14 Jenis Pembayaran Digital dan Manfaatnya Buat Bisnis

Konsultan Keuangan

Pembayaran digital atau pembayaran online paling sering digunakan karena kemudahan dan manfaatnya. Jenis pembayaran digital ada bermacam-macam dan dapat digunakan dalam transaksi online di e-commerce.

Pembayaran digital atau digital payment merupakan platform berbasis teknologi digital yang menjembatani proses transaksi keuangan secara non-tunai, baik itu ke merchant offline maupun online.

Metode pembayaran online mengalami popularitas yang sangat tinggi dalam bisnis e-commerce. Berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi yang disediakan oleh metode pembayaran online membuat jenis metode pembayaran ini sangat diminati oleh masyarakat.

Pembayaran Digital
Pembayaran Digital

Digital payment cara pembayarannya menggunakan media berteknologi seperti SMS, Mobile Banking, Internet Banking, Digital Wallet, dan sebagainya. Seluruh kegiatan ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat elektronik yang bernama ponsel pintar.

Zaman sekarang sudah banyak orang meninggalkan transaksi tunai dan beralih ke transaksi non-tunai atau cashless. Transaksi cashless menggunakan uang elektronik dan dompet elektronik 2023 mencapai Rp160,47 triliun dengan 40,05 juta penggunanya menggunakan dompet digital atau e-wallet di 28,38 juta merchant. Hal ini menjadikan cashless sebagai pembayaran populer di Indonesia.

Pembayaran secara cashless sebagai akibat dari digitalisasi yang turut mengubah dan mempengaruhi cara ma]syarakat menjalani kehidupan sehari-hari. Masyarakat beralih dari cara konvensional menuju cara digital.

Generasi cashless tidak hanya menyasar anak muda, melainkan segala generasi asalkan memiliki smartphone dan aktif dalam dunia digital seperti media sosial, belanja online, dll. Banyak sekali platform pembayaran dengan segala fiturnya serta tawaran-tawaran menarik di baliknya.

Jenis-jenis pembayaran digital berikut dapat menjadi pilihan dalam pembayaran di merchant-merchant atau platform e-commerce.

Jenis Pembayaran Digital

  1. QRIS dan E-wallet

QRIS hadir dan dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama Bank Indonesia agar proses transaksi yang dilakukan mudah dan cepat. Bagi customer keberadaan QRIS memungkinkan mereka melakukan pembayaran dengan aplikasi apapun dengan QR yang sama.

Pembayaran melalui QRIS menggunakan dompet digital atau e-wallet. Metode pembayaran ini merupakan pembayaran cashless di merchant-merchant bertanda QRIS.

E-wallet atau dompet digital yang populer digunakan oleh masyarakat sebagai alat pembayaran cashless seperti OVO, DANA, Gopay, ShopeePay, SpeedCash, dll dengan penggunaan yang mudah. Syaratnya mudah, cukup tersedia saldo yang didepositkan di akun e-wallet yang kamu miliki.

Selain dompet digital versi fintech, banyak sekali bank yang telah meluncurkan dompet digital versi mereka sendiri.

Pelaku bisnis online dapat melengkapi metode pembayaran QRIS dan e-wallet melalui payment gateway Winpay untuk kemudahan pelanggan dalam memilih pembayaran yang disukai.

  1. Mobile Banking

Bank-bank besar yang ada di Indonesia, baik bank pemerintah dan swasta umumnya memiliki fasilitas mobile banking yang dapat diunduh melalui smartphone. Aplikasi ini berguna untuk melakukan kegiatan-kegiatan finansial yang salah satunya adalah transfer dana dan pembayaran secara digital.

Bank-bank besar banyak yang merilis bank digital alias bank tanpa kantor fisik yang merupakan turunan dari bank konvensional, dimana semua layanan dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking yang diberikan.

Baca Juga :  Cara main saham di HP modal kecil profit jutaan

Bahkan dalam aplikasi mobile bankingnya menyediakan fitur tarik tunai tanpa kartu dimesin-mesin ATM nya hanya melalui smartphone nasabahnya. Contohnya: Livin’ by Mandiri, blu (BCA Digital), Jago dari Bank Jago (GoTo Financial), Allo Bank, dll.

  1. Virtual account

Virtual account adalah akun rekening bank virtual yang digunakan untuk identifikasi dan menerima pembayaran yang berbeda dengan rekening biasa. Virtual account berupa nomor ID pelanggan (customer ID) yang unik dengan memasukkan kode angka virtual account akun bank pembeli, sehingga dapat memunculkan detail pembayaran yang harus dilakukan.

Metode pembayaran virtual account sangat mudah karena pembeli tidak perlu memasukan nominal harga secara detail dan menentukan penerima dana. Contoh penggunaan virtual account bank sebagai pilihan pembayaran seperti: marketplace Tokopedia, tiket bus redBus, Traveloka, Shopee, dll. Virtual account juga digunakan untuk melakukan deposit pada aplikasi PPOB.

