Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online Di Website, Aplikasi Dan SMS Jatim Jateng Jabar Jakarta Lengkap

Kanalmu.com, Cek Kendaraan Bermotor Online - Pajak kendaraan merupakan pajak tahunan rutin yang mana wajib sobat otomotif kanalmu untuk dibayarkan. Pajak kendaraan ini berupa kendaraan motor, mobil, truk, bus baik itu yang masuk dalam kendaraan biasa maupun kendaraan bermotor yang masuk dalam kategori mewah, semua wajib dibayar pajaknya. Seperti yang kita ketahui bahwasanya pajak kendaraan ini bisa dicek via sms, namun terbatas hanya pajak terbatas untuk layanan jenis pajak tahunan saja. 

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, untuk pengecekan pajak kendaraan sangat mudah, karena teknologi yang ada saat ini sudah sangat mendukung dengan perihal pelayanan pajak ini, jadi dimanapun kamu berada bisa melakukan pengecekan.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online website Aplikasi SMS
Cara Cek Pajak Kendaraan Online website Aplikasi SMS

Ada Pajak Kendaraan Tahunan Dan Juga Lima Tahunan

Selain pajak kendaraan yang wajib sobat otomotif kanalmu bayar setiap tahun, juga ada yang wajib anda bayarkan per lima tahun sekali berupa pajak surat tanda Nomor Kendaraan atau biasa anda sebut dengan STNK, dengan pembayaran stnk ini disertai dengan pergantian plat nomor baru untuk kendaraan anda, untuk setiap lima tahun sekali.

Jika kamu mempunyai kendaraan yang lebih dari satu, anda akan dikenakan juga dengan namanya pajak progresif. Ini berlaku untuk semua jenis kendaraan, baik dalam kategori kendaraan biasa maupun kendaraan mewah. Ehmm ternyata banyak juga ya sobat otomotif kanalmu, jenis - jenis untuk pajak kendaraan ini.

Baca Juga : 

  1. Daftar Karoseri Terdekat Seluruh Indonesia Bersertifikat
  2. Bengkel Karoseri di surabaya untuk bus dan truck
  3. Karoseri Bus Terbaik di Indonesia Yang Mendunia
  4. Bus Termewah Indonesia dan Dunia Rasa Hotel Bintang Lima

Cek Besaran Tanggunan Biaya Pajak Sebelum Bayar

Untuk sobat otomotif kanalmu dalam waktu dekat akan ada rencana pembayaran pajak kendaraan anda, sebelum membayar sebaiknya anda kroscek terlebih dahulu ya, berapa biaya pajak kendaraan tahun ini, apakah naik, turun atau tetap dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena biasanya besaran tanggunan biaya pajak ini berbeda untuk setiap kendaraan, ini menyesuaikan tahun kendaraan dan juga jenis kendaraan tergolong kendaraan biasa atau golongan kendaraan mewah, atau bahkan modifikasi

Kemudahan Cek Tagihan Pajak Kendaran Via Online

Untuk pengecekan jumlah biaya pajak kendaraan anda, untuk saat ini caranya cukup gampang sekali, tidak harus datang ke samsat karena, saat ini samsat sudah menyediakan beberapa sistem informasi untuk akses dan cek kisaran besaran biaya pajak kendaraan anda. 

Sobat otomotif kanalmu, bisa memilih cara yang mana, karena untuk cek pajak kendaraan, untuk saat ini bisa dengan berbagai cara mudah, bisa dilakukan online menggunakan website, aplikasi e samsat, via SMS, atau secara manual datang langsung ke kantor samsat terdekat dengan kota anda. 

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via Online / Website

Sobat kanalmu, sangat dimudahkan dengan adanya teknologi saat ini karena samsat-samsat sudah menyediakan sistem informasi online berbasis website yang bisa gunakan untuk akses dan cek biaya pajak kendaraan secara mandiri dan online. Caranya cukup mudah anda tinggal kunjungi website dari samsat yang sudah ada website online tersebut dan ikuti perintah ceknya.

Namun sayangnya belum semua provisini mempunyai website pajak online ini, dan berikut ini adalah beberapa provinsi yang sudah tersedia website untuk cek biaya pajak kendaraan secara online.
Cara cek pajak kendaraan ini cukup mudah anda tinggal masuk pada laman - laman online sesuai dengan provinsi kamu diatas, anda hanya perlu NIK dan juga Nomor Kendaraan untuk mendapatkan informasi detail mengenai tagihan pajak kendaraan anda.

