Bisnis Apa Saja yang Membutuhkan Payment Gateway

Konsultan Keuangan

Bisnis online berkembang seiring dengan pertumbuhan teknologi, baik smartphone, pembayaran, hingga teknologi finansial. Bisnis-bisnis online membutuhkan payment gateway agar dapat lebih maju.

Perdagangan online atau e-commerce di Indonesia telah tumbuh pesat dengan berbagai jenis bisnis online yang semakin mudah dijalankan bagi semua orang. Bila sudah berkecimpung di dunia bisnis online, kebutuhan akan payment gateway untuk pembayaran harus dimiliki.

Bisnis Apa Saja yang Membutuhkan Payment Gateway

Salah satu tips bisnis secara online adalah menggunakan payment gateway yang merupakan layanan yang dirancang khusus bagi para pebisnis untuk memudahkan transaksi pembayaran secara online. Selain bermanfaat bagi pebisnis, payment gateway juga memudahkan pelanggan untuk membayar dengan tersedianya berbagai jenis pembayaran yang dapat dipilih sesuai keinginan mereka.

Apa Saja Bisnis yang Membutuhkan Payment Gateway?

Berikut ini beberapa bisnis yang biasanya membutuhkan payment gateway dalam dalam transaksi pembayaran.

  1. Toko Online

Pernahkah berpikir untuk membuka toko online sendiri? Membuka toko online lebih mudah daripada toko offline, dimana toko online tidak membutuhkan tempat fisik serta fleksibel dalam pengelolaannya, kapanpun dimanapun selama terhubung dengan jaringan internet.

Toko online yang hanya dimiliki satu perusahaan atau perseorangan dan hanya menjual produknya sendiri dapat menggunakan channel distribusi (e-commerce) berupa website dengan berbagai katalog produk yang ditawarkan, bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dll; atau menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp, Telegram, Messenger, SMS, dll.

Bila toko online sebelumnya menggunakan pembayaran transfer dengan keterbatasan rekening yang dimiliki, kini dapat memanfaatkan layanan payment gateway dalam melengkapi metode pembayaran beragam seperti melalui virtual account banyak bank, e-wallet, QRIS, bahkan pelanggan dapat melakukan pembayaran belanja online melalui jaringan minimarket Indomaret dan Alfamart Group.

Toko online baik yang menggunakan website, media sosial, hingga aplikasi chat tanpa tim teknis, dapat juga menggunakan metode pembayaran payment link atau link pembayaran dan checkout page atau halaman pembayaran dengan metode pembayaran beragam karena mudah digunakan tanpa integrasi teknis.

Jenis toko online yang bisa pakai payment gateway yaitu jualan: baju/clothing/apparel, mainan, alat tulis dan kebutuhan kantor, smartphone dan gadget, komputer/laptop, dll.

Winpay payment gateway menyediakan payment link, halaman checkout tanpa perlu integrasi teknik yang rumit. Metode pembayaran ini cocok bagi bisnis online dengan beragam pembayaran.

  1. Bisnis PPOB dan Server Pulsa
Baca Juga :  Payment Gateway Solusi Pembayaran Bisnis

Bisnis PPOB dan jenis server pulsa yang melayani pembayaran tagihan bagi pelanggan semakin banyak, baik melalui aplikasi atau website.

Bisnis PPOB dan server pulsa membutuhkan payment gateway untuk kebutuhan deposit mitra/agen yang bisa dilayani menggunakan virtual account bank, atau e-wallet dan QRIS dari payment gateway bila menggunakan metode open payment.

Manfaat payment gateway untuk bisnis PPOB dan server pulsa untuk memudahkan proses transaksi bagi mitra/pelanggan dengan aman, efisien.

Winpay menyediakan banyak virtual account yang dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis PPOB dan server pulsa seperti manfaat di atas.

  1. Marketplace

Marketplace adalah platform di mana penjual berkumpul dan bisa menjual barang atau jasa ke pelanggan meski tanpa bertemu secara fisik.

Plaform dalam marketplace adalah bisa berbentuk website maupun aplikasi. Semua operasional marketplace, termasuk pengelolaan wabsite hingga metode pembayaran difasilitasi oleh perusahaan penyedia marketplace.

Di sini peran payment gateway dalam menyediakan metode pembayaran bagi marketplace untuk kemudahan pelanggan melakukan transaksi pembayaran dengan aman, efisien, dan cepat.

Bila kamu ingin membangun sebuah marketplace atau memiliki marketplace dapat melengkapi metode pembayaran beragam melalui Winpay payment gateway. Winpay menyediakan metode pembayaran virtual bank, e-wallet, QRIS, hingga pembayaran tunai offline melalui modern retail seperti Indomaret dan Alfamart.

