Payment Gateway Solusi Pembayaran Bisnis

Payment gateway menjadi kunci krusial dalam percepatan pertumbuhan digital dan transaksi pembayaran di Indonesia.

Dari tahun ke tahun, pertumbuhan digital ekonomi Indonesia berkembang pesat. Orang Indonesia sangat gemar melakukan belanja online. Hal ini ditandai dengan terus bertambahnya nilai transaksi e-commerce dari 2018-2023.

Payment Gateway Solusi Pembayaran Bisnis

Nilai transaksi e-commerce 2018 mencapai Rp106 triliun, 2019 Rp206 triliun, 2020 mencapai Rp266 triliun, 2021 Rp401 triliun, tahun 2022 mencapai Rp476 triliun dan tahun 2023 berjalan Rp474 triliun. Payment gateway memainkan peran kunci dalam transaksi pembayaran.

Apa Itu Payment Gateway?

Payment gateway adalah sistem berbasis financial technology yang menjembatani antara penjual dan pembeli dalam transaksi pembayaran, sehingga segala pembayaran online maupun offline melalui internet dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien kapanpun dimanapun.

Pembayaran adalah fungsi penting dalam setiap bisnis online, baik itu e-commerce, marketplace, PPOB, dan banyak bisnis berbasis online yang menggunakan website atau aplikasi. Winpay hadir untuk memudahkan pembayaran dalam usaha Anda.

Winpay adalah adalah payment gateway yang memfasilitasi transaksi pembayaran online antara pemilik bisnis atau merchant dan pelanggannya dengan solusi pembayaran yang handal, mudah, lengkap dengan biaya yang murah.

Dalam kaitan dengan bisnis, payment gateway akan memvalidasi informasi pembayaran yang diberikan oleh pelanggan dari merchant, mengirimkan permintaan pembayaran ke lembaga keuangan yang bersangkutan, lalu mengirimkan notifikasi kepada pelanggan tentang status keberhasilan transaksi.

Macam-macam Metode Pembayaran di Payment Gateway

Winpay sebagai payment gateway dan payment aggregator, mempunyai banyak metode pembayaran sesuai kebutuhan bisnis Anda. Lebih dari 25 jenis metode pembayaran ada di Winpay.

1. Virtual Account
Metode pembayaran paling mudah yang berbeda dari rekening biasa. Virtual account bank dari Winpay dapat teridentifikasi secara otomatis untuk setiap pelanggan yang berbeda.

Baca Juga :  11 Contoh Bisnis Online Untuk Pemula Yang Mudah Dijalankan

Virtual account (VA) adalah akun rekening virtual atau rekening bank tidak nyata yang terdiri dari beberapa jumlah nomor ID pelanggan yang dibuat oleh bank yang dipilih sesuai permintaan corporate, penjual, maupun institusi financial technology dan dapat digunakan untuk melakukan pembayaran.

Ada dua virtual account yang dapat digunakan, Fixed Virtual Account (Static) yang dapat digunakan secara berulang untuk melakukan transaksi tanpa harus memasukkan nomor ID. Nomor virtual account ini tidak akan berubah. Jenis VA yang lain adalah Non-fixed Virtual Account (Dynamic), berupa nomor ID unik yang mempunyai masa berlaku.

2. QRIS dan E-Wallet
Metode pembayaran menggunakan QRIS memudahkan pelanggan Anda untuk melakukan transaksi pembayaran secara cashless melalui QRIS dengan menggunakan e-Wallet seperti Gopay, OVO, DANA, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, perbankan, dll.

Cukup melakukan scan code QRIS dari merchant, pembayaran dengan cepat, aman, dan efisian. QRIS dan e-wallet menjadi metode pembayaran cashless yang banyak digunakan di Indonesia dengan total nilai transaksi mencapai Rp160,47 triliun di tahun 2023.

3. Kartu Kredit/Debit
Kartu kredit/debit masih banyak digunakan di Indonesia sebagai alat pembayaran, ndengan total nilai transaksi 2023 mencapai Rp33,76 triliun dengan jumlah 17,59 juta kartu beredar. Jaringan kartu kredit yang diterima di Indonesia berlogo Visa, MasterCard, American Express, JCB.

4. Modern Retail (Minimarket)
Pembayaran tunai atau dengan kartu dapat dilakukan di lebih dari 43 ribu gerai minimarket modern seperti Indomaret, Alfamart Group (Alfamidi, LAWSON, Dan+Dan) di seluruh Indonesia.

Pembayaran menggunakan jaringan minimarket ini bisa untuk mengakomodir masyarakat yang belum memiliki rekening bank yang ternyata masih banyak.

5. Payment Link
Transaksi payment link menggunakan tautan pembayaran yang dikirimkan oleh merchant kepada pelanggan, berisi detil transaksi dan pilihan pembayaran yang dapat digunakan, seperti virtual account, QRIS, e-wallet, hingga modern retail.

Baca Juga :  Daftar kode saham sektor properti dan real estate untuk main saham dengan profit terbaik

Payment link dapat diakses dengan mudah melalui pesan teks seperti WhatsApp, Telegram, SMS, email, atau platform media sosial lainnya sesuai dengan kebutuhan dan permintaan.

6. Checkout Page
Fitur checkout page atau halaman pembayaran yang disediakan oleh payment gateway untuk merchant yang tidak mempunyai kemampuan teknis seperti tim developer atau programmer. Checkout page sudah terintegrasi metode pembayaran yang ada di payment gateway.

Bisnis online yang beragam jenisnya dapat memanfaatkan payment gateway untuk melengkapi metode pembayaran sesuai pelanggan dengan cara mudah, efisien, dan aman.

Dengan kemudahan integrasi, keamanan yang tinggi, serta layanan support yang baik, Winpay adalah partner yang tepat untuk kebutuhan payment gateway bisnis online Anda.