√ 43 Cara Ampuh Merawat Rambut Rusak, Rontok, Mengembang,Gondrong dan Keriting

Kanalmu.com, – Cara Ampuh Merawat Rambut Rusak – Mempunyai rambut yang sehat , kuat serta berkilau sudah pasti impian semua orang, disini termasuk kami dan anda juga. Seperti kita ketahui bahwasanya rambut adalah sala satu mahkota terindah yang diberikan tuhan secara alami. Namun untuk mempunyai rambut yang indah shat dan kuat butuh perawatan yang telaten dan ekstra, perawatan ini tidak selalu mahal namun dengan bahan-bahan alami pun mampu membuat rambut ini indah menawan.
Rahasia mempunyai rambut yang indah dan menawan adalah bagaimana cara merawatnya dengan telaten, karena meski anda mengeluarkan biaya mahal untuk membeli produk-produk hair repairing yang konon katanya mampu menjadikan rambut indah menawan dalam waktu yang instan, namun jika tidak melakukan perawatan rambut secara telaten, teratur serta berkala sudah pasti hasilnnya juga tidak akan memuaskan.
Akan tetapi perawatan rambut yang dilakukan secara rutin dan telaten meskipun dengan bahan-bahan alami yang ada disekitar anda sudah pasti akan menghasilkan rambut yang indah, cantik dan menghindarkan dari berbagai penyebab masalah rambut seperti rusa, kusam, rontok, kering, bercabang bahkan mengalami kebotakan. Jadi rahasia rambut indah itu adalah telaten dan rutin melakukan perawatan.
cara gampang merawat rambut
cara gampang merawat rambut alami

Masalah Rambut Rontok

Karena kondisi lingkungan dan penggunaan produk perawatan rambut kimia secara berlebihan akan menyebabkan masalah, dan berikut ini adalah beberapa masalah yang ditimbulkan hal tersebut.
  1. Masalah Rambut Rontok
  2. Masalah Rambut Kering
  3. Masalah Rambut Bercabang
  4. Masalah Rambut Kusam
  5. Masalah Rambut Berkekmbang
Jadi banyak sekali masalah rambut ini, dan dari masalah rambut itu kita semua harus tahu bagaimana cara mengatasinya, karena jika tidak dirawat sejak awal akan menjadikan menimbulkan masalah lain pada rambut tersebut. 

Tips Terbaik Cara Merawat Rambut Dengan Benar

Untuk mengatasi masalah-masalah rambut tersebut, harus dilakukan dengan baik, benar, dan berikut ini adalah beberapa cara ampuh merawat rambut yang rusak baik panjang maupun pendek  dari team kanalmu.

A. Cara Merawat rambut yang kering dengan benar

Mempunyai rambut yang kering akan menjadikan rambut cepat rusak, karena pada dasarnya batang rambut ini mengalami kekurangan kelembabpan. Jadi harus ditangani dengan baik agar rambut tetap sehat. Dan berikut ini adalah beberapa tips cara merawat rambut yang kering.
  1. Gunakanlah Shampo Yang Tepat – Di butuhkan sampo yang cocok dengan kulit kepala anda agar, rambut bisa tumbuh dengan baik dan kuat. Karena rambut ini harus cukup kelembabannya supaya tidak mudah cepat rusak.
  2. Gunakan Hair Mask Alami – Buatlah masker rambut dari bahan-bahan alami seperti lidah buaya, daun urang, aring, madu. Ini akan membantu menjaga rambut anda tetep sehat dan bisa tumbuh secara lebat.
  3. Biasakan Hair Wrap (Membungkus Rambut) – Biasakan setelah keramas membungkus kepala dengan handuk antara 1 sampai 2 jam agar rambut halus alami.
  4. Gunakan Vitamin Rambut Secukupnya – Dengan menggunakan vitamin rambut yang cukup setelah keramas dan sebelum menggunakan pengering rambut akan membantu melenturkan rambut yang kering dan mencerahkan rambut yang kusam.
Baca Juga :  √ Soal Ujian sim c dan Jawaban Lengkap Terbaru 2022
Cara Merawat rambut yang kering dengan benar
Cara Merawat rambut yang kering dengan benar

