Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 15 Tips Membeli Motor Bekas Online Aman, Baik Dan Benar 2020

Kanalmu.com, Tips Membeli Motor Bekas Online - Halo sobat otomotif kanalmu, kali ini kami kembali lagi, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips ya. Mudah-mudahan sedikit tips ini bisa membantu kalian dalam hal jual beli motor bekas baik secara manual maupun online ya. Memang tidak bisa kita pungkiri ya sob, untuk saat ini ketertarikan penggunaan sepeda motor ini dari tahun ke tahun naik. Memang dengan menggunakan moda transportasi roda dua ini bisa membantu kita dalam proses perjalanan, selain cepat biaya dengan membeli motor bisa dibilang lebih murah dibandingkan harus membeli kendaraan roda empat mobil.

Meskipun sepeda motor ini memiliki harga yang terjangkau tidak semua orang membeli dalam bentuk motor baru loh ya gaest, jadi sebagian dari mereka untuk lebih menghemat biaya anggaran yang mau dikeluarkan lebih memilih beli motor bekas, selain harga lebih murah dibandingkan  dengan motor baru, jika kamu pandai memilih dengan baik, teliti, serta memperhatikan beberapa faktor standar kamu bisa mendapatkan motor bekas ini dengan peforma yang sangat baik. 

cara tips beli motor bekas online
cara tips beli motor bekas online

Untuk dapat membeli motor bekas ini sobat otomotif kanalmu, untuk saat ini sangat dimudahkan loh ya, bisa dilakukan secara online dan juga bisa secara manual. Untuk secara online banyak sekali website seperti olx, dan beberapa situs online jual beli motor bekas yang ada, bisa anda jadikan rujukan untuk melakukan beli motor ya sobat otomotif kanalmu. 

Baca Juga :
  1. Biaya Cabut Berkas Mobil DAn Syarat Wajibnya
  2. Cara Gampang Menghilangkan Embun Kaca Mobil
  3. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online
  4. Download Aplikasi Samsat Online 

Akan tetapi sobat otomotif kanalmu hati-hati adalah suatu hal yang wajib ya, karena tidak bisa kita ketahui diluaran sana mungkin banyak juga oknum penjual motor bekas yang dari hasil tindakan kejahatan, seperti motor curian, begal dan lain sebagainya, dengan anda hati-hati dan teliti ini bisa membantu anda untuk dapat membeli motor bekas secara aman, baik dan juga benar. 

Jangan Asal Ketika Beli Motor Bekas

Nah inilah pentingnya sobat otomotif kanalmu mempelajari satu persatu tips yang kanalmu akan bagikan ini, agar sobat otomotif semua bisa bertransaksi secara aman, baik dan juga benar ketika sobat akan membeli motor bekas baik secara online maunpun ketemuan [COD]. Karena mawas diri dari awal ini lebih baik daripada nantinya sobat semua tertipu dan tidak mendapatkan motor yang sobat idam-idamkan. Jika tips ini sobat perhatikan dengan baik sudah tentu sobat akan mendapatkan motor yang baik, bagus serta performa tidak kalah dengan motor yang baru.

Cara Dan Tips Beli Motor Online Yang Baik Aman Dan Benar Tahun Ini

Nah sebelum anda melakukan pembelian motor bekas sebaiknya nada memperhatikan beberapa hal ini, agar anda bisa mendapatkan motor idaman anda, jangan sampai nanti motor sudah kebeli anda mengeluh ini dan itu yang menurut anda kuran baik dan tidak benar pula. Dan berikut ini adalah tips yang aman untuk anda membeli motor secara online dan maupun manual yang bisa anda jadikan referensi membeli motor bekas.

1. Tentukan Jenis Motor Yang Kamu Belu

Kamu bisa menentukan ide awal kendaraan motor apa yang akan kamu beli, untuk mencari ide ini kamu bisa kunjungi website online seperti OLX, kamu bisa cek budget dan jenis motor apakah yang mau kamu ambil apakah motor sport, matic, bebek, atau bahkan motor trail sekalipun. Dengan ini nanti akan kamu menghemat penentuan pemilihan kendaraan yang akan kamu beli.

2. Cari Penjual Motor Yang Benar

Jika kamu melakukan pencarian secara online, kamu bisa cek dari komentar, testimoni dan juga berapa banyak motor yang sudah dijual, jika kamu mencari motor bekas secara manual pastikan tokonya baik, pelayanan ramah, dan juga dikenal banyak orang disekitar maupun koneksi yang kalian kenal, jangan sampai anda masuk kedalam lobang penjual yang hanya mencari keuntungan pribadi saja.

3. Kamu Harus Cek Kondisi Fisiknya

Pastikan kamu cek kondisi fisiknya dengan baik dan benar, meskipun beli online pastikan kamu melakukan COD untuk mengetahui kondisi fisiknya, apakah ada goresan atau tidaknya, kehati-hatian adalah kunci mendapatkan motor yang baik dan bagus.