Dan untuk sobat otomotif kanalmu yang didaerahnya belum tersedia layanan, cek pajak kedaraan dan pembayaran pajak secara online, bisa melakukan kroscek langsung ke samsat terdekat dengan anda tinggal. Dan mudah-mudahan kedepan sistem pajak ini bisa online secara menyeluruh sepenjuru negedi sehingga memudahkan kita pemilik kendaraan untuk mengecek pajak kendaraan.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Via Aplikasi

Selain menggunakan website anda bisa memanfaatkan aplikasi untuk cek pajak kendaraan anda, aplikasi yang bernama Samsat Online Nasional atau e samsat ini , bisa kamu gunakan untuk cek. Aplikasi adalah sistem informasi yang dikembangkan lembaga pembinsa samsat nasional, dimana sesuai mandat undang-undang negara untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak kendaraan bermotor [PKB].

Pada aplikasi ini anda akan mendapatkan banyak informasi seperti sputaran PKB [Pajak Kendaraan Bermotor], SWDKLLJ, serta besaran biaya pajak kendaraan anda. Caranya cukup mudah anda menggunakan aplikasi ini, masukan data pribadi anda dan kendaraan anda , namun sebelumnya anda unduh terlebih dahulu aplikasi e samsat ini di playstore.
Aplikasi Pajak Kendaraan Online Sambara
Aplikasi Pajak Kendaraan Online Sambara Jabar

Aplikasi Pajak Selain E samsat

Selain menggunakan e samsat anda bisa menggunakan beberapa aplikasi lainnya seperti beberapa aplikasi dibawah ini, tenag saja lokasi cek aplikasi ini cukup besar cangkupannya seperti jawa barat, DKI jakarta, jateng, jatim, Sumbar, sulsel, kalbar. Dan berikut ini adalah daftar aplikasi pajak online selain e samsat.
  • Sakpole E samsat Jawa Tengah - Aplikasi Ini hanya fokus untuk provinsi Jawa tengah saja.
  • SAMBARA Jawa Barat - Aplikasi Pajak ini khusu untuk provinsi jawa barat
  • Aplikasi Cek Pajak Kendaraan - Untuk Aplikasi ini sudah mencangkup beberapa provinsi lebih banyak seperti jakarta, jateng, jabar,Jatim, jogja, riau, sumbar, sulsel, kalbar.
Aplikasi pajak kendaraan ini cukup mudah anda gunakan, caranya anda daftar dan masukan nomor plat kendaraan anda, dan kemudian anda akan mendapatkan informasi biaya pajak, tanggal jatuh tempo, dan jika kendaraan anda telat membayar pajak juga akan keluar data denda yang harus anda bayar, aplikasi ini cukup lengkap tidak kalah dengan e samsat yang dimiliki pemerintah secara nasional.

Anda bisa sesuaikan kebutuhan anda, dan anda lebih mudah menggunakan aplikasi mana untuk cek kendaraan bermotor anda, karena dari masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cara Cek Pajak Kendaraan Via SMS

Apakah bisa cek kendaraan via sms? Jawabannya adalah bisa. Untuk layanan cek kendaraan via sms ini, hanya berlaku untuk pengecekan pajak kendaraan jenis tahunan. Namun untuk cek kendaraan via sms ini masih cukup terbatas fiturnya.

Untuk dapat menggunakan pengecekan pajak via sms, ada beberapa syarat untuk kamu, dan antara lain syaratnya adalah pajak kendaraan anda tidak boleh mati dan telat melakukan pembayaran. Seperti halnya website online, untuk pengecekan pajak kendaraan melalui sms ini juga masih terbatas belum bisa dilakukan di seluruh provinsi yang ada di indonesia. 

Provinsi yang sudah mendukung layanan cek pajak Via SMS

Sobat otomotif kanalmu apakah sudah tahu provinsi mana saja yang sudah didukung layanan ini. Jika belum kanalmu sudah siapkan beberapa daftar provinsi yang sudah suport dengan layanan cek pajak kendaraan melalui model sms, dan tidak hanya itu untuk caranya pun cukup mudah , kami juga sertakan untuk panduan ceknya.
cara cek pajak kendaraan via sms
cara cek pajak kendaraan via sms

Cara Cek Pajak Kendaraan Via SMS Polda Metro Jaya DKI Jakarta

Untuk pengecekan pajak via sms pada provinsi jakarta, kamu bisa menggunakan cara sebagai berikut ini, perhatikan dengan benar langkah-langkahnya.
  • Ketik Pada Menu Pesan Dengan Format : METRO [Nomor Plat Kendaraan Yang Mau Anda CEK]
  • Sebagai Contoh Silahkan cek Keterangan dibawah ini:
  • METRO B7059SQ
  • Kemudian Kirim Ke nomor 1717
Juga Bisa menggunakan cara sebagai berikut ini:
  • Ketik Pada Menu Dial : *368#
  • Kemudian Pilih Menu 1. Polda Metro Jaya
  • Kemudian Pilih Menu 2. Info Pajak Ranmor
  • Masukkan Nomor Identitas Kendaraan 
  • Kemudian Klik OK

