Parwito
Parwito Seneng baca-baca di internet, tertarik dengan gadget , internet, android dan juga internet marketing

√ Pahami Pandemi, Epidemi, Endemi: Perbedaan, Pengertian, Contoh

Kanalmu.com, Pandemi, Epidemi, Endemi - Dikarenakan adanya virus corona atau covid-19 ini yang awalnya dari kota wuhan china, kita belajar kosa kata baru yaitu pandemi. Seperti yang kita ketahui bahwasanya saat ini status virus corona oleh WHO lembaga yang menaungi kesehatan dunia menjadikan status virus corona atau covid 19 menjadi Pandemi. Namun apakah anda semua paham apa itu pandemi ? Apa perbedaannya, pengertiannya. Oke melalui kanalmu ini mari kita belajar bareng untuk hal itu.

Selain kata pandemi global anda yakin tidak akan asing dengan beberapa istilah lain seperti Epidemi, dan juga Endemi. Sebenarnya apa sih pengertian dari masing-masing kata tersebut dan kenapa harus adan endemi, epidemi dan juga pandemi, apa yang mempengaruhinya, dan semua itu akan kami coba bahas secara singkat melalui ulasan dari kanalmu kali ini.

Karena cangkupan dari masing-masing kata tersebut dan masyarakat harus tahu istilah tersebut dan jangan sampai salah penempatannya, maka pada kali ini kami kanalmu akan mengulas pengertian dari Pandemi, Endemi dan juga Epidemi ini.

Pandemi, Epidemi, Endemi: Perbedaan, Pengertian, Contoh
Pandemi, Epidemi, Endemi: Perbedaan, Pengertian, Contoh

#Pengertia Endemi, Epidemi, dan Pandemi

Istilah ini untuk yang berkecimpung didunia kesehatan tidak akan merasa asing namun bagi kita yang awam akan menjadi asing, dan istilah-istilah tersebut digunakan pada dunia Epidemiologi. Yaitu sebuah cabang ilmu pengetahuan yang mana mempelajari tentang bagaimana pola penyebaran sebuah penyakit.

Baca Juga :
  1. √ Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona dan Bedanya Dengan Flu Biasa
  2. √ Pahami Pandemi, Epidemi, Endemi: Perbedaan, Pengertian, Contoh
  3. √ Doa Agar Terhindar Dari Wabah penyakit Mengerikan Termasuk Corona
  4. √ Obat Virus Corona Sudah Ditemukan China,  Jenisnya Sudah Dipakai untuk Antimalaria

#1. Pengertian Endemi Adalah ?

Yang pertama harus tahu adalah apa itu Endemi ? Adalah suatu penyakit yang muncul dalam masyarakat yang korbanya belum terlalu banyak namun memberikan dampak yang luar biasa.

Endemi ini sendiri biasanya terjadi pada suatu kelompok masyarakat pada periode tertentu. Dan geografis dari tempat itu adalah faktor utama dari penyakit. Jadi sifat dari penyakit itu masih endemi pada wilayah itu saja. Namun penyakit tersebut bisa terjadi secara berulang-ulang.

Tidak semua penyakit menular adalah masuk ke endemi harus ada beberapa syarat yang memenuhinya dan berikut ini adalah antara lainnya:

  • Penyakit sudah lama tidak muncul
  • Penyakit baru yang belum pernah diketahui
  • Terjadi secara terus-menerus dengan korban yang meningkat
  • Kondisi lingkungan yang memicu munculnya penyakit
  • Bisa terjadi secara berulang pada periode tertentu
Pada awalanya Virus Corona Covid 19 diangap sebagai Endemi karena munculnya hanya diwuhan dan karena kebiasaan orang sana konsumsi hewan-hewan ekstrim. Sehingga awalnya termasuk endemi karena hanya ada disana saja. Contol lain adalah penyakit cacar air yang terjadi di UK. Malaria yang ada di afrika.
Pandemi, Epidemi, Endemi: Perbedaan, Pengertian, Contoh
Pandemi, Epidemi, Endemi: Perbedaan, Pengertian, Contoh

#2 Pengertian Epidemi adalah ?

