Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Cara Gampang Mengecek dan Ciri Busi Motor Mau Atau Sudah Mati

Kanalmu.com - Sobat bikers sudah pasti pernah mengalami masalah seperti klakson tidak berbunyi dengan baik, motor tidak bisa dinyalakan dengan starter, dan juga motor malah mati saat dilakukan gas. Beberapa masalah diatas salah satu penyebabnya adalah busi. Bisa jadi busi yang kotor atau memang sudah aus dan mau mati.

Dari masalah tersebut akan mengangu aktifitas kita semua yang akan melakukan perjalanan semisal kerja, terlambat bisa saja terjadi. Bagaimana jika motor kamu mogok dijalan, kalaulah siang tidak menjadi apa namun bagaimana jika terjadi pada malah hari dan jauh dari rumah dan bengkel, sudah tentu ini sangat merepotkan bukan.

Maka dari itu perawatan motor hukum wajibnya untuk dilakukan secara rutin termasuk busi ini, agar permasalahan seperti diatas tidak menimpa sobat bikers semua. Karena busi ini mempunyai fungsi yang sangat penting pada pengapian mesin motor yang mana bisa menghasilkan daya listrik yang menjadikan motor bekerja secara normal.

Cara Gampang Cek dan Ciri Busi Motor Mau Atau Sudah Mati

cara cek busi mati

Jadi sobat bikers semua harus paham dan tahu sejak awal jika kondisi busi mau mati atau bahkan sudah mati, terlebih jika kamu gunakan untuk perjalanan selama 9 bulan tau pencapaian jarak kurang lebih 7500 km, berarti ini saatnya sobat bikers harus menganti busi dengan yang baru.

Dengan demikian kamu dituntut harus tahu permasalahan ciri busi mau mai dan paling tidak juga bisa melakukan cara krosceknya, agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan ketika sobat melakukan perjalanan menggunakan motor kesayanganmu.

Berikut ini ciri busi tidak layak pakai

cara cek busi mati

Akan cukup mudah diketahui jika busi langsung mati secara total, namun jika keadaanya mau mati sulit untuk diketahui, maka dari itu sobat bikers paling tidak paham dari ciri-ciri busi mau mati.

Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut ini, jika kamu mendengar atau memahami lakukan segera untuk perawatan motor kesayangan kamu.

1. Suara mesin brebet 

cara cek busi mati

Jika sobat bikers menyalakan mesin dan dalam transmisi normal ternyata mendengarkan suara yang halus berati busi masih normal, namun jika sebaliknya suara mesin terdengar brebet maka ada kemungkinan busi motor kamu sedang bermasalah atau mau mati.

2. Motor susah dinyalakan

cara cek busi mati

Apabila kamu mendapati motor kamu sudah dinyalakan ini bisa disebabkan oleh busi yang mau mati, karena biasanya busi yang mau mati tidak mampu memercikan api secara baik pada ruang pembakaran, dimana menyebabkan motor susah nyala, dan tidak hanya itu jika ini tidak dilakukan penanganan segera akan berimbas pada aki motor cepet tekor.

3. Delayed ( Mesin motor mati-mati saat jalan)

cara cek busi mati

Hal yang disebabkan oleh busi yang mau mati yaitu terjadinya delayed pada motor saat kamu gunakan jalan, delayed ini adalah mesin motor sering mati mendadak saat anda gunakan.

Kejadin ini cukup membahayakan jika kamu dari awal posisi laju cukup kenceng, terlebih jalanan yang cukup ramai dan tiba-tiba mati mendadak.

4. Akselerasi motor berkurang

cara cek busi mati

Apabila kamu melakuan narik gas motor dan jalanya tidak seresponsif sebelumnya, ini bisa jadi disebabkan oleh permasalahn busi, bisa kotor bahkan mau mati. 

Maka kamu harus cek untuk membersihkan atau waktunya menganti busi motor kamu dengan yang baru.

5. Silahkan cek fisik busi

cara cek busi mati

Kamu jadwalkan waktu kusus untuk melakukan pengecekan motor sebelum berjalan, dan salah satu yang bisa kamu cek adalah pada bagian businya. Dan coba lihat pada bagian ujung elektrodanya apakah sudah aus atau belum jika sudah segera ganti.

Cara gampang cek busi motor mati atau tidak

Bagi kamu sobat bikers yang tidak ada waktu untuk pergi kebengkel bisa melakukan krocek busi ini dengan mandiri, caranya cukup mudah. 

Adapun cara mudahnya adalah sebagai berikut ini, mudah-mudahan masalah motor mogok, kelistrikan tidak normal dengan melakukan pengetesan ini bisa mengetahui kondisi dari busi sobat apakah perlu ganti baru atau hanya cukup dibersihkan.
  • Pertama buka penutup busi dan busi pada mesin.
  • Kemudian lakukan pengetesan, dengan memperharikan beberapa hal ini.
  1. Jika motor kamu jenis motor fuel injection pastikan lobang busi ditutupi agar tidak masuk kotoran.
  2. Apabila motor masih menggunakan teknologi karburator tidak perlu dilakukan
  • Kemudian ambil busi dan masukan ke cop busi.
  • Selanjutnya tempelkan ulir busi ke massa, bisa cylinder atau blok cilindernya.
  • Gunakan kick starter atau starter elektrik untuk cek percikan api.
  • Apabila masih ada percikan api busi masih bisa digunakan namun jika tidak mengeluarkan percikan api, waktunya ganti dengan busi yang baru.
Agar motor selalu prima sebaiknya motor sobat bikers selalu jadwalkan untuk service rutin pada bengkel resmi jenis motor kamu, seperti honda pada ahas, atau bengkel yang ada disekitar kamu dimana memiliki profil yang bagus.

Okelah sobat bikers, demikian ulasan kanalmu mengenai cara gampang dan mengetahui ciri-ciri busi motor yang mau mati. Mudah-mudahan info ini membantu permasalahan sobat bikers dimanapun berada saat ini. 

Post a Comment for "Berikut Cara Gampang Mengecek dan Ciri Busi Motor Mau Atau Sudah Mati"