Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Wajib Kenali Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona dan Bedanya Dengan Flu Biasa, Agar Terhindar dari Kepanikan

Kanalmu.com, Ciri Virus Corona Dan Flu Biasa - Demam Flu dan batuk menjadi salah satu ciri dari virus corona, namun masyarakat awam tidak tahu pasti seperti apakah gejala umum dari virus corona itu sendiri, karena virus corona ini adalah virus jenis baru dan masih belum jelas secara pasti gejala-gejalanya. Apakah benar terpapar virus corona atau tidaknya perlu ada penangan khusus semisal pengecekan langsung oleh tenaga medis yang sudah mnegetahuinya. 

Memang dengan melakukan tes suhu tubuh bisa menjadi rujukan awal terpapar atau tidaknya virus corona ini, akan tetapi untuk memastikan kebenarnnya wajib dilakukan serangkaian tes yang sesuai prosedur WHO. 

Namun Kepanikan dalam masyarakat saat ini bertambah, karena ketidak cukupan pengetahuannya, tentang perbedaan antara virus corona ini dengan flu biasa, dan ini yang menjadi salah satu mainset yang tertanam pada fikiran masyarakat, flu dikit corona, batuk dikit corona padahal semua itu tidak pasti apakah terpapar corona atau tidak. 

Namun Masyarakat harus tahu, Pemerintah sudah memberikan beberapa pesan ke masyarakat melalui banyak media baik media sosial , pamlet, tv, youtube, facebook dan juga website berita besar disisipkan  pengenalan awal dan ciri-ciri virus corona itu sendiri. 


ciri gejala klinis virus corona dan penjegahan
Pamplet : ciri gejala klinis virus corona dan penjegahan

#Perbedaan Paparan Virus Corona Dan Flu Biasa

Agar lebih jelasnya antara paparan virus corona dan flu biasa , supaya kita semua lebih berhati-hati dan jauh dari kepanikan berikut ciri-ciri virus corona dan flu biasa, jadi ketika anda di tempat umum jika anda terpaksa di tempat umum tidak panik ketika ada yang bersin, jaga jarak aman menjadi pilihan ternbaik.

#Ciri-ciri Paparan Virus Corona Pada Umumnya

Ciri paparan virus corona atau covid 19 ini , antara anak-anak maupun orang dewasa hampir sama saja sebagai berikut ini. 

Berikut ini gejala umum orang yang terkena paparan virus corona:

  • Deman diatas 38 Derajat - Orang yang deman dengan suhu tersebut dan terlebih dari zona merah paparan virus corona, ada kemungkinan terpapar , namun semua itu tidak cukup menerangkan bahwasanya orang tersebut terkena virus Corona, harus dilakukan pengecekan lebih lanjut.
  • Batuk Kering - Ada dua jenis batuk, batuk kering dan batuk berdahak namun yang menjadi ciri umum adalah adanya batuk kering dan gatal pada area tenggorokan.
  • Sakit kepala - ini menjadi gejala umum pada orang yang terpapar virus corona , namun rasa sakit yang dirasakan sama seperti flu biasa kadang ada kadang hilang.

#Ciri-ciri terinfeksi paparan virus corona yang wajib diketahui

Selain gejala umum 3 diatas ada beberapa gejala lainnya yang wajib anda ketahui, dan anda waspadai . Dan orang yang berada pada ciri-ciri tersebut sudah masuk kedalam tahapan yang lebih serius:

  • Gangguan Pernapasan - Menjadi ciri utama dari virus corona, karena paparan virus ini menyerang system pernapasan.
  • Sesak Napas - Menjadi ciri umum karena orang yang flu biasa sesak napas ini jarang terjadi, ketika anda atau orang sekitar anda sesak napas dan flu ada kemungkinan besar terpapar virus corona, terlebih tidak mempunyai riwayat penyakit sesak napas. Jika gejala ini sudah para sesak napas ini akan terjadi terlalu sering.

#Perbedaan terinfeksi Paparan virus corona dengan Flu Biasa

Disadur dari laman Medical News Today, orang yan mengalami gejala flu biasa biasanya 1 -4 hari. Sedangkan orang yang terpapar virus corona akan mengalami gejala dengan ciri-ciri infeksi tersebut kurang lebih 14 hari.

Dari catatan WHO , organisasi yang membawahi kesehatan dunia ada tujuh ciri ringan yang harus diwaspadai:

  • Demam
  • Batuk
  • Pusing
  • Kurang Nafsu Makan
  • Hidung Tersumbat
  • Sakit Tenggorokan
  • Sakit Kepala

#Langkah Pertama Jika Mengalami Ciri Paparan Infeksi Virus Corona

Jika dalam situasi ciri diatas anda tidak perlu kwatir atau panik, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghubungi call center virus corona milik peperintah atau rumah sakit rujukan terdekat.

Seperti hasil wawancara pada chanel youtub dedy corbuzier dengan dokter tirta , orang yamg dengan ciri tersebut akan dilakukan wawancara seputar riwayat perjalanan hingga usia.

Dan apabila orang tersebut belum masuk usia rentan prioritas (Lansia), maka akan diberikan tindakan isolasi mandiri dirumah dan akan dipantau oleh petugas berwenang .

Langkah kedua adalah mematuhi dan menjalankan istruksi dari petugas medis dengan baik dan benar agar lebih cepat pulih dan paparan virus corona hilang.

#Karantina Diri Penting Untuk Mencegah Paparan Virus Corona

Mencegah jaluh lebih baik daripada mengobati, terlebih dalam situasi saat ini , anda bisa melakukan pencegahan diri dengan beberapa tahapan seperti dibawah ini sesuai anjuran dari pemerintah:

  • Melakukan karantina mandiri dan melakuakan pekerjaan dari rumah , hindari bertemu atau tatap muka langsung dengan orang lain.
  • Melakukan Sosial Distancing atau pembatasan , hal ini untuk memotong atau mencegah paparan virus corona.
  • Menerapkan PHBS (POLA HIDUP BERSIH SEHAT), karena ini sangat penting karena bisa menghindari berbagai serangan virus, termasuk corona.
  • Jaga Kekebalan Tubuh , hal lainyang lebih penting adalah menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh karena virus corona ini menyerang sistem imun yang ada pada manusia yang lemah.
  • Selalu dengan prasangka baik dan selalu happy adalah salah satu meningkatkan daya imun tubuh.

Post a Comment for "√ Wajib Kenali Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona dan Bedanya Dengan Flu Biasa, Agar Terhindar dari Kepanikan"