Cara investasi untuk pelajar smp, sma, smk dan mahasiswa

Cara investasi untuk pelajar, mungkin terdengar tidak memungkinkan, namun demikian jangan salah, di jaman saat ini semua kalangan bisa belajar investasi meskipun mereka masih dari usia dini, dan tentunya untuk jenis platfrom harus ditentukan dengan segmentasi mereka yang masih pelajar smp, sma. smk maupun mahasiswa.

Investasi tidak harus menunggu usia tua, mahasiswa dan siswa bisa mulai berinvestasi dengan menginvestasikan uang dari awal, dan yang paling penting adalah pola pikir jangan sampai takut untuk memulai, dan juga belajar manajemen investasi.

Berinvestasi dari usia sejak dini tentu akan membuahkan hasil yang maksimal di masa depan. Dan melalui ulasan ini team kanalmu akan menjelaskan cara menginvestasikan uang untuk pelajar dan juga mahasiswa, serta platform yang tepat dapat di pilih.

Cara investasi untuk pelajar dan mahasiswa 2022

cara investasi untuk pelajar mahasiswa - kanalmu
cara investasi untuk pelajar mahasiswa – sc pixabay

Metode ini dapat dipraktekkan untuk menginvestasikan uang untuk mahasiswa dan siswa secara langsung. Adapun untuk penjabarannya secara lengkap sebagai berikut ini.

  • Tentukan tujuan investasi.
  • Pelajari alat investasi
  • Pelajari cara berinvestasi dari mana saja
  • Sisihkan uang saku
  • Pilih platform yang ramah bagi pelajar dan mahasiswa

Adapun untuk penjalasan lebih lengkapnya adalah sebagi berikut ini, harap kamu bisa mempelajari dengan baik dan bisa mengambil point-point untuk melangkah berinvestasi uang mulai dari sekarang.

Tentukan tujuan investasi

Pada awalnya, mahasiswa atau pelajar mungkin bingung menentukan tujuan investasi untuk diri mereka sendiri.

Sebenarnya, menetapkan tujuan ini mudah karena tujuannya bersifat pribadi, dan tidak harus seperti orang lain.

Tetapkan tujuan untuk apa yang Anda butuhkan di masa depan. Misalnya, anda menginginkan sepeda motor yang memudahkan untuk mobilisasi bekerja atau bersekolah. Atau untuk menempuh pendidikan lebih lanjut.

Menetapkan tujuan investasi berlaku untuk pemula atau ahli. Tujuan ini akan memotivasi anda untuk terus berinvestasi.

Pelajari instrumen investasi

Ada banyak pilihan investasi bagi investor pemula yang tidak memiliki penghasilan sendiri. Alat investasi yang tepat bagi pelajar dan mahasiswa adalah yang memiliki risiko rendah.

Atau bisa memilih sesuai dengan profil risiko anda sendiri. Pada alenia berikutnya, kami akan menjelaskan kepada Anda alat yang sesuai untuk siswa laki-laki dan perempuan.

Baca Juga :  Cara investasi saham bca dengan modal 100 ribuan auto jadi kaya

Setelah anda mengetahuinya, Anda harus mempelajari cara kerja setiap investasi. Dengan cara ini, Anda akan tahu nanti apa yang harus anda pelajari untuk mulai berinvestasi.

Pelajari cara berinvestasi dari mana saja

Cara menginvestasikan uang selanjutnya adalah anda harus mau mempelajari investasi yang tepat untuk mendapatkan keuntungan sekaligus meminimalkan risiko.

Kenapa harus seperti ini? Karena selain menguntungkan, berinvestasi juga membawa risiko bagi anda. Cara berinvestasi yang tepat adalah dengan mempelajari manfaat dan risiko sekaligus.

Sedangkan cara belajarnya, sobat kanalmu bisa membaca buku investasi, menghadiri seminar yang diselenggarakan oleh badan resmi seperti Bursa Efek Indonesia atau bergabung dengan komunitas investor di kotamu.

Sisihkan uang saku

Anda yang masih pelajar atau mahasiswa, tetap bisa melakukan cara menginvestasikan uang, meskipun mereka tidak memiliki penghasilan tetap. Untuk memulai investasi anda tidak membutuhkan modal yang besar.

Anda dapat menyisihkan uang saku yang diberikan orang tua anda setiap bulan. Setelah terkumpul, masukkan modal ke dalam wahana investasi yang dipilih.

Pastikan anda memenuhi kebutuhan sehari-hari di luar modal yang Anda tabung setiap bulannya. Jangan gunakan kebutuhan sehari-hari untuk berinvestasi.

Pilih platform yang ramah siswa dan mahasiswa

Saat ini ada banyak platform investasi yang cocok untuk dipilih mahasiswa karena persyaratan modal minimum yang tentunya sangat terjangkau.

Siswa dapat memanfaatkan kemudahan ini untuk mulai berinvestasi tanpa ragu-ragu. Modal murah ini bisa membuat mahasiswa belajar berinvestasi secara langsung.

Setelah rajin membaca buku dan menghadiri berbagai seminar, platform yang tepat akan membuat proses pembelajaran investasi lebih fokus.

