Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Penyebab dan Efek Samping serta Cara Gampang Cek Knalpot Motor Bocor

Kanalmu.com - Salah satu sparepart dari motor yang fungsinya sebagai saluran untuk pembuangan gas sisa hasil pembakaran ini juga mempunyai tugas sebagai peredam suara dari proses pembakaran yang terjadi pada mesin motor. Yang mana jika knalpot motor ini mengalami kerusakan sudah tentu akan menyebabkan suara yang amat bising, dan akan banyak yang akan terganggu akibat kejadian tersebut.

Tidak hanya itu, peforma dari motor kamu bisa saja mengalami penyusutan sehingga tarikan gas mu tidak seresponsif seperti sebelumnya. Maka dari itu sobat bikers kanalmu wajib hukumnya mengetahui permasalahan seperti ini agar bisa mencarikan solusinya. 

Jika tidak segera ditangani masalah seperti ini akan menimbulkan masalah lain pada komponen motor, sehingga motor kamu bisa saja rusak. Maka dari itu perawatan rutin dan selalu melakukan kroscek kesemua bagian komponen motor harus kamu jadwalkan secara rutin, tidak lain adalah seperti knalpot motor yang ada disisi kanan motor sobat bikers.

Apakah penyebab knalpot motor bocor?

knalpot motor bocor
Pertanyaan diatas sering muncul dari beberapa sobat bikers yang mana cukup awam dengan kondisi mesin dan kurang terlalu tahu tentang permasalahan motor. Namun tidak perlu kwatir pada kesempatan kali ini kanalmu akan berbagi informasi menganai penyebab dari knalpot motor bisa bocor.

Adapun penyebab-penyebabnya dari knalpot bisa mengalami kebocoran adalah sebagai berikut ini, harap diperhatikan dengan baik, siapa tahu sobat bikers motornya mengalami tanda-tanda tersebut.

1. Knalpot motor berkarat

knalpot motor bocor

Ini adalah hal yang sering terjadi karena memang pemakaian sudah lama, atau sobat bikers pernah membawanya kepantai dan kena air laut, karena bisa menyababkan knalpot berkarat.

Karena karat yang terlalu lama pada knalpot motor tanpa adanya perawatan khusus akan menyabkan kebocoran atau korosi pada komponen ini, jika ini sobat biarkan terlalu lama tidak hanya bocor namun bisa berlubang cukup besar.

2. Terjadinya sistem kondensasi

Akibat keadaan luar dan bagian dalam knalpot yang terdapat temperatur tidak sama akan menyebabkan terjadinya karat pada bagian knalpot sebagai saluran pembuangan gas. Ini sangat banyak ditemukan untuk daerah yang tinggal dipesisir pantai.

3. Air mengendap pada knalpot

Mengendapnya air pada sistem pembuangan ini juga bisa menyebabkan knalpot berkarat kemudian bisa menyababkan kebocoran pada knalpot motor sobat bikers. Pengendapan air ini didapatkan dari jalan motor yang cukup lambat atau sering melakukan idling.

4. Bongkar pasang

Memang modifikasi motor pada bagian knalpot adalah suatu hal yang sangat keren, namun jika ini sering dilakukan untuk bongkar pasang knalpot akan menyebabkan kebocoran pada bagian knalpot tentunya. Kebocoran itu biasanya terjadi pada bagian baut pengunci yang kendur.

Efek samping yang disebabkan knalpot bocor

Akibat knalpot bocor, akan memberikan dampak bagi motor sobat bikers dan juga orang yang ada disekitar kamu yang mendengar motor kamu.

Adapun efek yang cukup terlihat dari knalpot motor yang bocor adalah penurunan peforma dari kompresi motor, meskipun bisa berjalan tapi tidak sekenceng dan sebertenaga sebelum bocor. Selain itu adalah mempunyai dampak yang bising yang keluar dari dalam knalpot.

Maka dari itu jika sibat bikers menyadari adanya kebocora sebaiknya untuk segera untuk dilakukan perbaikan atau service kebengkel terdekat. Namun jika masih ragu karena penyebabnya adalah dari knalpot maka sobat bikers bisa mengikuti petunjuk berikut ini untuk cek dan mengetahuk knalpot bocor atau tidaknya.

Cara gampang mengetahui knalpot motor bocor tidaknya

knalpot motor bocor

Adapun sobat bikers bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk memastikan bahwasanya knalpot motor kamu benar-benar bocor atau tidaknya, untuk lebih jelasnya silahkan pahami cara mudahnya berikut.
  1. Dengarkan suara letupan dari knalpot, ini akan berlangsung ketika throttle gas tertutup, akan menyebabkan suara yang bising tersebut.
  2. Tutup lubang knalpot dan dengarkan suara desisan ketika mesin nyala, jika ada desis nada berarti ada kebocoran knalpot. Yang mana suara desisan itu berasal dari ruang blok silinder atau juga leher knalpot.
Demikian ulasan kanalmu mengenai informasi efek samping dan juga penyebab dari knalpot motor bocor, agar sobar bikers tidak mau mendapatkan masalah tersebut sebaiknya motornya untuk dilakukan service secara rutin. Dengan demikian motor akan tetep nyaman dan peforma normal baik ketika dikemudikan.

Post a Comment for "Berikut Penyebab dan Efek Samping serta Cara Gampang Cek Knalpot Motor Bocor"