Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 7 Penyebab Knalpot Motor Sering Mengeluarkan Asap dan Cara Gampang Mengatasinya

Kanalmu.com - Sobat bikers sudah pasti sepakat jika terdapat motor yang berasap cukup mengangu perjalanan, selain itu asap yang dikeluarkan dari knalpot ini juga salah satu sumber dari peningkatan polusi udara. Namun bagaimana jika motor berasap ini ternyata keluar dari knalpot motor kesayanganmu ?

Knalpot mengegeluarkan asap hitam ini bisa disebabkan karena adanya kerusakan yang terjadi pada mesin, maka dari itu jika motor kamu bukan motor 2 tak dan mengalami hal yang demikian sebaiknya untuk dilakukan perawatan dengan segera, agar masalah yang ditimbulkan bukan hanya sekedar asap ini tidak menjalar kepermasalahan lainnya.

Apa penyebab knalpot mengeluarkan asap ?

penyebab dan cara atasi knalpot motor mengeluarkan asap
Bagi sobat bikers yang memiliki motor yang usianya sudah lebih dari 5 tahun bakalan akan menemukan permasalahan ini, terlebih untuk motor yang sangat jarang dilakukan service. Namun bagi pemilik motor baru juga tidak menutup kemungkinan jika motor kesayanganmu ini bakalan mengeluarkan asap juga, hal ini bisa disebabkan karena kesalahan dalam perkaitan sewaktu dipabrik atau tidak terkontrol dengan baik waktu quality control sebelum motor sampai ditempat sobat bikers semua.

Namun sobat bikers juga perlu tahu bahwasanya motor 2 tak ini berbeda dengan motor 4 tak yang mana sistem pembakaran untuk mesinnya menggunakan oli samping, yang mana setiap motor digunakan akan selalu mengeluarkan asap putih.

Dan apabila hal ini terjadi pada motor 2 tak, yang demikian dibilang normal karena sistem pembakaran besin dan oli tercampur dengan baik.

Namun jika yang mengeluarkan asap adalah motor 4 tak terlebih asapnya hitam, berarti ini ada masalah pada motor sobat bikers, karena pada motor 4 tak ini tidak menggunakan oli samping untuk sistem pembakarannya. Dan jika hal interjadi maka sobat bikers wajib hukumnya untuk melakukan kroscek dan perawatan agar motor selalu memiliki kondisi prima.

Penyebab knalpot motor berasap hitam pekat dan cara gampang mengatasi

Apabila hal ini terjadi pada motor sobat bikers yang mengalami motornya mengeluarkan asap dengan warna yang hitam cukup pekat, berarti disebabkan oleh beberapa masalah berikut ini.

1. Bensin yang tidak terbakar

penyebab dan cara atasi knalpot motor mengeluarkan asap

Hal pertama yang serinf terjadi ketika motor berasap adalah tidak terbakarnya bahan bakar minyak, apabila sobat bikers menemui masalah ini maka sebaiknya segera lakukan setel ulang pada bagian CO atau lebih dikenal dengan capuran bahan bakar dengan udara pada sistem pembakaran, hal ini bisa terjadi baik itu motor karburator maupun injeksi.

Untuk penyetelan cukup gampang jika motor sobat bikers masih karburator silahkan setel pada bagian baud air ratio, dan apabila motor kamu injeksi lakukan setting menggunakan alat FI diagnostic.

2. Filter udara kotor

penyebab dan cara atasi knalpot motor mengeluarkan asap

Karena disebabkan oleh filter udara yang kotor, sehingga ini bisa menyebabkan penyumbatan pada sistem pembakaran dan berakibat udara masuk kurang sehingga pembakaran tidak bekerja dengan baik.

Apabila penyebab motor ngebul asap dikarenakan filter udara, maka sobat bikers silahkan atasi dengan cara membersihkan atau menganti filter udara yang baru jika sudah rusak.

3. Busi Motor rusak

penyebab dan cara atasi knalpot motor mengeluarkan asap

Busi yang jelek dan rusak juga menyebabkan knalpot motor ngebul asap hitam pekat, apabila kamu mendapati hal yang demikian solusi cepatnya adalah dengan menganti busi dengan yang baru.

Penyebab knalpot motor mengeluarkan asap putih pekat

Selain mengeluarkan asap hitam, motor juga bisa mengeluarkan asap putih pekat, dan hal ini bisa disebabkan oleh oli mesin yang tercampur pada ruang bakar. Dan hal ini biasanya disebabkan oleh 4 hal ini.

1. Ring piston aus

penyebab dan cara atasi knalpot motor mengeluarkan asap

Apabila ring pisaton aus akan bisa menyebabkan cengkraman ring oli berkurang, dengan demikian oli yang terdapat pada dinding silinder tidak bersih yang mengakibatkan bocor kedalam ruang pembakaran, yang mana akan menimbulkan asap putih pada knalpot motor kamu.

2. Klep sudah keras dan sobak

penyebab dan cara atasi knalpot motor mengeluarkan asap

Apabila klep keras dan sobek akan mengakibatkan batangnya longgar, dan hal ini bisa menyebabkan oli masuk kedalam ruang pembakaran yang mana akan menimbulkan asap putih pada motor ketika dinyalakan.

3. Piston baret

penyebab dan cara atasi knalpot motor mengeluarkan asap

Jika sobat bikers mendapati piston baret ini bisa saja akan menyebabkan ole masuk pada ruang pembakaran, dengan demikian akan terjadi pembakaran yang tidak sempurna sehingga timbul asap putih.

4. Packing motor bocor

penyebab dan cara atasi knalpot motor mengeluarkan asap

Kemungkinan lain yang menyebabkan motor menjadi berasap putih pekat yang keluar dari knalpot disebabkan karena packing oli bocor, yanga mana ini bisa menimbulkan masalah yang sama yaitu munculnya asap putih pekat.

Dan apabila sobat mendapati masalah bawa motor kesayanganmu langsung kebengkel profesional yang ada dideket rumahmu, karena masalah yang ditimbulkan itu membutuhkan penanganan dari mekanik yang profesional, dan jika kamu menundanya akan menyebabkan masalah lain tentunya.

Demikian informasi dari kanalmu mengenai penyebab knalpot mengeluarkan asap dan cara gampang mengatasinya, mudah-mudahn informasi ini membantu permasalahan yang sobat bikers sedang alami saat ini.


Post a Comment for "Inilah 7 Penyebab Knalpot Motor Sering Mengeluarkan Asap dan Cara Gampang Mengatasinya"