Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

21 Manfaat Puasa Weton Kelahiran untuk diri sendiri, anak dan pasangan

Kanalmu.com - Apabila sebelumnya kami sampaikan informasi terkait dengan weton jawa, yang mana memiliki 35 rangkap harinya. Maka pada kesempatan kali ini, kami akan bagi informasi manfaat puasa weton baik untuk diri sendiri maupun pasangan kamu, pacar, istri, dan suami. Dan untuk masyarakat jawa, mengenai puasa weton ini bukanlah suatu hal yang asing, terlebih dalam keluarganya masih erat memegang teguh ajaran-ajaran yang ditinggalkan oleh mbah-mbahnya terdahulu.

Sesuai dengan beberapa catatan kitab jawa dan juga guru spiritual jawa menyampaikan, bahwasanya mereka yang melakukan puasa weton dengan tata cara yang benar dan juga dilakukan secara runtin dapat mendatangkan berbagai hal yang baik bagi dirinya sendiri maupun untuk orang yang berada disekitarnya. 

Apa pengertian puasa weton?

puasa weton

Puasa weton adalah puasa untuk hari kelahirannya, dimana untuk hari kelahirannya ini adalah sesuai dengan metode penanggalan jawa, bukan menggunakan kalender masehi. Adapun sebagai contohnya adalah mereka lahir pada hari senin pon, selasa wage, rabu kliwon, kamis legi, jumat pahing, sabtu kliwon, minggu pahing, atau weton kelahiran lainnya. 

Dimana weton sendiri adalah rangkap dino antara hari dan juga hari pasaran, hari ini merujuk pada ahad / minggu, senin, selasa, rabu, kamis, jumat, dan sabtu. Sedangkan untuk dino pasaran adalah pahing, pon, wage, kliwon dan legi.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya weton kelahiran ini banyak sekali kegunaannya dalam masyarakat jawa, seperti menentukan hari baik pindah rumah, membeli kendaraan motor, mobil, membeli barang berharga emas, rumah, untuk khitanan, mencari rezeki, dan juga buka usaha. 

Itu adalah beberapa hal kecil kemanfaatan dari weton jawa, selain hal diatas dengan mengetahui weton kelahiran seseorang kamu bisa melakukan ramalan dan prediksi masa depan mereka dari segi watak, sifat, jodoh, rejeki, dan jenis pekerjaan yang cocok dengan hari kelahirannnya.

Hal diatas adalah beberapa penggunaan weton dalam masyarakat jawa, dan apabila kamu sudah tahu apa weton kelahiranmu sebaiknya kamu juga melakukan puasa weton, yang mana dalam masyarakat jawa memiliki khasiat buat perjalanan hidupnya, baik dari segi materi maupun spiritual mereka. Terkhusus mengenai soal kebatinan seseorang dan juga hubungan dengan roh-roh alam ghoib leluhur mereka.

Adapun puasa ini bisa dilakukan untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain seperti anak, istri dan suami mereka, bahkan untuk pacarnya.

Tujuh manfaat puasa weton untuk diri kamu

Dalam catatan yang kami baca bahwasanya saum hari kelahiran ini bisa mengaitkan kepada beberapa hal terkait hidup mereka, seperti kesehatan, kemakmuran, hingga kebatinan dari seseorang yang lahir pada hari tersebut.

Dan berikut ini adalah 7 manfaat puasa hari lahir untuk diri mereka sendiri, dengan mengatahui manfaat puasa weton ini, mudah-mudahan anda akan memulai rutinkan untuk melakukan saum.

1. Meningkatkan kepekaan batin pada diri kamu

Mereka yang melakukan puasa weton secara rutin dan dilakukan dengan tata cara yang baik dan benar serta diniati dengan sungguh-sungguh, akan bisa menajamkan kepekaan spiritual atau bati mereka, sudah tentu akan menjadikan orang yang cukup berbeda dengan kebanyakan orang lain.

Sebagai contoh, mereka mampu merasakan atau mengetahui hal-hal ghoib yang ada disekitarnya melalui rasa yang ada pada dirinya. Dan tidak cukup itu, karena kebiasannya melakukan puasa weton batin yang ada dalam dirinya akan lebih kokoh dan tidak mudah untuk digoyahkan.

