
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "Berikut Adalah Pengertian, Fungsi, Ciri, Penyebab dan Efek Rantai Keteng Motor Sudah Rusak"