Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari baik bangun rumah, ruko, kios, warung lengkap sesuai primbon jawa

Kanalmu.com - Apakah dalam waktu dekat ini sobat akan memulai bangun rumah ? Jika iya, sudahkan kamu menentukan hari baik bangun rumahnya ? Ada baiknya jika belum untuk melakukan perhitungan mencari hari baik mendirikan rumah. Karena dalam masyarakat jawa masih sangat erat dan lekat masalah tradisinya, termasuk dalam membangun rumah. Karena dengan adanya hari baik yang digunakan akan menjadikan rumah yang ditinggali lebih nyaman dan barokah serta mendaptkan perlidungan oleh Tuhan Semesta Alam (Allah).

Memang saat ini untuk mencari sesepuh yang bisa melakukan perhitungan hari baik cukup susah terlebih bagi kamu yang tinggal di kota atau diluar pulau jawa. Namun sobat kanalmu tidak perlu kwatir karena pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit info bagaimana cara menentukan hari baik membangun rumah.
Dengan demikian, rumah yang sobat akan dirikan dikemudian hari akan memberikan keberkahan untuk ditempati. Karena banyak yang berpendapat khususnya masyarakat jawa bahwasanya jika tidak ditentukan hari baiknya, dan jatuh pada hari yang salah malah menyebabkan kesialan dalam berumah tangganya.

Cara menentukan hari baik bangun rumah

hari baik bangun rumah

Nah bagaimana caranya ? Oke dalam mencari atau menentukan hari baik mendirikan rumah, sobat kanalmu harus melakukan belajar beberapa hal, diataranya adalah masalah perhitungan neptu hari dan juga neptu pasaran, yang mana kedua hal ini adalah ilmu primbon wajib dan paling mendasar yang harus kamu ketahui untuk melakukan perhitungan hari baik jawa yang akurat.

Ilmu dasar perhitungan hari baik jawa 

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya untuk mencari hari baik, termasuk bangun rumah, ruko, kios, kosan dan warung sobat kanalmu harus bisa memperlajari limu dasar perhitungan hari baik, yitu neptu pasaran dan hari, dan berikut ini adalah penjabaran jelas dan singat serta akurat sesuai dengan primbon jawa.

1. Neptu Hari 

Yang pertama sobat kanalmu harus mengetahui hari dan juga neptunya, gampangnya sih nilai dari hari itu berapa, yang mana nantinya akan digunakan dalam perhitungan mendirikan rumah.
  • Hari minggu = Neptunya 5
  • Hari senin     = Neptunya 4
  • Hari selasa    = Neptunya 3
  • Hari rabu      = Neptunya 7
  • Hari kamis    = Neptunya 8
  • Hari jum'at   = Neptunya 6
  • Hari sabtu     = Neptunya 9

2. Neptu Dino Pasaran

Dalam kitap primbon masyarakat jawa bahwasanya terdapat hari pasaran atau dino pasaran, yang mana ini digunakan untuk menentukan harinya bukanya pasar dalam tradisi masyarakat jawa terlebih dahulu, tidak hanya itu hari pasaran ini memiliki neptu yang mana digunakan untuk menentukan hari baik, seperti menikah, mendirikan rumah, pindah rumah dan buka usaha juga.

Adapun berikut ini adalah neptu dari dino pasaran yang sobat kanalmu wajib pelajari untuk dapat melakukan perhitungan hari baik dalam kalender jawa.
  • Kliwon = Neptunya 8
  • Legi      = Neptunya 5
  • Pahing  = Neptunya 9
  • Pon       =  Neptunya 7
  • Wage    = Neptunya 4

3. Pelajari 4 Firasat Keberuntungan Hari Baik Bangun Rumah

firasat keberuntungan bangun rumah

Dalam perhitungan hari baik bangun rumah, sobat kanalmu akan diminta untuk menjumlahkan neptu pasaran dan juga hari yang mana nantinya hasil penjumlahan dibagi dengan 4 yang mana sisanya akan menentukan firasat keberuntungan hari baik mendirikan rumah.

Sebelum ke contoh sebaiknya sobat kanalmu harus mengetahui dari 4 firasat keberuntungan berikut ini, yang mana firasat itu merupakan hari yang baik atau yang seharusnya kamu hindari dalam mendirikan rumah. Adapun berikut ini adalah penjelasanya.
  1. Apabila Sisa 1 Firasatnya Guru - Yang mana dalam firasat guru memiliki makna pemilik rumah akan dihormati, dan mendapatkan rezeki yang berlimpah, rumah tangga tentram, anam dan juga mendapatkan keberkahan.
  2. Apabila Sisa 2 Firasatnya Ratu - Untuk yang firasat keberuntungannya adalah ratu, sudah tentu akan mendapatkan banyak keberuntungan dan juga terhindar jauh dari kejahatan, maling dan lain sebagainya.
  3. Apabila Sisa 3 Firasatnya Rogoh - Bagi dalam perhitungan menghasilkan firasat rogoh, rumah yang akan ditempati akan sering kebobolan maling, maka dari itu sebaiknya untuk dihindari untuk hari yang firasatnya rogoh.
  4. Apabila Sisa 4 Firasatnya Sempoyong - Tidak jauh seperti dengan firasat rogoh, bahwasanya dengan sisa 4 atau sempoyong akan memberikan nasib yang kurang baik bagi pemilik rumah, yang mana bisa sakit-sakitan dan juga kesusahan dalam hal rezeki.

4. Contoh Perhitungan Hari Baik Bangun Rumah

Dalam ulasan kali inipun kami coba memberikan contoh perhitungan akuratnya, dan semisal bapak parjiman dalam waktu dekat akan memulai mendirikan rumah, yang mana hari digunakan adalah SABTU LEGI, yang mana hari sabtu memiliki neptu 9 dan legi adalah 5 jika dijumlahkan totalnya neptunya adalah 14. Kemudian hasil penjumlahan di bagi dengan 4 -> ( 14:4 ) mendapatkan sisa 2. Dalam firasat sisa dua adalah Ratu, yang mana hari tersebut adalah baik untuk mendirikan rumah.

Demikianlan ulasan informasi dari kanalmu tentang hari baik bangun rumah, perlu sobat ketahui bahwasanya dalam perhitungan hari baik ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendirikan rumah baik itu 2 lantai sampai dengan berpuluh-puluh lantai, dan juga kosan, kios serta warung.

Post a Comment for "Hari baik bangun rumah, ruko, kios, warung lengkap sesuai primbon jawa"