Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hantaran Buah Untuk Seserahan lengkap Cara Membuat dan Menghiasnya

Hantaran buah merupakan salah satu item atau jenis barang pada hantaran yang nantinya akan diberikan pada hari baik pernikahan kepada mempelai wanita, dari pihak pengantin laki-laki saat prosesi lamaran malam sebeluh akad nikah. Selain hantaran biasanya juga terdapat seserahan yang lengkap item wajib didalamnya, dimana setiap item barang memiliki makna baik, dan secara keseluruan seserahan memiliki arti filosofis, kesiapan pengantin pria dalam tanggung jawab yang akan dipikul atas istrinya baik dari segi kebutuhan lahir maupun batin dalam kehidupan berumah tangga yang diikat dengan ijab qobul saat pernikahan.

Karena pentingnya dari hantaran inilah, kami team kanalmu akan ulas sedikit terkait dengan hantaran, terkhusus pada laman ini adalah jenis item hantaran buah. Dikarenakan dalam hantaran seserahan sendiri terdapat banyak item penting yang harus ada, sesuai dengan tradisi dan adat dari masing-masing daerah yang ada diindonesia, dan mungkin juga yang ada diluar negeri.

Dan untuk lebih lengkap dari penjabaran informasi hantaran buah lengkap dengan cara membuat serta menghiasnya, kamu bisa ikuti atau baca keseluruan dari ulasan kanalmu kali ini. Dengan demikian kamu bisa dengan mudah mendapatkan keseluruhan informasi terkait.

hantaran buah dan cara membuatnya
Hantaran Buah Lengkap Cara Membuat Dan Hiasnya

Berbagai jenis hantaran buah

Jenis hantaran buah ini wajib adanya dalam prosesi penyerahan seserahan, dan dalam pengemasannya bisa ditempatkan pada keranjang buah ataupun wadah lain kemudian diberikan beberapa aksesoris lain untuk percantik tampilan.

Memang banyak macam buah dalam hantaran ini, namun ada satu jenis buah yang wajib ada yaitu pisang raja, adapun untuk pelengkapnya bisa memilih jenis buah sesuai dengan kebutuhan dan seleranya. 

Pemberian hantaran buah dalam filosofi tradisi adat jawa memiliki makna dengan memberikan buah diharapkan menghasilkan buah dalam pernikahannya atau bisa dibilang rejeki yang melimpah dan bermanfaat bagi pasangan dan keluarga pengantin serta orang yang ada disekitarnya.

Adapun jumlah pisang raja yang wajib ada sebanyak dua sisir atau satu tangkap, kemudian ini di kemas sendiri dibedakan dengan hantaran buah yang lainnya. Selain dijadikan hantaran wajib bisanya buah juga bisa digunakan sebagai hiasan kamar pengantin pada sesi pengambilan moment bahagia perniakahan mereka. Karena hantaran buah biasanya di kemas secara unik dan menarik dan cocok dijadikan latar pengambilan foto.

Beginilah cara membuat hantaran buah sendiri

Kamu bisa membuat hantaran buah ini dengan mudah dan gapang, dengan demikian akan lebih menghemat cost dan jika ada saudara atau teman yang akan melangsungkan pernikahan kamu bisa memberikan bantuan untuk membuatnya. Dengan melakukan pembuatan hantaran buah sendiri untuk seserahan pernikahan tentu ini bisa disesuaikan dengan konsep wedding nya. Selain hemat ini bisa fleksibel pembuatan parcel buahnya.

Parcel buah ini memiliki fungsi yang cukup banyak selain digunaka untuk hantaran juga bisa digunakan sebagai oleh-oleh atau bawaan untuk menjenguk saudara sakit, temen habis lahiran dan kebutuhan lain yang terkait. Dan untuk kamu yang masih penasaran dengan cara membuatnya, silahkan untuk ikuti langkah demi langkahnya seperti dibawah ini.

1. Pilih buah yang berkwalitas

Yang pertama kamu lakukan dalam membaut hantaran buah dan parcel yaitu memilih jenis buah yang diperlukan, namun untuk itu kamu juga perlu memperhatikan jenis buah yang awet dan bisa dibungkus dalam beberapa hari, dan tentunya pilih yang memiliki kualitas bagus, selain itu kamu juga bisa memprediksi suhunya agar tidak terjadi kebusukan pada buah yang di hias.

2. Susun buah dengan rapi

Jika sudah mendapatkan jenis buah yang bagus dan berkualitas kemudian sediakan tempat atau wadah sesuai konsep pernikahan, kemudian buah-buahan yang sudah dipilih kamu tata dengan rapi. Namun demikian untuk jenis parcel hantaran pernikahan, untuk buah pisang raja untuk dipisahkan dengan jenis buah lain yang sebagai pelengkap.

3. Lakukan pembungkusan atau pengemasan

Adapaun untuk tahapan membuat parcel hantaran buah sederhana selanjutnya adalah untuk pembungkusan, untuk pengemasan ini kamu bisa manfaatkan palstik wrap atau juga bisa memanfaatkan plastik kaca, mika dengan motif yang unik dan menarik.

4. Tambahkan aksesoris agar semakin cantik parcel hantarannya

Apabila pembungkusan sudah selesai dan rapi menggunakan plastik wraping atau palstik kaca, kemudian kamu bisa memberikan aksesoris tambahan agar bisa dilihat lebih cantik, semisalnya dengan menambahkan pita dan juga bisa menambahkan beberapa jenis bunga yang memiliki warna yang sama.

Kesimpulan

Dengan kamu memberikan hantaran buah yang di rangkai dan hias yang menarik serta isi buah-buahan yang memiliki kualitas tinggi, ini menjadikan keluarga mempelai wanita sangat dihargai. Selain buah hantaran tersebut memiliki makna filosofis yang mendalam juga dapat menjadikan simbol penghormatan dari pihak keluarga mempelai pria kepada mempelai wanita.

Demikian informasi terkait dengan parcel hantaran buah lengkap dengan cara membuatnya, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa membantu anda dalam menentukan pembuatan seserahan terkhususnya buah.

Post a Comment for "Hantaran Buah Untuk Seserahan lengkap Cara Membuat dan Menghiasnya"