Jenis investasi dan platform yang cocok untuk pelajar mahasiswa

Untuk berinvestasi anda bisa memulai dengan investasi ini, yang cocok untuk pemula. Ada jenis investasi jangka pendek, dan juga beberapa diantaranya cocok untuk jangka panjang.

Melalui ulasan ini, kami akan menjelaskan jenis-jenis investasi beserta platform, serta tentang cara menginvestasikan uang untuk pelajar dan mahasiswa.

  • investasi emas
  • Tabungan emas
  • P2P lending
  • Reksadana
  • Deposito
Baca Juga :  8 Cara berinvestasi untuk pemula agar sukses dan tidak merugi

Berinvestasi dalam saham

Cara menginvestasikan uang untuk pelajar bisa melalui gunakan instrument pasar saham. Saham adalah bentuk formal dari sekuritas yang hanya ditemukan di pasar saham. Siapapun yang memilikinya berpotensi memperoleh keuntungan dalam bentuk capital gain atau dividen.

Saham dapat berupa investasi jangka panjang dan jangka pendek. Dalam jangka panjang, Anda biasanya dapat mengharapkan hasil dalam 5 tahun lagi. Sedangkan jangka pendek disimpan paling lama satu tahun.

Adapun jenis platform yang bisa dicoba untuk berinvestasi saham mahasiswa adalah IPOT dan Ajaib yang memiliki minimal deposit Rp 100.000. Atau juga Stockbit, yang tidak memiliki setoran minimum.

Tabungan emas

Anda juga dapat memilih untuk menyimpan emas untuk menginvestasikan modal Anda. Menabung emas memudahkan Anda dalam berinvestasi emas yang harganya mencapai Rp 900.000.

Emas adalah instrumen yang sangat menguntungkan karena dari segi harga selalu stabil meski dalam waktu yang lama. Emas juga dapat dengan cepat diubah menjadi uang tunai, sehingga ideal untuk dana darurat.

Dengan tabungan emas, Anda bisa mulai berinvestasi minimal Rp 50.000 adapun jenis platform yang dapat dipilih adalah pengadaian.

Apabila sobat kanalmu rajin menabung, maka suatu saat emas yang anda inginkan akan menjadi milik anda. Juga, harga emas biasanya naik, dan keuntungan anda tentu berlipat ganda.

P2P lending

P2P lending adalah platform modern yang juga bisa Anda andalkan untuk monetisasi. Dalam pinjaman P2P, Anda dapat mengarahkan uang ke usaha kecil yang ingin anda bangun bisnisnya.

Dengan cara ini, Anda akan membantu pengembangan usaha kecil dan menengah yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Platform P2P lending yang bisa dapat anda pilih untuk pembiayaan UMKM salah satunya adalah modalrakyat. Di sini Anda dapat menyalurkan modal dasar mulai Rp25.000.

Reksa dana

Reksa dana adalah kendaraan investasi yang ramah bagi siswa dan mahasiswa. Bentuk investasinya adalah modal yang Anda miliki akan diarahkan ke berbagai bentuk surat berharga di pasar modal seperti saham dan obligasi dan di pasar uang seperti deposito.

Baca Juga :  Rekomendasi 9 aplikasi pulsa jadi uang, cair mudah, cepat dan aman

Reksa dana cocok untuk investor pemula seperti pelajar karena prosesnya dilakukan oleh seorang manajer investasi yang profesional.

Manajer investasi yang mentransfer modal Anda ke beberapa sekuritas gabungan investasi yang dianggap menguntungkan. Jadi sobar kanalmu tidak harus selalu memantau pergerakan pasar modal.

Platform reksa dana yang dapat dijadikan pilihan tepat diantaranya adalah bibit dan ajaib dimana platfrom ini bermodalkan minim Rp 100.000.

Deposito

Deposito berjangka adalah alat yang paling tidak berisiko. Hal ini mudah dilakukan karena rata-rata bank di Indonesia memiliki produk simpanan.

Pilih saja bank dengan setoran deposit terbaik, lalu simpan uang sesuai ketentuan limit dengan jangka waktu pilihan Anda.

Deposito menawarkan pengembalian 4% hingga 5% per tahun. Namun, jangan lupa bahwa ada pajak yang harus dibayar saat mengambil uang pada saat jatuh tempo.

Untuk pilihan bank terbaik, pilih saja bank yang tidak jauh dari rumah Anda. Pastikan bank tersebut memiliki reputasi yang baik atau tidak memiliki masalah seperti kehilangan uang nasabah.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan kanalmu terkait dengan cara investasi untuk pelajar. Memulai berinvestasi dari sekarang tidak hanya dilakukan oleh orang kaya. Karena seornag pelajar dan mahasiswa yang tidak memiliki penghasilan tetap diperbolehkan melakukannya.

Anda hanya perlu memilih alat yang tepat dan mempelajarinya sampai Anda memahaminya. Berinvestasi sejak dini bisa menjadi langkah awal untuk meraih hasil yang luar biasa di masa depan. Jangan ragu untuk menjadi yang termuda di dunia investasi. Keberanian Anda akan membawa Anda ke tempat yang tinggi.