Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Kecocokan Jodoh Dengan Weton Sebelum Menikah, Agar Langgeng Tidak Apes

Kanalmu.com - Sebelum memutuskan untuk melakukan pernikahan sebaiknya kamu melakukan kecocokan jodoh kamu, apakah bisa menjadikan rumah tangga menjadi langgeng, harmonis sampai dengan masa tua. Sedang dengan menggunakan cara hitung jodoh dengan weton, bisa menjadi salah satu prediksi masa depan rumah tangga kalian. Menurut kitab primbon, cara ini akurat dan terbukti memiliki dampak yang baik bagi calon kedua mempelai.

Untuk mereka yang lahir pada keluarga orang jawa,tidak akan asing mengenai perhitungan weton, neptu. Karena untuk keseharian masyarakat jawa dalam melakukan segala aktifitasnya harus menentukan hari baiknya, semisal untuk pernikahan, khitanan, berangkat merantau, memulai buka usaha, pindah rumah, membeli barang berharga seperti mobil, motor dan juga emas.

Ton-ton / Bancakan Weton (Memperingati hari lahir)

hitung weton jodoh

Sedangkan weton sendiri adalah rangkap hari lahir dan pasarannya seseorang. Sebagai contoh mereka lahir pada hari sabtu dengan pasaran legi, maka weton kelahiran orang tersebut adalah sabtu legi. Dan apabila dalam keluarga kamu masih kental dengan tradisi ini, pasti setiap 7 bulan sekali akan diperingati hari lahir kalian (lebih dikenal dengan tahun bayi jawa), yang dalam orang jawa terkenal dengan sebutan ton-ton atau memperingati hari lahir, dan biasanya akan dilakukan selamatan, yang mana ada lauk urap dan beberapa nasi pelengkap seperti buceng dll.

Yang mana ton-ton ini adalah salah satu upaya bagaimana orang jawa melakukan ucap syukur atas karunia umur, rejeki yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Manfaat perhitungan weton

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya weton jawa ini sangat penting sekali manfaatnya, selain untuk gunakan untuk mencari hari baik, bisa digunakan pula untuk melakukan peramalan watak, rejeki, pekerjaan dan juga jodoh.

Dan untuk melihat kecocokan jodoh seseorang kamu harus melakukan perhitungan terlebih dahulu, apakah akan memberikan dampak baik atau tidak baik. Dengan demikian kamu bisa melanjutkan kejenjang lebih serius atau menunda bahkan membatalkannya.

Untuk lebih jelasnya masalah perhitungan kecocokan pasangan menggunakan adat istiadat jawa, saudara harus mempelajari pengertian weton dan juga neptunya. Dan dibawah ini adalah ulasan terkait dengan hal tersebut.

Weton adalah ?

Sedangkan untuk pengertian weton, seperti yang kami sebutkan sebelumnya. Weton adalah gabungan antara hari lahir dengan dino pasaran. Hari lahir ini diantaranya senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu dan minggu, sedangkan untuk hari pasaran atau pancawarna itu pahing, pon, wage, kliwon, legi.

Dan untuk setiap hari dan juga pasaran ini memiliki neptu sendiri-sendiri yang mana mereka memiliki nilai berbeda. Jika digabungkan antara neptu hari dan neptu pasaran akan didapatkan neptu weton, yang mana bisa digunakan untuk melakukan perhitungan kecocokan jodoh tradisi jawa.

Neptu adalah?

Untuk neptu sendiri adalah nilai yang terdapat pada masing-masing hari, pasaran dan juga weton, dan berikut ini adalah pengetahuan dasar neptu hari dan dino pasaran yang perlu sobat kanalmu ketahui.

Neptu hari yang harus sobat kanalmu hapal:

  • Minggu = 5
  • Senin = 4
  • Selasa = 3
  • Rabu = 7
  • Kamis = 8
  • Jumat = 6
  • Sabtu = 9

Neptu dino pasaran yang perlu kamu ketahui:

  • Pahing = 9
  • Pon = 7
  • Legi = 5
  • Wage = 4
  • Kliwon = 8

Menghitung jumlah neptu weton

Dari nilai masing-masing neptu hari dan neptu pasaran yang dipelajari pada alenia sebelumnya, maka kamu bisa menentukan atau mengetahui neptu dari weton kelahiran kamu. Untuk caranya cukup gampang yaitu dengan menjumlahkan antara neptu hari dengan neptu pasaran. 

Sebagai contoh kana mempunyai weton pada hari Sabtu Pahing, disini kamu akan mendapatkan nilai neptu hari sabtu 9 dan neptu pasaran pahing 9, apabila dijumlahkan akan mendapatkan neptu weton 18. ( 9 + 9 = 18)

Pada catatan kitab primbon jawa disebutkan, bahwasanya neptu mereka yang semakin tinggi memiliki watak dan aura yang cukup dominan, dan mereka yang lahir dengan neptu tinggi cocok menjadi pemimpin, dan mampu melawan neptu kelahiran lebih kecil.

Cara menghitung kecocokan jodoh dengan weton sebelum menikah

Untuk mengetahui kecocokan jodoh antara kedua belah pihah, baik pada sigadis maupun pria sebelum menikah. Kamu bisa melakukan kroscek kecocokanya, apakah akan memberikan dampak baik pada keluarga mereka atau sebaliknya.

Caranya cukup mudah, kamu harus mengetahui hari kelahiran dari masing-masing calon pasangan, baik untuk pihak pria maupun wanita.