B. Tips Ampuh Cara Merawat Rambut Yang Rontok 

Masalah lain yang timbul pada rambut adalah kerontokan, jika anda mengalami gejala kerontokan rambut sebaiknya cepat ditangani dengan perawatan yang tepat, tidak hanya dengan perawatan luar saja namun dari dalam tubuh dibutuhkan nutrisi seimbang agar rambut tetap tumbuh banyak dan kuat. 
Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk melakukan perawatan pada rambut yang mengalami gejala kerontokan.
  1. Rawat dengan tonik daun jambu – Tonik daun jamu ini memeliki banyak kandungan vitamin B, Vitamin C dan Zat Besi yang baik untuk rambut. Caranya cukup mudah ambil daun jambu secukupnya dan rembus setelah itu dinginkan dan gunakan air rebusan daun jambu tersebut untuk perawatan terhadap rambut anda.
  2. Buatlah Masker Bawang Merah Dan Putih – Diketahui bahwasanya bawang merah banyak mengandung vitamin a, vitamin, e, vitamin c, sulfur. Dimana bawang puting ini mengandung zat besin yang bisa menjadi perangsang pertumbuhan rambut.
  3. Gunakan Minyak Ikan – Penelitian membuktikan bahwasanya minyak ikan ini mampu membantu percepatan pertumbuhan rambut, jadi mengkonsumsi atau memakai langsung untuk kepala sangat baik digunakan.
Tips Ampuh Cara Merawat Rambut Yang Rontok
Tips Ampuh Cara Merawat Rambut Yang Rontok 

C. Tips Ampuh Cara Merawat Rambut Rusak

Sama halnya dengan rambut kering, dan rontok rambut rusak ini perlu perawatan yang telaten agar kembali bisa menjadi kuat, indah dan berkilau. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang gambang bisa anda coba untung menangani rambut rusak.
  1. Rajin potong rambut bagian rusak – Pastikan selalu dicek bagian rambut anda jika ada yang rusak sebaiknya dipotong ujungnya yang rusak.
  2. Pilih Sampo Yang Cocok Dengan Kulit – Pastikan anda mempunyai sampo yang cocok dengan kulit anda, agar rambut tidak kering dan mudah patah.
  3. Pilih Conditioner rambut – untuk menjaga rambut dari kerusakan menggunakan conditioner yang sesuai dengan kulit kepala anda ini sangat cukup membantu.
  4. Gunakan masker rambut – Untuk mengembalikan kelembaban rambut yang terpapar lingkundan dan yang lainnya, menggunakan masker rambut ini sangat baik, pilih bahan alami, seperti alpukat, lidah buaya, madu, daun jambu , dan daun urang aring.
  5. Pijat secara berkala dengan hot oil – Lakukan pijatan rutin ke kepala dan rambut menggunakan hot oil, seperti minyak kelapa, zaitun, papermint.
  6. Cukupi Nutrisi – Makanlah nutrisi yang cukup yang mana mengandung vitamin a, vitamin b dan juga protein dan zinc.
Baca Juga :  19 model atap galvalum minimalis modern terbaru
Tips Ampuh Cara Merawat Rambut Rusak
Tips Ampuh Cara Merawat Rambut Rusak

D. Tips Gampang Merawat Rambut Keriting

Mempunyai rambut keriting atau ikal ini memang mempunyai daya tarik tersendiri yang mana, anda akan tampil lebih eksotis dan menawan. Dan berikut ini adalah beberapa cara gampang untuk merawat rambut kerinting yang bisa anda lakukan dirumah aja.
  1. Gunakan Leave-on conditioner – Memakai conditioner tanpa bilas sangat cocok untuk merawat rambut keriting.
  2. Pakai Handuk Lembut – Menggunakan handuk microfiber , karena banyak sekali handun ini jika anda menggunakan handuk yang kasar akan menjadikan batang rambut mudah patah.
  3. Cari produk perawatan khusus rambut keriting – Menggunakan produk perawatan rambut keriting ini bisa menjada rambut tetap indah dan eksotis.
  4. Rapikan rambut sebelum tidur – Semisal rambut anda panjang bisa mengikatnya sebelum anda tidur, ini akan membantu menghindarkan dari kusut masai saat bangun tidur.
  5. Rutin Melakukan Hair MaskMelakukan masker rambut yang rutin akan menjadikan rambut lembab halus,mengkilau .
Tips Gampang Merawat Rambut Keriting
Tips Gampang Merawat Rambut Keriting

E. Cara merawat rambut panjang / gondrong

Jika anda mempunyai rambut yang panjang, pasti memiliki banyak masalah, dan salah satu masalahnya berada diujung rambut. Untuk mencegah masalah yang timbul pada rambut ini sebaiknya melakukan beberapa perawatan sederhana ini, yang bisa anda lakukan dirumah aja.
  1. Rawat rambut dengan masker lidah buaya – Melakukan masker dengan lidah buaya secara rutin mampun menjadikan rambut sehat dan kuat.
  2. Bilas kondisioner – Bilas dengan kondisioner secara merata setelah melakukan shampoan.
  3. Pakai vitamin di ujung rambut – Menggunakan vitamin diujung rambut ini bisa membantu terhindarnya rambut bercabang.
  4. Gunakan Minyak Almod – Minyak almond ini banyak mengandung omega tiga yang baik untuk kebutuhan rambut.
Cara merawat rambut panjang / gondrong
Cara merawat rambut panjang / gondrong