4. Kamu Pastikan Juga Cek Sasis Atau Rangka Motor

Kenapa ini penting, kamu dengan cek ini akan mengetahui kelurusan dari roda depan dan belakang, jangan sampai ada bekas tabrakan atau kecelakaan yang kalian tidak ketahui, karena ini penting loh ya sobat otomotif kanalmu. Selain cek manual kamu bisa mencobanya kendaraan secara langsung dengan cara mengendari dengan kecepata kurang lebih 40 KM/Jam dan kemudian direm dadak apakah masih enak atau tidaknya.

5. Pastikan Blok mesin Tidak Ada Kebocoran

Inilah pentingnya anda cek langsung kendaraan meskipun beli online karena kamu bisa teliti sampai dengan apakah blok mesin dan juga knalpot mengalami kebocoran, jika iya sebaiknya kamu urungkan membeli motor yang seperti ini, daripada nanti akan mengeluarkan budget yang lebih untuk anda melakukan perawatan kendaraan yang baru saja anda beli.

6. Kamu Pastikan Cek Kondisi Roda Dan Velg

Ini sangat pentig juga kalian harus cek apakah velgnya masih bagus tanpa adanya cacat, dan roda dari belakang dan depan masih lurus, serta apakah kondisi roda ini masih cukup baik dan bisa digunakan dengan baik, ini perlu kalian cek lebih detail ya sobat otomotif kanalmu.

7. Pastikan Kamu Tahu Harga Pasaran Motor Terbaru

Agar kamu tidak mendapatkan harga kendaraan terlalu tinggi kamu pastikan update harga pasaran dari motor yang akan kalian beli ini, kamu bisa mendapatkan harga pasaran ini dari berbagai media, brosur, koran, online internet atau cek ke masing-masing sorum terdekat dengan daerah anda.

8. Pastikan Surat Kendaraan Lengkap

Untuk kamu menghindari membeli motor dari tindak kejahatan, kamu harus cek secara detail kelengkapan surat kendaraan yang akan kamu beli, pastikan kalian cek kecocokan surat dengan nomor rangka dan nomor mesinnya, dan cek melalui samsat online, atau datang langsung untuk mendapatkan motor secara aman.

9. Cek Kecocokan Nomor Rangka Dan Nomor Mesin

Kamu sobat kanalmu otomotif wajib untuk mencocokan nomor rangka dan nomor mesin dengan kelengkapan surat kendaraan yang ada sperti STNK dan juga BPKB. Jangan sampai nanti terjadi masalah dikemudian hari loh ya. 

10. Cek Dulu Oli Mesin

Ini juga penting karena banyak penjual motor bekas yang nakal, mengelabuhi pembeli dengan mengakali dari oli mesin ini, pastikan kalian buka dan cek sesuai ukuran atau tidak. Karena dengantakaran yang pas suara kendaraan saat pertama dinyalakan ini kasar loh ya bukan halus.

11. Pastikan Speedometer Berfungsi Normal

Meskipun motor bekas, speedometer harus berfungsi secara normal dan baik, jika tidak sudah pasti akan sedikit berkurang nilai motor tersebut dan pastikan kamu ambil dengan nilai speedommeter dibawah 20.000 kilometer, dan jika diatas itu sebaiknya tidak usah dibeli cari referensi kendaraan motor lain.

12. Cara Hidupkan Mesin Motor

Pastikan kamu bisa melakukan hidupkan mesin ke motor yang akan kalian beli ini, baik secara otomatis elektrik dan manual pakek kayuhan atau kik starter berjalan normal semua ya sobat otomotif kanalmu.

13. Pastikan Di Coba Perpindahan Gigi Dan Tarikan Gasnya

Jika kamu membeli motor selain matic sebaiknya juga kalian cek perpindahan giginya berjalan normal atau tidaknya, selain itu jika kalian beli motor matic cek tarikan gasnya masih normal seret tidaknya ya sobat otomotif kanalmu.

14. Cek Kelistrikan Dan pastikan Normal

Pastikan semua kelistrikan pada motor yang kalian beli normal semua, baik lapu depan belakangng, rem, lamu sein semua normal, dan juga klaksonnya. Karena ini sangat penting sekali jika kalian akan bawa motor ini jalan jalan ke kota atau pergi ke tempat wisata jangan sampai kamu kena tilang gara-gara lampu sein tidak nyala.

15. Dan Terkhir Ini Penting Tanyakan Motor Pernah Kecelakaan Atau Tidak

Beranikan juga untuk menanyakan langsung apakah kendaraan ini pernah kecelakaan atau tidak, selain itu untuk memastikannnya kalian berdirikan motor dengan standart dua, pastikan ban belakang dan denapn masih lurus, selain itu cek kondisi secara menyeluruh dalam body kendaraan.

Demikian ulasan kanalmu mengenai tips aman beli motor bekas online dengan baik dan benar, mudah-mudahan ulasan ini akan memberi referensi kamu ketika akan melakukan pembelian motor bekas baik online maupun bekas. Dan jangan lupa bantu share ya sobat otomotif kanalmu dimanapun anda berada.

Post a Comment for "Inilah 15 Tips Membeli Motor Bekas Online Aman, Baik Dan Benar 2020"