2. Tubuh menjadi lebih sehat

Seperti yang kita ketahui bahwasanya dalam islam puasa ini akan menjadikan tubuh atau badanya lebih sehat, begitu pula dengan puasa hari lahir ini  juga akan menjadikan kebugaran pada badannya. Karena untuk cara puasanya sama saja dengan puasa islam dimulai dengan sahur dan diakhiri dengan buka, seperti buasa romadhon, daud, senin kamis, 9 , 10 muharram.

3. Mental kamu akan terbentuk menjadi kuat

Dengan melakukan puasa weton secara rutin, ini akan membangun mental yang kuat bagi mereka yang melakukannya, karena dalam puasa ini kamu harus bisa menahan nafsu, emosi. Dan dalam puasa ini kamu harus selalu bersyukur atas apa yang kamu miliki dan capai.

Seperti halnya dengan puasa islam dan puasa mutih kejawen, puasa weton ini mampu menjernihkan fikiran yang menjadikan dirinya kuat secara mental dan pemikiran.

4. Mampu menahan diri

Karena puasa ini artinya menahan, dengan kamu melakukan secara rutin dan terbiasa kamu bisa mengendalikan diri kamu akan bebrbagai hal-hal yang negatif. Sudah tentu ini adalah salah satu cata terbaik bagaimana kamu melakukan kontrol terhadap sifat jelek yang melekat pada weton kelahiranmu.

Dengan demikian, karakter jelek atau buruk tersebut bisa diredam atau dikendalikan yang mana kamu terjauhkan dari kesialan.

5. Media proteksi kesialan

Siapa yang mau bernasih buruk dan selalu sial, terlebih mereka yang kurang beruntung karena lahir pada weton yang neptunya kurang baik atau kecil, dengan puasa weton ini, kamu bisa jadikan media proteksi atas kesialan yang sudah melekat dengan anda tersebut.

6. Bisa menjadi media pemererat dengan roh leluhur

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwasanya puasa weton ini bisa menjadikan kamu lebih peka dengan batinmu. Dengan demikian kamu bisa lebih peka dengan apa yang ada disekitar kamu, bahkan akan menghindarkan kamu dari hal-hal buruk dan sial.

Karena kepekaan tinggi ini, bisa saja sukmamu akan lebih dekat dengan sukma-sukma leluhur yang sudah tidak ada, bahkan mereka bisa menjadi salah satu pelindung kamu, dimanapun kamu berada.

7. Dikabulkannya semua hajatmu

Sudah pasti dengan kamu melakukan puasa ini karena ingin mencari ridho dan mendekatkan diri kepada tuhan semesta alam (Allah), bisa menjadikan hajat atau keinginan kamu terkabul karena kedekatanmu dengan sang hyang tunggal (Tuhan yang maha esa).

Karena yang bisa menjadikan semua berjalan baik, dan tercapai semua keinginan yang ada dalam diri ini hanya tuhan semesta alam yang ESA.

Diatas adalah tujuh manfaat puasa weton untuk pribadi kita sendiri, namun kamu juga harus tahu bahwasanya dengan secara ruting melakukan puasa hari lahir juga bisa memberikan dampak baik kepada orang yang disekitar kita.

Inilah 9 manfaat puasa weton untuk pasangan (Istri, Suami, Pacar)

Kemanfaatan puasa weton ini bisa berdampak pada orang yang ada disekitar kita terutama adalah mereka pasangan kita, baik itu pacar, suami maupun istri. Namun tidak sedikit mereka yang mempercayai dengan melakukan puasa weton ini untuk pengasihan pada dirinya. 