Bagi pemilik bisnis online, untuk melengkapi metode pembayaran virtual account dapat melalui payment gateway Winpay yang menyediakan VA bank-bank seperti BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, BSI, Bank Muamalat, Bank Sinarmas, CIMB Niaga, Permata Bank, Maybank.

  1. E-money

E-money atau uang elektronik berbeda dengan e-wallet. E-money adalah yang yang disimpan dalam suatu media elektronik berbasis chip berupa kartu, bukan sebagai simpanan seperti tabungan di bank, hanya sebagai alat pembayaran. E-money dapat digunakan offline, tidak membutuhkan koneksi internet, digunakan dengan cara digesek atau disentuh/tapping.

E-money secara fungsi bisa digunakan untuk membayar tiket transportasi seperti bus TransJakarta, KRL Commuter Line, MRT, bayar tol, bayar parkir, tempat hiburan, atau belanja di toko minimarket.

E-money harus diisi saldo atau top up agar dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Top up saldo e-money dapat dilakukan melalui ATM bank penerbit, mobile banking atau agen-agen PPOB

E-money diterbitkan oleh bank dan perusahaan teknologi finansial (fintech). Jenis kartu e-money yang banyak beredar dan digunakan sebagai alat pembayaran seperti: E-Toll Mandiri, e-mOney Mandiri, BRIZZI (BRI), BCA Flazz, BNI TapCash, Indomaret Card, dan Pertamina GazCard.

  1. Paylater

Paylater adalah fasilitas keuangan yang memungkinkan pelanggan untuk membeli barang atau jasa dengan metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit. Istilah ini muncul juga karena salah satu jasa dengan nama sama yang memungkinkan pengguna membeli sesuai dengan skema cicilan tanpa kartu kredit tersebut.

Paylater biasanya diberlakukan untuk transaksi dalam hal traveling, makanan, dan produk konsumsi harian lainnya. Paylater sudah digunakan di banyak marketplace e-commerce seperti Tokopedia, Shopee; online travel agent (OTA) seperti Traveloka.

  1. Internet banking

Internet banking atau e-banking bisa dibilang sudah ada ketika internet banyak digunakan di Indonesia dan bank-bank memulai layanan online melalui situs web bank. E-banking memerlukan koneksi internet agar bisa terhubung dengan jaringan bank dengan fitur dan fasilitas yang cukup beragam seperti transfer, pembelian dan pembayaran, dll.

Baca Juga :  Rekomendasi 11 aplikasi penghasil saldo dana tercepat 2022

Jika ingin mengaktifkan layanan internet banking kamu harus pergi ke bank dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku, buku tabungan, kartu ATM, serta memiliki alamat email aktif. Jika semua prosesnya selesai, kamu bisa melakukan pembayaran digital dengan internet banking. Internet banking menggunakan sebuah token untuk melakukan transaksi finansial demi keamanan.

  1. Transfer bank

Transfer bank sudah umum digunakan oleh masyarakat karena mudah diaplikasikan oleh banyak orang. Transfer bank adalah kegiatan memindahkan uang di rekening bank ke rekening bank lain. Proses transfer bisa dari sesama bank atau ke bank yang berbeda.

Transfer bank online dilakukan melalui ATM, teller bank, hingga munculnya SMS banking dan teknologi smartphone yang memunculkan aplikasi mobile banking, internet banking dan SMS banking.

Transfer bank baik sesama atau beda bank masih dilakukan oleh nasabah dalam transaksi keuangan. Transfer bank antar pengguna atau bank yang sama adalah gratis tanpa biaya. Transfer yang berbeda bank akan dikenakan biaya admin mulai Rp2.500,00 (BI-Fast) hingga Rp7.500,00.

Jenis Pembayaran Digital dan Manfaatnya Buat Bisnis
Jenis Pembayaran Digital dan Manfaatnya Buat Bisnis
  1. Kartu kredit

Kartu kredit sebagai alat pembayaran memudahkan nasabah untuk belanja dengan metode cicilan tanpa proses yang berbelit-belit, dan bisa digunakan bertransaksi dengan aman untuk belanja di dalam dan luar negeri.

Kartu kredit dibekali teknologi pelindung yang dapat menghalau kecurangan atau fraud. Proteksi seperti Fraud Guard atau On Us Routing membuatnya bisa digunakan bertransaksi dengan aman, baik untuk belanja di luar atau dalam negeri. Kartu kredit

Kartu kredit di Indonesia dikeluarkan oleh lembaga penerbit bekerjasama dengan bank, seperti Visa, MasterCard, JCB (Japan Credit Bureau), dan American Express.

