Begini 4 Cara Gampang Cuci Rantai Motor Agar Bersih dan Merawatnya Dengan Benar Sehingga Awet

Kanalmu.com - Sobat biker yang ingin motor kesayangannya awet sudah tentu harus melakukan perawatan dengan baik. Untuk perawatan motor ini tidak cukup hanya dengan menganti oli secara rutin. Karena banyaknya komponen yang tersusun pada motor, serta memiliki fungi masing-masing, maka sobat biker harus memperhatikan komponen penting untuk dirawat, dan salah satu komponen penting yang perlu perawatan secara rutin adalah pada bagian rantai motor

Karena sering digunakan untuk jalan motor sobat bikers, biasanya rantainya akan kendor, dan juga kotor. Nah agar motor ini bisa bekerja prima dan nyaman maka sobat bikers perlu merawat dan membersihkan pada bagian rantai ini.

Rantai Motor Kendor Rusak Penyebab Kecelakaan

Apakah sobat bikers tahu ? Bahwasanya banyak juga kecelakaan terjadi karena disebabkan oleh rantai motor yang kendor bahkan rusak karena kurang cukup perawatannya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut maka, wajib hukumnya sobat bikers untuk melakukan perawatan dan mencuci agar rantai motor bisa bekerja secara maksimal, dan tetap menghasilkan tenaga yang prima. 
arantai kendor rawat agar awet

Bagaimana mencuci rantai motor yang benar dan baik ?

Mencuci rantai motor ini, tidak bisa asal sobat bikers lakukan, karena ada beberapa hal yang perlu sobat biker lakukan dengan baik dan benar, sehingga hasil dari cucian anda benar-benar memberikan efek yang prima pada kendaraan motor anda. Adapun hal yang sobat perlu perhatikan adalah beberapa hal berikut ini.

1. Selalu bersihkan rantai setelah motor dipakai

Waktu yang pas anda membersihkan rantai motor adalah, setelah sobat bikers memakainya. Karena pada waktu ini motor siap untuk dibersihkan rantainya, karena memang dari perjalanan sobat bisa jadi karena jalanan hujan atau kena lumpur. 

Namun sobat bikers perlu memperhatikan ketika mau membersihkan, usahakan untuk menggunakan standart tengah waktu membersihkannya, karena ini akan mempermudah memutar roda belakang yang mana rantai juga akan ikut memutar, sehingga pembersihan ranti bisa menyeluruh.

2. Usahakan gunakan spray khusus

Penggunaan spray khusus untuk membersihkan rantai motor sudah tentu akan mempermudah sobat bikers dalam membersihkan rantai. Terlebih jika ada noda hitam yang cukup membandel. 

Agar sobat bikers tidak mengotori lantai, usahakan membersihkan dihalaman rumah, atau juga bisa mempersiapkan lap untuk menampung bekas kotoran pada bagian lantai bawah motor.

3. Pakai sikat gigi bekas

Karena tidak cukup hanya menggunakan spray khusus saja, anda membutuhkan sikat gigi bekas untuk menjangkau rantai yang tidak bisa terjangkau dengan tangan saat membersihkan. Pastikan sobat bikers membersihkan secaran menyeluruh agar rantai bisa bersih mengkilap.

Jika sobat bikers mempunyai dana yang cukup, bisa membeli sikat khusus untuk membersihkan rantai motor, karena banyak yang menjualnya di toko aksesoris terdekat atau juga marketplace seperti tokopedia, shoope, dan juga bukalapak.

4. Bilas rantai dengan air bersih

Membilas hasil sikatan pada rantai menggunakan air bersih adalah langkah terakhir, dan agar lebih mudah sobat bikers bisa memanfaatkan selang untuk menyemprotkan air pada rantai. Dan tidak lupa pastikan gigi netral agar sobat bisa memutar roda, dan rantai bisa memutar terbilas secara merata.

Pastikan setiap sudut rantai benar-benar bersih, jika sudah maka langkah selanjutnya adalah memberikan pelumas pada rantai, usahakan untuk memberikan pelumas secara menyeluruh. Untuk pelumas rantai ini banyak terjual dengan harga yang cukup terjangkau, bahkan bisa menyesuaikan dengan kantong pelajar.

Tips Gampang Merawat Rantai Motor Agar Awet 

penyebab rantai kendor karena kotor

Dengan hanya melakukan cuci rantai motor, agar rantai awet dan menghasilkan tenaga yang prima tidaklah cukup sobat lakukan. Namun ada beberapa tips yang bisa menjadi pelengkap yang sobat perlu perhatikan untuk merawat rantai motor agar selalu awet. Adapun tips gampangnya adalah sebagai berikut ini.

1. Bersihkan rantai secara rutin

Supaya rantai awet dan menghasilan tenaga yang prima sobat bikers perlu membersihkan rantai ini secara rutin. Terlebih untuk saat ini, karena cuaca yang kurang menentu, pagi hujan siang panas.

Karena cuaca yang kurang menentu ini bisa menjadi penyebab, rantai cepet kotor dan bila tidak dilakukan pembersihan secara rutin tempelan debu kotoran akan menyebabkan rantai rusak.

2. Pakai pelumas khusus rantai

Tips selanjutnya setelah anda membersihkan dan mencuci adalah penggunaan pelumas untuk rantai sangat disarankan. Namun pastikan pemberian pelumas ini setelah rantai benar-benar kering dari bilasan air bersih ketika saobat melakukan pencucian.

3. Hindari penggunaan oli bekas

Hal ini sering dilakukan kebanyakan pemilik motor, memberi pelumas rantai menggunakan oli bekas pakai. Perlu sobat bikers ketahui dengan penggunaan oli bekas ini justru akan semakin banyak kotoran yang menempel pada rantai motor anda. Yang mana ini akan menjadikan rantai lebih mudah kendor jika terdapat banyak kotoran.

Tentu penggunaan oli bekas adalah murah biaya, namun sudah tentu tidak sebanding jika sobat bikers harus sering gonta ganti rantai karena rantai motor tidak awet dan rusak pada akhirnya.

4. Selalu lakukan penyetelan rantai secara berkala

Untuk rantai motor bisa lebih awet adalah sobat bikers bisa melakukan penyetalan secara berkala, sobat biker bisa kroscek keadaan rantai untuk beberapa hari sekali, kemudian jika terlihat kendur langsung lakukan penyetelan. 

Tidak hanya membantu rantai awet, namun dengan selalu melakukan pengecekan pada bagian rantai akan membantu anda meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan semisal, rantai rusak pas motor digunakan perjalanan.
rantai motor kendor

Oke sobat bikers, demikian adalah ulasan informas mengenai cara gamapng mencuci rantai motor agar besih dan juga merawatnya dengan benar agar rantai awet digunakan. Mudah-mudahan informasi ini membantu anda dalam perawatan komponen penting motor tersebut.

bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "Begini 4 Cara Gampang Cuci Rantai Motor Agar Bersih dan Merawatnya Dengan Benar Sehingga Awet"