Karena puasa weton ini akan memberikan nur atau cahaya yang baik dan mencerahkan wajah, sikap mereka yang melakukannya. Dan berikut ini adalah sembilan manfaat puasa weton untuk pasangan mereka.
  • Menjadikan dirinya penuh dengan kasih sayang
  • Menguatkan cahaya daya tarik untuk pasangan
  • Sebagai salah satu media proteksi dari gonjang ganjing rumah tangga
  • Memancarkan inner beauty atau kecantikan, kecakapan dari dalam diri
  • Menjadikan pasangan lebih perhatian
  • Menjadikan diri mereka lebih awet muda dan selalu bersinar
  • Menjadikan hubungan lebih harmonis, tentrem, ayem 
  • Menghindarkan dari berbagai kesalahpahaman, atau selalu menjadikan saling terbuka
  • Menjadikan dirinya selalu bersyukur dan selalu saling menerima kekurangan pasangan

Ini 5 manfaat puasa weton anak

Kamu yang sudah dikaruniai anak, kamu juga bisa melakukan puasa weton ini ditujukan untuk anak kamu, menurut tuntunan jawa yang kami baca, ini memiliki kemanfaatan banyak untuk anak kamu. Dan beikut ini adalah diantaranya yang bisa kamu dapatkan dari puasa weton untuk anak.
  • Menjauhkan anak dari kesialan
  • Menjadikan anak lebih soleh dan sholeha
  • Menjadikan anak yang berbakti pada orang tua
  • Memudahkan segala urusan dari anak anda
  • Menjadikan hajat dan cita-cita anak terkabulkan oleh tuhan yang maha esa

Niat dan tata cara puasa weton yang baik serta benar

Untuk melakukan puasa weton yang baik dan benar, saudara harus memperhatikan tatacara dan juga niatnya, karena sudah tentu jika dilakukan dengan baik akan menjadikan puasa kamu menjadi yang terbaik.

Pada dasarnya puasa weton menjadi 3 jenis, pertama puasa sehari penuh, puasa ngebleng 3 hari, dan juga puasa ngebleng 7 hari yang dilakukan secara berturut-turut. Sebelum mengetahui tata caranya sebaiknya kamu melafalkan niatnya dengan baik.

Niat puasa weton jawa

niat puasa weton

Adapun berikut ini adalah niat untuk puasa weton kelahiran jawa, yang perlu kamu ketahui. Semua itu perlu niat yang jelas dan baik pula. Dan jangan lupa untuk meminta hajat apa yang kamu perlukan agar semua terkabul sesuai dengan keinginan.

Berikut tata cara puasa weton

Dan berikut ini adalah tata cara puasa weton yang baik dan benar, sesuai dengan beberapa catatan kitab jawa yang kami baca.
  • Melakukan sahur dan berbuka 
  • Puasa weton dimulai sejak fajar sampai magrib
  • Apabila kamu muslim, sebelum subuh sholat dua rokaat
  • Apabila kamu muslim selalu jaga wudhu sepanjang hari, jika batal silahkan wudhu lagi
  • Selalu bersyukur terlebih hari puasa tirakat weton selesai
  • Persiapkan 7 jajanan pasar diwaktu berbuka
  • Persiapkan bubur merah dan putih untuk buka
  • Lakukan mandi kembang akan lebih baik bunganya lengkap 7 rupa, siramkan dari atas kepala sampai ujung kaki,
  • Khusus untuk puasa ngebleng 3 hari, sahur dan buka masing-masing 1 kali
  • Dan puasa penuh adalah dilakukan 24 jam penuh.
Khusus untuk puasa untuk pasangan mereka sebaiknya melakukan mandi jinabat, atau mandi keramas disertai niat yang baik dan minta keridhoan dan kekuatan dari tuhan yang maha esa. Serta kamu dilakukan untuk melakukan hubungan suami istri selama melakukan puasa.

Penutup

Karena begitu banyak manfaat dari puasa weton ini, baik untuk diri sendiri, orang tua, pasangan dan juga anak. Maka kamu harus lakukan dengan sunguh-sunguh dengan penuh keiklasan dan persiapan yang baik.  Yang pastinya selalu berpasrahlah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar semua yang bisa mengkabulkan segala hajatmu. 

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, dan mudah-mudahan permasalah yang kamu cari jawabannya, terselesaikan, terlebih untuk kaitannya dengan kemanfaatan puasa weton.

Post a Comment for "21 Manfaat Puasa Weton Kelahiran untuk diri sendiri, anak dan pasangan"