Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hantaran seserahan lamaran adat jawa, Barang apa yang harus dibawa ?

Seserahan lamaran adat jawa dalam item-item didalamnya kurang lebih ada yang sama dengan suku maupun adat lain yang ada dinusantara. Namun demikian untuk pernikahan adat jawa ada beberapa hal yang sampai saat ini dipegang erat dan menjadi patokannya diantaranya adalah perhitungan weton jawa untuk mencari hari baik untuk menikah

Tidak hanya itu saja, karena pada seserahan hantaran lamaran dalam pernikahan adat jawa juga terdapat beberapa komponen penting dan wajib ada sebagai barang bawaan. Karena dalam pemaknaan arti secara filosofis hantaran seserahan menunjukkan kesiapan dari calon mempelai laki-laki, atas tanggung jawab dan kesanggupan dalam memenuhi segala kebutuhan istri baik secara lahir maupun batin.

Untuk bisa menjawab perntanyaan itu, marik kita urai secara lengkap mengenai beberapa komponen penting yang harus ada dan wajib diketaui oleh calon pengantin laki-laki.

Seserahan  Lamaran Adat Jawa
Hantaran lamaran adat jawa

Barang-barang dalam seserahan lamaran adat jawa

Perlu diketahui bahwasanya barang-barang seserahan dalam lamaran adat jawa cukuplah sederhana, namun demikian setiap item yang ada dalam keranjang seserahan memiliki makna yang baik dan mendalam terlebih untuk pengantin perempuan.

Adan berikut ini adalah beberapa barang khas dan umum dijadikan sebagai seserahan lamaran pada adat jawa. Dan jika kamu mendapatkan calon mempelai dari jawa sebaiknya memperhatikan beberapa hal ini dengan demikian proses lamaranmu akan semakin lengkap.

1. Perlengkapan mandi

Barang pertama yang wajib ada dalam seserahan lamaran adalah perlengkapan mandi seperti shampo, sabun, handuk , pembersih wajah, shower cup dan beberapa peralatan lain untuk keperluan mandi, yang mana untuk jenis dan merknya bisa kamu sesuaikan dengan kecocokan kulit calon mempelai wanita. Adapun makna dari pemberian perlengkapan mandi ini, agar istri kamu selalu menjaga kebersihan dan juga kecantikannya baik lahir maupun batin.

2. Perlengkapan make up

Dan yang perlu ada dalam kotak seserahan yang kedua adalah hantaran perlengkapan make up untuk mempelai wanita, agar bisa dipakai dan cocok untuk mempelai sebaiknya sebelum membeli produk kecantikan, kamu tanyakan terlebih dahulu produk apa yang cocok dengan jenis kulit pada pasanganmu itu. Dengan demikian ini akan melengkapi kebutuhan perawatan dari wanita calon pengantinmu.

3. Perhiasan

Apabila kamu memiliki budget lengkap kamu bisa menambahkan persiahan lengkap yang bisa dipakai oleh mempelai wantia saat tanggal cantik pernikahan kalian. Adapun barang-barangnya bisa kamu sesuaikan bisa gelang, kalung, anting, berlian ataupun bentuk logam mulia lainnya. Dan bila kamu memiliki budget terbatas perhiasan ini kamu bisa pilih salah satu saja.

4. Pakaian lengkap aksesorisnya

Untuk jenis item seserahan satu ini tidak bisa ditinggalkan wajib ada pada kotak hantaranmu. Adapun untuk pakaian lengkap dengan aksesorisnya ini maksutnya adalah baju, gamis atau gaun dengan berbagai pernak-perniknya seperti sepatu, sendal, tas maupun penutup kepala, dompet, kerudungnya.

5. Kain jarik dan kebaya

Kain jarik juga merupakan salah satu komponen wajib yang harus ada pada seserahan lamaran adat jawa. Untuk pemiliha corak dari kain batik ini kamu bisa memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan, namun yang paling banyak disarankan adalah yang bercorakkan wahyu tumurun, sido mukti, sido asih, dimana beberapa kain batik tersebut memiliki makna secara filosofis pencapaian kebahagiaan lahir sampai dengan batin baik lelaki maupun pengantin perempuan.

6. Makanan tradisional

Dan barang bawaan lain yang harus ada pada proses lamaran adalah makanan tradisional, dimana bahan dasar nya haruslah memiliki tekstur lengket. Sebagai contoh adalah makanan jadah, jenang, salak. Pembawaan makanan ini memiliki maksut dan makna agar hubungan kedua belah pihak keluarga akan semakin lengket dan erat sepanjang jaman.

7. Bunga segar

Adapun untuk jenis bunganya bukan sebarangan bunga, namun harus jenis bunga melati ataupun kenanga dalam posisi yang masih segar, dan untuk jumlahnyapun haruslah ganjil tidak boleh genap. Dan pembawaan bunga dalam seserahan hantaran ini memiliki makna, rumah tangga yang akan dibangun oleh kedua calon mempelai bisa harum, harmonis dan terjalin mengharumkan selamanya.

8. Kapur sirih, Buah jambe dan Pisang raja

Dan untuk barang yang wajib ada pada seserahan lamaran adat jawa adalah kapur sirih, buah jambe dan juga pisang raja yang mana memiliki makna mendalam berupa kesuburan yang mana dalam rumah tangga yang dibangun kedua mempelai cepat diberi momongan, banyak rezeki dan bahagia sampai akhir yang memisahkannya.

Kesimpulan

Seserahan pada prosesi meminang pujaan hati untuk diajak menikah tidak akan lengkap jika tidak terdapat 8 barang-barang diatas, untuk seserahan lamaran adat jawa. Jadi sobat kanalmu harus mempersiapkan semua itu jauh-jauh hari, dengen demikian tidak ada yang kelupaan untuk dibawa.

Demikian informasi terkait barang bawaan yang wajib ada pada seserahan untuk tradisi masyarakat jawa, mudah-mudahan sedikit info dari kami ini dapat membantu anda yang saat ini memang sudah merencanakan untuk melamar kekasih hatimu.

Post a Comment for " Hantaran seserahan lamaran adat jawa, Barang apa yang harus dibawa ?"