Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Pengertian, Fungsi dan Penyebab Knalpot Motor Nembak Keluar Api

Kanalmu.com - Sobat bikers pasti sudah hapal dengan komponen motor satu ini, karena ketika kamu melakukan modifikasi motor menjadi sasaran utama. Namun saat motor kamu berjalan pernah tidak ada suara tembakan dan menyebabkan keluar api dari dalam knalpot. 

Perlu sobat ketahui bahwasanya letupan pada knalpot ini disebabkan oleh pembakaran bahan bakar minyak yang tidak sempurna, yang mana antara udara dan bahan bakar tidak dapat tercampur dengan baik saat pembakaran terjadi yang dilakukan busi motor.

Namun sebelum membahas penyebab yang menimbulkan knalpot nembak dan mengeluarkan api, ada baiknya sobat bikers mengetahui dari pengertian dan juga fungsi dari knalpot ini. Agar kamu lebih mahir dan memahami berbagai komponen yang ada dalam kendaraan kesayangan kamu.
knalpot nembak berapi

Pengertian knalpot adalah?

Untuk pengertian dari knalpot adalah alat atau komponen yang dijaikan saluran yang digunakan untuk membuang sisa hasil pembakaran pada mesin dalam.

Jadi knalpot ini mempunyai fungsi yang cukup vital dalam proses pembakaran yang sedang terjadi pada mesin motor. Maka jika terjadi masalah pada knalpot ini berarti ada proses pembakaran yang tidak sempurna, dan harus dilakukan service.

Apakah fungsi knalpot ?

Nah kemudian apa fungsi dari knalpot ini? Baiklah sobat bikers fungsi dari komponen ini adalah sebagai alat peredam suara dan juga sebagai pengatur aliran gas hasil pembakaran supaya dapat mengalir dengan teratur.

Yang mana jika pengaturan dari knalpot ini tepat akan menjadikan peforma mesin lebih meningkat, jadi perlu juga sobat bikers ketahui setiap knalpot motor maupun mobil yang default dari pabrik ini mempunyai kapasitas yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan kapasitas mesin.

Knalpot ini juga bisa disebut dengan nama muffler, yang mana mempunyai 3 jenis sesui dengan cara kerja knalpot, diantaranya adalah reactive muffler, absortive muffler, serta combination muffler. Dan berikut ini adalah penjelasan secara singkat dari ketiga jenis muffler ini.
  1. Reactive mufler - Yang mana ini adalah jenis knalpot dengan beberapa segmen pipa yang tersambung dengan terdapat beberapa sejumlah ruang.
  2. Absortive muffler - Sedangkan untuk jenis ini, bahan material terdiri dari penyerap yang terdapat serat serta berpori sehingga mampu menurunkan level bising yang mana energi bunyi mampu diubah menjadi energi panas.
  3. Combination meffler - Sedangkan untuk tipe ini adalah gabungan dari absortive danreactive muffler yang mana mampu memperluas jangkauan serapan suara bising pada spektrum.
Jika sobat bikers sudah memahami dan mengetahui pengertian sera fungsi dari knalpot ini, yang tidak kalah penting adalah kamu mengerti penyebab knalpot nembak dan juga mengeluarkan api dari dalamnya. 

Inilah penyebab knalpot motor nembak

Knalpot yang menhalami nembak biasanya terjadi karena peristiwa after burn, atau lebih dikenal dengan sebagai bentuk pembakaran kedua. Dan dari pembakaran kedua ini akan menimbulkan suara tembakan dari knalpot setelah sobat bikers melakukan gas. Adapun penyebab yang biasa menimbulkan permasalahan ini , sebagai berikut:

1. Kerusakan air screw karburator motor

knalpot nembak berapi

Suara nembak yang dihasilkan dari dalam knalpot motor ini bisa disebabkan oleh  suplay udara ke ruang pembakaran rusak. Sebagai contoh adalah air screw yang terdapat pada karburator sudah usang atau memang karena setelan karburator kurang bagus.

2. Busi aus yang tidak layak pakai

knalpot nembak berapi

Karena busi yang sudah aus berkera ini menjadi penyebab pembakaran pada mesin tidak sempurna, shingga ini dapat menyebabkan knalpot motor mengeluarkan suara yang nembak. Solusi mudahnya untuk menangani masalah inia dalah dengan menganti dengan busi motor yang baru. 

3. Settingan campuran udara

knalpot nembak berapi

Bisa juga karena setingannya kekeringan pada karburator atau kamu bisa lakukan mapping pada motor injeksi. Untuk cara gampang menangani masalah ini sobat bikers bisa setting bahan bakar lebih banyak dibandingkan dengan udara yang masuk.

4. Kobocoran knalpot

knalpot nembak berapi

Hal lain yang menyebabkan knalpot nembak, bisa disebabkan oleh komponen itu sendiri yang mengalami kebocoran, untuk menangani knalpot bocor kamu bisa melakukan las, atau ganti yang baru jika mempunyai dana lebih.

Inilah penyebab knalpot motor mengeluarkan api

Adapun yang menyebabkan knalpot mengeluarkan api saat kamu hidupkan mesin dan lakukan peng ngegasan, antara lain disebabkan oleh beberapa masalh berikut ini.

1. Packing knalpot bocor

Kebocoran atau adanya packing yang lepas ini bisa menyebabkan api keluar dari knalpot, karena hal ini terjadi karena adanya panas yang ditimbulkan dari proses pembakaran.

2. Timing pengapian tidak normal

Timing pengapian yang tidak tepat antara campuran bensin dan udara bisa menyebabkan pembakaran pada mesin tidak sempurnya dan menimbulkan api keluar dari dalam knalpot.

3. Campuran bensin dan udara tidak pas

Hal ini juga bisa menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna pada ruang bakar , dengan demikian akan menjadikan keluar api dari dalam knalpot motor sobat biker.

Okelah sobat bikers, demikian ulasan kanalmu mengenai informasi penyebab knalpot nembak dan mengeluarkan api. Mudah-mudahan dengan adanya informasi dari kami ini, permasalahan sobat bikers teratasi dengan cepat dan gampang.

Post a Comment for "Berikut Pengertian, Fungsi dan Penyebab Knalpot Motor Nembak Keluar Api"