Cara Cek Pajak Kendaraan Via SMS Daerah Jabar

Untuk pengecekan pajak kendaraan provinis kedua yang sudah mendukung layanan cek pajak via sms adalah jawa barat. Dan bagaimanca cara ceknya ? Berikut ini adalah tahapan cek pajak kendaraan via SMS provinsi jabar.
  • Ketik Sms : poldajbr [Nomor Plat Kendaraan Kamu]
  • Contoh SMS:
  • poldajbr e7050as
  • Kemudian kirimkan sms ke nomor 3977

Cara Cek Pajak Kendaraan Menggunakan SMS Provinsi Jawa Timur

Untuk provinsi selanjutnya yang sudah suport dengan layanan cek pajak kendaraan via sms adalah wilayah Jatim. Dan untuk cara cek pajak kendaraan via sms jatim sebagai berikut ini, ikuti instruksinya langkah demi langkah.

  • Ketik SMS : JATIM [Nomor Plat Kendaraan Soba Kanalmu]
  • Contoh Pengetikan SMS : JATIM W7191SU
  • Kemudian Kirimkan Ke Nomor 7070

Cara Cek Pajak Kendaraan Manual Datang Langsung Ke SAMSAT

Untuk kamu sobat otomotif kanalmu yang tidak bisa mengecek pajak kendaraan via online atau tidak mau menggunakan teknologi yang sudah disediakan anda bisa cek pajak kendaraan secara manual dengan datang langsung ke samsat terdekar dengan kota anda tinggal. Dan ini masih bisa anda lakukan. 

Namun sebaiknya anda langsung mempersiapkan uang untuk langsung melakukan pembayaran, daripada bolak balik hanya untuk melakukan pengecekan, karena sudah pasti akan menghabiskan waktu anda dijalan, dan dibuat menunggu antrian pembayaran pajak.
cara bayar pajak ke samsat
cara bayar pajak ke samsat

Syarat Dokumen Cek Kendaraan Di Samsat

Sebelum anda berangkar ke kantor samsa terdekat dengan kota anda sebaiknya untuk mempersiapkan persyaratan untuk pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan anda, dan berikut ini adalah dokumen yang perlu anda persiapkan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan.
  1. Bawa KTP Asli Dan Fotocopy
  2. Bawa BPKB Asli Dan Fotocopy nya
  3. Bawa STNK Asli Dan Fotocopy nya
  4. Bawa Juga Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan Terakhir anda lakukan

Prosedur Cek Dan Pembayaran Pajak Di Samsat

Memang cukup ribet sih, bayar pajak secara langsung ke samsat harus bawa dokumen perlengkapa, dan dalam samsat kamu harus mengikuti prosedur yang berlaku untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan anda, ehhh telat masih di denda lagi hehehe. Dan berikut ini adalah prosedur pembayaran pajak melalui loket samsat. 
  1. Datang Ke Samsat terdekat dengan kota anda
  2. Ambil Formulir pembayaran pajak (Jika Kendaraan Anda Beda Nama Pemilik Aslinya Ke Loket Khusu).
  3. Isi Formulir sesuai dengan data kendaraan anda
  4. Serahkan Isian Formulir Ke Petugas Yang Ada, Dan minta nomor antrian jika banyak pengunjung
  5. Anda dipanggil petugas, untuk diberikan informasi pembayaran pajak, jika menunggak dengan premi dendanya sekalian.
  6. Petugas akan memberikan tanda bayar pajak
  7. Anda cek bukti tanda bayar sudah sesui belum datanya
  8. Jika data Sudah Sesuai silahkan melakukan pembayaran, dan anda ke loket pembayaran
  9. Ambil Antrian anda akan dipanggil
  10. Bukti bayar pajak anda akan dicap, kemudian kembali ke kursi tunggu
  11. Anda akan dipangil lagi bahwasanya STNK anda sudah jadi dan sudah terverifikasi pembayaran pajak.
Demikian ulasan kanalmu mengenai cara cek dan pembayaran pajak secara online via website, aplikasi dan via sms serta manua langsung loket samsat terdekat dengan kota anda, mudah mudahan sobat otomotif kanalmu bisa terbantu dengan adanya ulasan ini. Jagan lupa di share karena share itu gratis dan akan membantu lebih banyak lagi saudara kalian yang ada disekitar anda.
Parwito Seneng baca-baca di internet, tertarik dengan gadget , internet, android dan juga internet marketing

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online Di Website, Aplikasi Dan SMS Jatim Jateng Jabar Jakarta Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel