Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Antara Seserahan Lamaran dan Pernikahan

Perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan bisa dibilang maknyanya masih dipahami rancu oleh kebanyakan oleh masyarakat. Adapun jenis seserahan atau hantaran ini membutuhkan persiapan yang wajib ada pada pernikahan dan memutuhkan persiapan khusus untuk merangkainya. Dan selama ini dari masyarakat kita masih memiliki anggapan yang sama antara seserahan lamaran dan juga pernikahan

Namun dari kedua jenis seserahan ini memiliki arti, makna dan juga filosofi yang berbeda. Seserahan pada pernikahan ini adalah wajib ada dan harus dipersiapkan oleh pihak calon pngantin laki-laki untuk diberikan kepada calon pengantin wanita, karena ini bentuk simbol kemantapan sang pria untuk membangun rumah tangga dengan kekasih hatinya calon istrinya.

Dan melalui laman kanalmu ini, kami akan coba sedikit menjabarkan perbedaan dari antara seserahan lamaran dengan pernikahan, supaya tidak adanya imbiguitas pada masyarakat kita saat ini. Dengan demikian bisa mempersiapkan hantaran ini sebaik mungkin.

perbedaan seserahan dan hantaran lamaran pernikahan
Perbedaan seserahan dan hantaran lamaran pernikahan

Perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya seserahan adalah bentuk simbol dari lelaki atau calon pengantin yang siap lahir dan batin untuk bertanggung jawab kepada wanita yang akan dinikahinya. Adapun jenis seserahan ini biasanya akan dibawa calon mempelai saat lamaran menjelang akad perkawinan. Dan seserahan ini sebagai bentuk tanda penghormatan dan penghargaan kepada calon pengantin wanita yang sebentar lagi akan menjadi pendamping hidup.

Untuk seserahan ini biasanya diberikan bersamaan dengan mahar juga mas kawin, namun pada beberapa adat dan kampung mungkin memiliki cara yang berbeda, namun kebanyakan diberikan bersamaan. Dan menurut banyak orang semakin banyak seserahan yang diberikan kepada calon istri, ini sebagai pertanda semakin betapa berharganya wanita dimata calon mempelai pria.

Bagaimana dengan hantaran ? Hampir mirip dengan seserahan, namun hantaran adalah buah tangan yang diberikan pihak pengantin pria ke wanita pada saat hari baik pernikahan tiba. Adapun hantaran ini memiliki sebutan lain yaitu sebagai "pengetuk pintu" saat calon pengantin kunjungi pengantin wanita beserta keluarga pada pernikahan. Begitupun saat pihak pengantin wanita datang pada ke pengantin pria bersama keluarga, mereka juga akan membawa kantaran ini sebagai buah tangan (Dalam masyarakat jawa timuran lebih dikenal dengan sebutan jodang).

Perbedaan hantaran dan seserahan

Adapun perbedaan dari hantaran dan seserahan pada kewajiban dan sebagai oleh-oleh pernikahan. Untuk hantaran dari masing-masing pihak pengantin saat berkunjung ke keluarga mempelai saling memberi dan juga menerima atau tukar hantaran. Akan tetapi untuk seserahan adalah bawaan wajib oleh sang calon pengantin pria diberikan kepada pengantin perempuan dengan isian yang wajib ada, seperti kain jarik batik.

Sedangkan untuk hantaran ini biasanya berisi macam makanan, sembako yang dikemas semenarik mungkin. Adapun jenis makanan yang dibawa adalah makanan basah seperti kue lapis, jenang, jadah, salak, dodol dan berbagai isian lain terkait sesuai dengan adat dari masing-masing daerah.

Waktu yang tepat bawa seserahan

Seserahan ini sudah menjadi bentuk adat dan tradisi yang wajib ada disemua daerah yang ada di indonesia, dari sabang sampai merauke. Kalau ngomongin masalah waktu yang tepat untuk membawa seserahan, setiap daerah memiliki tata cara tersendiri. Sebagai contoh daerah di jawa untuk seserahan biasanya dibawa saat lamaran ataupun saat akad karena kedua waktu ini adalah waktu yang dibilang sangat tepat.

Adapun untuk malam lamaran biasanya dilakukan malam sebelum akad , hal ini juga terjadi pada adat sunda untuk proses penyerahan seserahan ini biasanya dilakukan pada malam sebelum akat pernikahan atau pas pada hari ijab qobul berlangsung dan jenis penyerahan ini sangat dikenal dengan ritual "ngeyeuk seureuh". Namun demikian untuk zaman modern seperti sekarang ini, untuk penyerahan seserahan dilakukan dengan waktu yang sangat fleksibel

Untuk proses packing biasanya bungkusnya hampir sama, namun akan dibedakan berdasarkan itemnya, untuk perhiasan sendiri, perlengkapan mandi sendiri, dll. Dari kebanyakan yang baru pertama kalinya menikah banyak yang menanyakan, barang apa saja yang harus ada dalam isian seserahan saat pernikahan ?

Adapun untuk isi dari seserahan pernikahan ini biasanyan barang-barang yang dibutuhkan oleh calon pengantin wanita, sebagai pendungkung penampilan. Sebagai contoh isian dari seserahan diantaranya adalah perangak pakaian lengkap dari ujung rambut sampai kaki, perlengkapan makeup, perlengkapan mandi, perlengkapan perawatan tubuh, berbagai bentuk dan jenis perhiasan, fashion seperti sepatu, tas sandal, dompet serta beberapa kue, buah-buahan, makanan tradisional semacamnya.

Untuk jenis makanan ini harus dibuat dengan bahan dasar lengket  yang mana memiliki makna dan filosofi yang sangat baik untuk pengantin pria dan wanita yaitu agar jalinan silaturahmi dan persaudaraan menjadi rekat yang kuat dan juga lengket sepanjang masa.

Behitupun dengan baran atau item yang ada dalam seserahan juga memili makna yang baik untuk kedua calon mempelai pengantin, untuk mengaruhi kedipan dalam berumah tangga. 

Kesimpulan

Dari penjelasan yang kami sampaikan pada alenia diatas bisa ditarik kesimpulan bahwasanya anatara seserahan dan hataran memiliki perbedaan baik makna dan waktu pembawaannya. Selain itu perbedaan antara seserahan lamaran dan pernikahan bisa kamu lihat dari masing-masing tujuan adanya benda atau yang diberikan tersebut.

Demikian penjelasan dari kanalmu terkait informasi tersebut, dan mudah-mudahan apa yang menjadi pertanyaan anda selama ini mendapatkan jawaban yang memuaskan hati kamu, dan untuk kamu yang akan menikah kami ucapkan selamat menempuh hdiup baru, mudah-mudahan menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah. Amiin.

Post a Comment for "Perbedaan Antara Seserahan Lamaran dan Pernikahan"