Visa dan Mastercard merupakan salah satu merek kartu kredit dan kartu debit paling populer di dunia. Biasanya logo Visa dan MasterCard ini menempel pada kartu debit maupun kartu kredit yang ada di Indonesia. preferensi penggunaan keduanya dapat berbeda di berbagai negara. Misalnya, di negara-negara Asia, kartu Visa cenderung lebih banyak dipilih, sementara di Eropa dan Amerika, Mastercard lebih umum digunakan.

Jumlah penggunaan kartu kredit di Indonesia pada 2023 tercatat 17,91 jumlah kartu dengan volume transaksi kartu kredit 219 juta dan nilai transaksi mencapai 226 triliun.

  1. Kartu debit

Alat pembayaran yang dikeluarkan oleh bank berbentuk kartu, biasanya berupa kartu ATM yang dapat digunakan untuk tarik tunai di mesin ATM sekaligus sebagai kartu untuk keperluan belanja di merchant-merchant secara offline yang terhubung langsung pada rekening pengguna.

Mekanisme umum penggunaan kartu debit adalah dengan digesek pada mesin EDC, lalu saldo yang terdapat di bank akan dipotong secara otomatis.

Jumlah kartu debit/kartu ATM di Indonesia mencapai 232,11 juta unit di tahun 2023 ini dengan jumlah volume transaksi kartu ATM dan debit mencapai 551,26 juta transaksi.

Visa dan Mastercard merupakan salah satu merek kartu debit populer di Indonesia yang menempel pada kartu debit atau ATM bank.

  1. SMS banking
Baca Juga :  Manfaat Payment Gateway untuk Bisnis

SMS banking juga adalah layanan transaksi finansial lain berbentuk teks yang ditawarkan oleh pihak bank menggunakan nomor ponsel. Layanan SMS banking ini bisa menggunakan sejumlah fitur, seperti informasi saldo, tagihan kartu kredit, mutasi rekening, suku bunga, dan lain sebagainya.

Kegunaan SMS Banking juga memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi, mulai dari transfer uang, pembayaran air, asuransi, internet, pajak, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menggunakannya kapanpun dan dimanapun selama memiliki pulsa yang cukup.

Agar nomor ponselmu dapat dijadikan alat transaksi, maka kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu di bank tempat kamu menabung. Jika sudah, maka kamu dapat melakukan banyak pembayaran melalui SMS banking dengan gadgetmu menggunakan UMB (USSD Menu Browser).

  1. Payment gateway

Payment gateway adalah sistem pembayaran yang menghubungkan pelaku bisnis dengan berbagai metode pembayaran online seperti virtual account bank, QRIS, e-wallet, kartu kredit, dan lainnya. Metode pembayaran ini mengelola seluruh tahapan proses pembayaran, mulai dari otentikasi, pengolahan transaksi, dan proses keamanan transaksi.

Payment gateway terintegrasi langsung dengan prosesor pembayaran, seperti bank atau lembaga penerbit keuangan lainnya, yang memungkinkan transaksi pembayaran bisa dikirimkan dengan cepat, aman, dan terpercaya.

Contoh payment gateway untuk bisnis online adalah Winpay.

Kelebihan payment gateway Winpay adalah mudah diintegrasikan menggunakan API, payment link, halaman checkout dengan lebih dari 25 metode pembayaran siap digunakan pelaku bisnis individu atau berbadan usaha.

  1. Paypal

PayPal adalah layanan keuangan online yang memungkinkan kamu melakukan transaksi jual beli online dengan menggunakan akun. Di dalam akun ini nantinya bisa ditambahkan rekening bank, kartu kredit atau kartu debit untuk pengisian saldo dan melakukan pembayaran.

PayPal adalah metode pembayaran yang sering digunakan untuk transaksi jual beli di e-commerce global. PayPal juga sering digunakan untuk terima gaji dari klien di luar negeri. Kelebihan PayPal adalah memiliki jaringan kuat di seluruh dunia. Biaya admin PayPal juga cukup murah, sekitar 30 sen Dollar AS ditambah 3% dari total transaksi.

  1. Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang tidak memiliki bentuk fisik dan hanya dapat digunakan untuk transaksi digital saja. Cryptocurrency di Indonesia telah dilegalkan sebagai bentuk simpanan atau diperjualbelikan sebagai aset. Tetapi, cryptocurrency di Indonesia tidak bisa dijadikan sebagai alat pembayaran yang sah.

Cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum juga menjadi metode pembayaran online yang semakin populer. Dunia game dan bisnis digital mulai menerima pembayaran dalam bentuk cryptocurrency.

Dari 14 jenis pembayaran digital di atas, beberapa diantaranya dapat digunakan sebagai metode pembayaran dalam bisnis online, seperti virtual account, QRIS, e-wallet, kartu kredit yang tersedia melalui payment gateway.

Winpay adalah adalah payment gateway Indonesia yang memfasilitasi transaksi pembayaran online antara merchant dan pelanggannya dengan solusi pembayaran yang handal, mudah, lengkap dengan biaya yang murah.

Artikel Terkait :