Inilah Penyebab Karburator Sering Terjadi Banjir, Yuk Cek Dan Atasi Sekarang

Kanalmu.com - Sobat bikers pasti sudah tahu, bahwasanya jika karburator adalah salah satu komponen penting dalam pengapian mesin motor. Karena karburator ini adalah salah satu komponen yang menjadi penghubung bahan bakar keruang pembakaran. Namun apa jadinya jika terjadinya banjir bensin pada karburator ini, yang pasti salah satunya adalah motor akan susah untuk dinyalakan.

Apabila karburator motor sobat bikers banjir, maka sebaiknya segera untuk segera diatasi, jika tidak maka akan menjadikan motor sobat bikers tidak bisa digunakan. Apabila kamu tidak bisa mengatasinya sendiri maka sebaiknya untuk dibawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan service.

Namun jika sobat bikers mau mencoba untuk lakukan sendiri, sebaiknya untuk diperbaiki dan dibersihkan karburatornya untuk sesegera mungkin. Namun sebelum melakukan sendiri pastikan kamu mengetahui penyebab dari karburator banjir. 

Penyebab Paling Sering Karburator Banjir

Jika dibawa kebengkel sudah pasti mekanik akan mengetahui 8 penyebab dari karburator banjir, namun jika sobat bikers masih baru dan awam ketahui terlebih dahulu penyebab-penyebabnya.

Adapun masalah yang menimbulkan karburator menjad banjir adalah sebagai berikut ini, perhatikan dengan seksama agar sobat bikers bisa mengetahui dan bisa segera mengatasi masalah karburator motor banjir.

1. Karburator Sudah Rusak

karburator motor banjir rusak

Penyebab pertama adalah karena karburator ini memang sudah aus, dan rusak. Penyebab rusaknya bisa jadi karena memang korosi, tumpukan kotoran karena tidak sering dibersihkan. Nah untuk mengatasi karburator rusak tentunya sobat bikers bisa melakukan pergantian dengan yang baru.

2. Terjadinya Kebocoran Pada Pelampung

pelampung karburator  banjir

Karena kebocoran dari pelampung ini dapat menyebabkan banjir pada karburator. Karena proses kerjanya pelampung ini adalah membuka dan menutup saluran bahan bakar, apabila ini terjadi kebocoran sudah tentu jarum yang ada pada pelampung tidak dapat menutup saluran bahan bakar, dan akibat yang ditimbulkan adalah karburator banjir.

3. Setting Pelampung Terlalu Tinggi

setting pelampung karburator rusak

Saat sobat bikers melakukan seeting pelampung tidak tepat dan benar, akan menjadikan kebocoran pada karburator, maka dari itu sobat bikers wajib hati-hati dan juga teliti ketika akan mensetel karburator, agar tidak menyebabkan kebocoran pada karburator.

4. Jarumnya Pelampung Kotor

jarum pelampung karburator

Dan penyebab paling sering terjadi dari banjirnya karburator adalah jarum pelampung sudah menumpuk banyak kotoran, maka dari itu sobat bikers wajib melakukan perawatan berkala untuk cek dan membersihkannya, agar tidak terjadi kendala pada motor kesayangan anda.

5. Cara Rakit Karburator Salah

Cara Rakit Karburator

Memang bisa dibilang tidak mungkin, namun karena perakitan dan setting karburator bisa saja salah, dan ini bisa menjadi penyebab karburator motor menjadi banjir. 

Maka dari itu, ketika melakukan perakitan karburator sebaiknya diperhatikan dengan baik untuk bagian-bagiannya, agar tidak terjadi kesalahan dan menjadikan pelampun terjepit dan menyebabkan banjir bensin pada karburator.

6.  Selang Pembuangan Sudah Rusak

selang karburator rusak

Dan selang pembuangan rusak ini sering terjadi. Apabila terjadi seperti ini sobat bikers segera untuk mengantinya. 

Karena selang pembuangan tidak bekerja dengan baik, dan pembuangan tidak bekerja secara maksimal, maka pembuangan akan mencari jalur lain, semisal pada bagian pengapian dan ini akan menjadikan karburator banjir bensin. Maka dari itu perawatan rutin wajib dilakukan agar tetap memberikan efek yang baik pada motor.

7. Patahnya Spring Needle Valve

spring / per karburator rusak

Kita lebih mengenal dengan per daripada spring, perlu sobat bikers kanalmu ketahui bahwasanya per ini mempunya peran yang sangat penting. Dan apabila spring ini rusak sudah tentu akan memberikan akibat masalah, dan salahsatunya adalah karburator banjir.

Jadi ketika sobat bikers mendapati per ini patah, maka sebaiknya untuk diganti dengan yang baru, agar komponen pada karburator bisa bekerja semua secara maksimal.

8. Aus nya Jarum Pelampung

Jarum pelampung ini mempunyai fungsi untuk menyumbat bensin pada ruang pembakaran, maka dari itu jika alatnya aus sudah tentu akan menyebabkan banjir karburator. 

Maka dari itu sobat bikers harus segera menggantinya, karena jika tidak kontorl pengapian tidak akan bisa dikendalikan dan sudah tentu motor kesayangan sobat bikers tidak bisa dihidupkan.

Demikianlah ulasan informasi mengenai penyebab sering terjadinya karburator motor banjir, mudah-mudahan sedikit info ini bisa membantu menyelesaikan masalah sobat bikers dimanapun berada. Jangan lupa untuk share informasi ini melalui platform media sosial sobat yang miliki.
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "Inilah Penyebab Karburator Sering Terjadi Banjir, Yuk Cek Dan Atasi Sekarang"