Contohnya Pria lahir pada hari Kamis Pahing sedangkan untuk calon pasangannya atau siwanita lahir pada minggu pon. Maka akan didapatkan neptu weton sebagai berikut ini.
  • Pria : Kamis (8) + Pahing (9) Neptunya adalah 17
  • Gadis : Minggu (5) + Pon (7) Neptunya adalah 12
Apabila dijumlahkan antara kedua neptu pria dan wanita akan mendapatkan nilai sejumlah 29, yang mana neptu 29 ini jatuh pada weton jodoh ketemu Ratu. Yang artinya adalah mereka cocok dan akan memiliki rumah tangga yang harmonis.

Kamus jodoh weton ketemu neptu

Untuk perhitungan keococokan jodoh weton kelahiran lain, kamu bisa menggunakan kamus primbon jodoh weton ketemu neptu berikut ini, karena pada kamus dibawah ini sudah dijelaskan secara singkat dan mudah kamu pahami.

1. Perhitungan neptu ketemu 5, 14, 23 dan 32 ( Tinari )

Apabila dalam perhitungan weton neptu kecocokan jodoh mendapatkan angka tersebut berarti tinari, yang mana memiliki makna pasangan yang memiliki kebahagiaan,melimpah rejeki, beruntung dan tidak akan mendapatkan kekurangan.

2. Jumlah neptu ketemu 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28 dan 36 ( Pegat )

Jika dalam perhitungan mendapatkan nilai pegat atau cerai, dalam rumah tangganya konon akan memiliki banyak problem baik dari sisi perselingkuhan, ekonomi, maupun kekuasaan.

3. Perhitungan weton jodoh ketemu 2, 11, 20 dan 29 ( Ratu )

Ratu memiliki makna cocok, harmonis dalam mengarungi kehidupan rumah tangga.

4. Weton untuk jodoh ketemu 3, 12, 21 dan 30 ( Jodoh )

Jodoh memiliki makna keduanya cocok dan akan saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing pasangan.

5. Penjumlahan neptu weton ketemu 4, 13, 22 dan 31 ( Topo )

Topo memiliki makna dalam awal perjalanan rumah tangga akan banyak ujian, namun pada akhirnya akan mendapatkan kebahagiaan.

6. Weton pasangan ketemu 6, 15, 24 dan 33 ( Padu )

Padu memiliki makna bertengkar, meskipun dalam mahligai rumah tangganya banyak ada pertengkaran yang disebabkan oleh hal-hal kecil, namun tidak akan menyebabkan perceraian. Dan pertengakaran dalam rumah tangga memang harus dihadapi dengan baik tentunya.

7. Weton jodoh ketemu 7, 16, 25 dan 34 ( Sujanan )

Untuk ketemu sujanan ini dalam hal rumah tangga akan mendapatkan banyak cobaan, baik itu perselingkuhan maupun pertengkaran, dan masalahnya bisa datang dari sang gadis maupun si pria.

Weton Jodoh Ketemu 25

Weton Jodoh Ketemu 25

Jika kita melihat dalam catatan kitab primbon, untuk Weton Jodoh Ketemu 25 ini memiliki peruntungan selawe bale kedhawang, atau memiliki makna kehidupan rumah tangganya akan memiliki banyak hal negatif dan tidak menguntungkan. Seperti perilah ekonomi, cekcok, perselingkuhan dan lain sebagainya.

Jodoh Ketemu 25 (Selawe) Bisa Bahagia Sampai Akhir Hayat

Banyak mitos mengatakan, bahwasanya untuk weton ketemu selawe ni akan mendapatkan banyak masalah dalam rumah tangganya, namun nyatanya banyak juga mereka yang bahagia sampai dengan akhir hayat mereka, diberikan banyak rejeki dan kemudahan dalam segala urusan.

Adapun mereka biasanya menyiasati dengan cara tanggal pernikahan mereka dijatuhkan pada neptu satriya wibawa, yang mana dipercaya bisa menangkal kesialan oleh weton selawe. Adapun untuk satriya wibowo ini memiliki neptu yang jumlahnya 13, adapun untuk hari yang neptunya 13 diantaranya adalah hari minggu kliwon, sabtu wage, jumat pon, kemis legi dan juga senin pahing. Selain itu pastikan bulan pernikahannya bukan bulan suro atau muharram.

8. Perhitungan kecocokan pasangan weton ketemu 8, 17, 26, dan 35 ( Pesti)

Untuk mereka yang medapatkan neptu pesti ini kecocokan jodoh mereka akan langgeng, hanya maut yang bisa memisahkannya, selain itu kehidupan rumah tangga akan ayem, tentrem, banyak rejeki dan rukun. Meskipun ada masalah kecil ini hanya dianggap biasa.

Ringkasan

Baik buruknya hubungan dalam berumah tangga, kelanggenan apa tidaknya ini kembali lagi kepada bagaimana kedua mempelai menjalai kehidupannya, apakah salaing jujur, melengkapi, menerima kekurangan, dan tentunya adalah salah memberikan kasih dan sayang yang lebih.

Demikian informasi terkait dengan cara menghitung kecocokan jodoh dengan weton jawa sebelum menikah, dan dalam rumah tangga mereka biar bisa mendapatkan kelanggengan.

Post a Comment for "Cara Menghitung Kecocokan Jodoh Dengan Weton Sebelum Menikah, Agar Langgeng Tidak Apes"