Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini 7 Cara Gampang Membersihkan Karburator Motor yang Baik dan Benar

Kanalmu.com - Pada bagian motor mempunyai komponen-komponen penting yang menjadikan motor berjalan sebagaimana mestinya, dan salah satu komponen penting itu adalah karburator. Mengapa part ini sangat penting ? Karena tanpa adanya komponen ini mesin motor tidak bisa melakukan pembakaran, sehingga menjadi menayala.

Fungsi utama dari karburator ini adalah menyatukan antara bensin dan udara kemudian disalurkan ke ruangan pembakaran, sehingga mesin motor menjadi nyala. Seperti teknologi lainnya bahwasanya untuk sistem pembakaran ini selalu mengalami kemajuan, tidak lain adalah pada karburator, untuk mesin motor saat ini sebagian besar sudah menggunakan teknologi EFI [ Elektrik Fuel Injection]. 

Seperti yang kanalmu sampaikan diatas bahwasanya, teknologi fuel injection ini, mengantikan karburator, ini bisa kita lihat untuk motor keluaran terbaru seperti motor beat fi, new vario 150. Itu adalah saah satu contoh motor yang sudah menggunakan teknologi fuel injection.

Apa Penyebab Karburator Banjir ?

cara membersihkan karburator yang baik dan benar
Namun untuk sobat bikers yang memiliki motor type lama sudah pasti tidak akan asing dengan istilah karburator ini, karena kamu pernah mengalami motor kamu mogok tidak bisa menyala, karena disebabkan karburator banjir.

Apabila saat ini sobat bikers mengalami kejadian ini, pasti bertanya-tanya penyebabnya apa ? Yang pasti salah satu penyebab karburator menjadi banjir adalah, karena kurangnya perawatan sobat bikers pada komponen ini. 

Maka dari itu kanalmu sarankan, untuk sobat bikers selalu memberikan perawatan berkala dengan cara minimal selalu membersihkan karburator motor kesayanganmu. Bagi kamu yang masih awan caranya, tenang saja karena pada informasi yang kami sampaikan kali ini, akan membahas cara membersihkan karburator motor.

Cara Gampang Membersikan Karburator Motor Yang Baik & Benar

Bagi sobat bikers yang masih awal-awal untuk membersihkan karburator, pasti bingung memulainya dari mana. Namun tenang saja sobat, karena kami ada panduan gampang cara membersihkan karburator motor kamu.

Adapun cara gampangnya adalah sebagai berikut ini, maka dari itu bagi sobat bikers pemula harap menyelesaikan membaca panduan ini sampai dengan selesai, agar hasil bersih-bersih karburator sobat bikers berhasil dengan baik serta benar.

1. Persiapkan Toolkitnya

cara membersihkan karburator

Hal pertama yang perlu lakukan adalah mempersiapkan toolkit, pertama adalah toolkit untuk melepas karburator dan yang kedua alat pembersih yang digunakan untuk membersihkan karburator, bisa menggunakan alat sederhana seperti sikat, bensin, lap dan juga kompresor. 

Jika sobat bikers memiliki dana yang lebih bisa membeli spray pembersih karburator, dan juga sekalian sikatnya. Namun jika tidak sempat menggunakan alat sederhana diatas sudah cukup.

2. Lepas Karburator dari Dudukan

cara membersihkan karburator

Sebelum membersihkan karburator hal yang perlu sobat bikers lakukan adalah melepas karburator dari dudukan dengan toolkit yang sudah disediakan.

Pastikan sobat bikers menggunakan kunci yang sesuai dengan sekrup-sekrup yang ada dikarburator, agar karburator sobat bikers tidak rusak.

3. Bukalah Mangkok Karburator Kemudian dibersihkan

cara membersihkan karburator

Setelah sobat bikers melepas dari dudukan, langkah selanjutnya adalah membuka mangkok karburator, lakukan dengan hati-hati.

Jika keadaan sudah dibuka, sobat bikers bisa membersihkan dengan cairan yang sudah dipersiapkan, jika tidak ada kamu bisa menggunakan bensin, kemudian jangan lupa untuk disikat atau kuas dengan berlahan. 

4. Lepaskan Pilot Jet dan Bersihkan

cara membersihkan karburator

Tahap selanjutnya yang sobat bikers bisa lakukan adalah membersihkan bagian pilot jet, namun jangan lupa untuk melepaskan terlebih dahulu sebelum dibersihkan.

Cara membersihkannya pun cukup gampang, sobat bikers bisa meniup pada bagian lubang pilot jet, namun jika sobat bikers mempunyai kompresor bisa memanfaatkannya untuk membersihkan pilot jet nya. Sudah tentu menggunakan kompresor akan mempermudah dan mempercepat kamu bersih-bersih pilot jet karburator.

5. Bersihin Main Jet

cara membersihkan karburator

Tahapan seterusnya sobat bikers lepaskan main jet kemudian dibersihkan. Untuk membersihkan pada komponen ini kurang lebih sama dengan pilot jer, dengan cara meniup pada bagian lubang-lubangnya, atau pengen lebih mudah dan cepat gunakan kompresor.

6. Bersihkan Bagian Needle Jet

cara membersihkan karburator

Jika main jet dan juga pilot jet sudah dibersihkan kemudian sobat bikers bisa membersihkan bagian komponen needle jet, namun sebelum membersihkan lepas terlebih dahulu agar bisa dibersihkan.

Cara membersihkannya juga cukup mudah sobat bikers ambil kuas yang sudah dicelupkan bensin, kemudian oles-oleskan pada needle jet, setelah itu gunakan kompresos untuk membersihkannya setelah dioles dengan bensin-bensin.

7. Rakit Karburator dan Pasang ke Dudukan

cara membersihkan karburator

Tahap terakhir dari proses pembersihan karburator adalah sobat bikers melakukan rakit komponen-komponen karburator, perlu diperhatikan saat perakitan kembali jangan sampai ada yang salah, karena jika salah akan menyebabkan karburator banjir. 

Jika rakit sudah benar dan sesuai, kemudian sobat bikers lakukan pemasangan kembali karburator pada dudukannya. Dengan demikian proses membersihkan komponen ini selesai.

Namun jangan langsung dibawa jalan, alangkah baiknya karburator motor disetting terlebih dahulu, karena jika tidak dilakukan setting karburator nanti motor sobat biker kurang kenceng dan bisa jadi tidak irit bensinnya.

Demikian informasi dari kanalmu mengenai cara gampang membersihkan karburator motor dengan baik dan benar, mudah-mudahan sobat bikers terbantu masalahnya dengan adanya informasi dari kami ini.

Post a Comment for "Begini 7 Cara Gampang Membersihkan Karburator Motor yang Baik dan Benar"