Epidemi adalah penyakit menular yang menyebar ke wilayah lebih besar dan julmah korbannya lebih banyak dan terus bertambah. Seperti halnya virus corona awalnya hanya ada di wuhan namun akhirnya menyebar hampir ke selururuh wilayah china. Apalagi pada waktu tersebut vaksinnya belum ditemukan sehingga pengendalian nya susah. Pada akhirnya pemerintah china menyatakan sebagai Epidemi Covid 19.

#3 Pengertian Pandemi Adalah ?

Merupakan sebuah penyakit yang menyebar ke seluruh dunia. Dan proses penularannya sangat cepat dan susah untuk dikendalikan. Hal ini penyebarannya bisa terjadi karena penderita atau yang terinfeksi ini melakukan perjalanan dari satu negara kenegara lainnya.

Seperti halnya juga virus corona yang menyebar hampir ke 70% wilayah negara dunia. Sehingga jumlah korbannya sangat banyak dan butuh penanganan serius. Sehingga saat ini WHO atau kesehatan dunia menjadikan status virus corona adalah pandemi.

Ada penyakit lain yang pernah menjadi pandemi global selain Covid-19 yaitu HIV/AIDS , dan juga influenza terdahulu pernah menjadi pandemi global.
Pandemi, Epidemi, Endemi: Perbedaan, Pengertian, Contoh
Pandemi, Epidemi, Endemi: Perbedaan, Pengertian, Contoh

#Perbedaan Endemi, Epidemi dan Pandemi

Dari ulasan diatas sebenarnya sudah kita ketahui perbedaan dari Endemi, Epidemi dan juga Pandemi yaitu dari wilayah Cangkupannya dari wilayah paling kecil Endemi, Wilayah yang lebih besar Epidemi dan menyeluruh ke negara-negara dunia adalah Pandemi. 

Dimana sebuah penyakit yang berasal dari wilayah kecil dan mnyebar keseluruh wilayah-wilayah lain secara cepat ini penangannya akan semakin sulit. Makanya ada sebagian negara pada saat ini melakukan proses lockdown, digunakan untuk memutus mata rantai penyakit agar tidak menular lebih banyak lagi.

LockDown ini bukan mengkucilkan akan tetapi upaya memutus mata rantai penyebaran virus, dan agar penangannya bisa lebih terfokus pada tempat tersebut sehingga lebih mudah untuk ditangani. Dan penderita penyakit tersebut agar cepat sembuh dan penyakit cepat hilang.
Pandemi, Epidemi, Endemi: Perbedaan, Pengertian, Contoh
Pandemi, Epidemi, Endemi: Perbedaan, Pengertian, Contoh

#Contoh Penyakin Endemi, Epidemi Dan Pandemi

Dan Berikut ini adalah beberapa contoh penyakit dengan status penyebaran seperti endemi, epidemi dan juga pandemi, agar lebih mudah dan gampan untuk dipahami.
  • Contoh penyakit Endemi adalah Malaria, Hepatitis, Kusta, Filariasis dll
  • Contoh penyakit Epidemi yang pernah terjadi adalah Black Death, Pes Bubonik.
  • Contoh Penyakit status Pandemi Dunia seperti kolera, HIV/AIDS, influenza, Corona(Covid 19)
Demikian ulasan mengenai pengerian contoh dan perbedaan dari Endemi, Epidemi dan Pandemi, mudah-mudahan tidak salah dalam menyebutkan dan dari sini akan menambah wawasan kita tentang penyebaran penyakit ststusnya seperti apa. Jangan lupa share agar lebih banyak yang tahu dan bertambah wawasannya.

Parwito
Parwito  Seneng baca-baca di internet, tertarik dengan gadget , internet, android dan juga internet marketing

Jangan Lewatkan Ulasan Terbaru Dari Kanalmu Dengan Masukan Alamat Email:

Comments