F. Cara gampang merawat rambut rontok dan berketombe

Ketombe pada rambut tidak hanya menimbulkan rasa gatal namun juga menjadi awalnya kerontokan juga, maka dari itu sebaiknya untuk segera ditangani agar masalah ini tidak menyebar kemasalah rambut yang lainnya juga. Dan berikut ini adalah cara gampang bagaimana merawat rambut agar tidak berketombe dan rontok.
  1. Gunakan Teh hijau untuk pijat kepala – Atasi ketombe dengan teh hijau cukup membantu, karena bisa membantu menjaga kelembaban kulit kepala.
  2. Maskerin rambut dengan pepaya dan madu – Menggunakan masker pepaya dan madu pada rambut akan menghilangkan sel jamur yang ada pada kulit kepala.
  3. Pakai perasan jeruk nipis – Perih memang dikepala namun dengan menggunakan perasan jeruk nipis ini dapat membantu kulit kepala bersih.
  4. Hindari menggunakan wax atau gel – Pengunaan gel dan wax berlebihan akan menimbun debu pada rambut.
Cara gampang merawat rambut rontok dan berketombe
Cara gampang merawat rambut rontok dan berketombe

G. Tips Merawat Rambut Pria

Pada dasarnya memang laki-laki ini tidak mau ribet, dan beberapa tips ini adalah cara gampang untuk pria rawat rambut tanpa ribet.
  1. Jangan Melakukan Keramas Setiap mandi – Karena dengan melakukan keramas setiap mandai akan menjadikan minyak rambut alami berkurang.
  2. Gunakan Minyak rambut alami – Minyak rambut dari bahan kemiri, zaitun dan orang aring ini cocok untuk merawat rambut.
  3. Pakai kondisioner setelah keramas – Biasakan menggunakan kondisioner yang cukup setelah keramas.
  4. Jangan Pakai Pomade berlebihan – Pomade berlebihan akan menjadikan rambut rapuh dan mudah rontok.
Baca Juga :  √ 50+ Caption Cinta Singkat, Keren, Romantis, Bijak, Lucu Terbaru 2022
Tips Merawat Rambut Pria
Tips Merawat Rambut Pria

H. Cara gampang rawat rambut lurus tanpa ribet

Karena kurangnya perawatan menjadikan rambut ini, kusam , dan mengembang, serta kelihatan keriting. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya mencoba cara rawat rambut tanpa ribet dibawah ini.
  1. Jangan Sering di ikat atau gelung – Terlalu sering mengikat dan gelung akan menjadikan rambut patah dan bergelombang.
  2. Pakai Vitamin Rambut Yang Cukup – Dengan vitamin rambut yang dioleskan pada rambut secara rutin akan menjadikan rambut lemas dan lurus.
  3. Rutin Masker Rambut – Melakukan masker rambut secara rutin akan menjadikan rambut lurus kuat dan berkilau.
  4. Hidari Pengering Rambut dan catokan berlebihan – Meskipun catokan untuk meluruskan rambut sebaiknya hindari penggunaan secara berlebihan.
  5. Bilasan jeruk nipis dan santan – Kondisioner alami alami bilasan dari jeruk nipis dan santan tersebut.
Cara gampang rawat rambut lurus tanpa ribet
Cara gampang rawat rambut lurus tanpa ribet

I. Tips Alami Merawat Rambut 

Dan berikuti ini adalah beberapa tips alami yang bisa anda gunakan untuk perawatan pada rambut, agar rambut indah , tebal dan bersinar.
  1. Pakai Masker Rambut Dengan Pisang
  2. Pakai Masker rambut dengan alpukat
  3. Hair Mask Menggunakan Santan
  4. Hair Mask dengan putih telur dan lidah buaya
  5. Konsumsi sayuran hijau secara cukup
Tips Alami Merawat Rambut
Tips Alami Merawat Rambut 

J. Cara gampang merawat rambut agar tidak mengembang

Agar rambut tidak mengembang, sebaiknya anda menggunakan beberapa cara mudah dibawah ini, karena jika dilakukan secara rutin akan menjadikan rambut sehat, alami dan indah.
  1. Gunakan Vitamin Apel
  2. Pakai cuka apel
  3. pakai Masker alpukat dan yogurt
Cara gampang merawat rambut agar tidak mengembang
Cara gampang merawat rambut agar tidak mengembang
Demikian ulasan kanalmu mengenai perawatan gampang untuk rambut rusak, rontok , mengembang dan panjang, mudah-mudahan bermanfaat untuk anda yang mengalami masalah rambut tersebut.