  1. Bisnis Tiket Perjalanan

Bisnis tiket perjalanan atau transportasi semakin pesat setelah pandemi berak/.hir. Kemudahan masyarakat dalam bepergian menjadi faktor utama kebutuhan tiket meningkat. Penggunaan transportasi publik semakin disukai, seperti bus AKAP, shuttle travel, hingga tiket pesawat, kereta api, dan kapal laut.

Bisnis tiket perjalanan atau online travel agent (OTA) yang menggunakan website dan aplikasi sangat membutuhkan payment gateway untuk pembayaran pelanggan. Dengan metode pembayaran yang beragam akan membuat pilihan pembayaran pelanggan semakin mudah sesuai yang mereka inginkan.

Bisnis tiket perjalanan dapat menggunakan Winpay payment gateway untuk melengkapi metode pembayaran, seperti virtual bank, e-wallet, QRIS, hingga pembayaran tunai offline melalui modern retail seperti Indomaret dan Alfamart.

  1. Bisnis Travel Wisata
Baca Juga :  13 Rekomendasi aplikasi penghasil uang 2022 yang terbukti membayar

Bisnis wisata ini identik dengan bisnis tiket perjalanan. Bahkan dapat dijadikan satu paket yang meliputi tiket perjalanan hingga wisata.

Bisnis wisata sendiri mengalami peningkatan yang sangat pesat dengan dukungan dari Kemenparekraf dalam meningkatkan sektor industri wisata, juga kemudahan dalam perjalanan menggunakan transportasi publik.

Bisnis travel wisata secara online yang memanfaatkan website, aplikasi bahkan media sosial dalam memasarkan produknya juga membutuhkan payment gateway untuk pembayaran pelanggan. Dengan metode pembayaran yang beragam akan membuat pilihan pembayaran pelanggan semakin mudah sesuai yang mereka inginkan.

Bahkan untuk rintisan atau startup bisnis wisata, dapat memanfaatkan payment gateway berupa payment link untuk pembayaran pelaku wisata dengan metode pembayaran beragam dengan mudah, aman, dan cepat.

  1. UKM dan UMKM

Geliat UKM dan UMKM untuk produk-produk lokal semakin mendunia setelah transformasi digital UKM dan UMKM. Produk lokal tidak kalah dengan produk luar yang membanjiri pasar Indonesia.

Dengan 19 juta pelaku UMKM yang sudah digital di tahun 2023 ini, masih lebih kecil dibandingkan lebih dari 65 juta UMKM yang belum masuk ke ekosistem digital. Secara kontribusi ekonomi, pada 2023, ekonomi digital menyumbang 5,7 persen pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia. Sementara kontribusi UMKM yang mayoritas merajai pasar online mampu menghasilkan 61 persen PDB setara Rp 8.573 triliun.

UKM dan UMKM goes digital, sebuah langkah produk lokal menjadi dikenal secara online memanfaatkan channel-channel digital, seperti media sosial, website, marketplace atau e-commerce. Menjadi sebuah peluang besar bagi UMKM dengan memasarkan produknya secara digital agar menjaring lebih banyak pelanggan dan pemasaran.

Teknologi pembayaran berupa payment gateway turut membantu UMKM digital dalam memberikan layanan pembayaran yang beragam, sehingga pelanggan dapat mudah bertransaksi menggunakan alat pembayaran yang mereka sukai.

  1. Bisnis Jasa Online

Ada banyak jasa online dengan menggunakan media aplikasi, website, atau marketplace khusus jasa. Jasa online, tanpa disadari bisa menghadirkan peluang usaha baru bagi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi finansial.

Jasa online membutuhkan spesifikasi skill yang sesuai kebutuhan pasar yang dapat menjadi lahan bisnis. Peluang bisnis jasa online yang dapat dijalankan seperti: jasa admin online, jasa bengkel online, desain grafis, dropship atau reseller, kursus online, jasa pembuatan website, penulis freelance, jasa penerjemah, fotografer online, influencer, podcaster, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  11 Sektor saham Bursa Efek Indonesia ( BEI - IDX ) untuk trading online

Jasa online bisa dibilang hemat biaya, efisien, fleksibel, pasar yang luas, harga mudah dijangkau. Dan pastinya membutuhkan payment gateway yang menyediakan metode pembayaran beragam bagi pengguna jasa online. Winpay payment gateway bisa membantu menyedikan metode pembayaran bagi bisnis jasa online yang ada untuk kemudahan pelanggan dalam membayar.

  1. Bisnis Jastip atau Jasa Titip

Jastip atau jasa titip bisa dikategorikan sebagai layanan jasa yang bertujuan membantu orang-orang membeli produk di luar jangkauannya. Sekilas, jastip tampak seperti impor. Namun, cara kerja jastip lebih sederhana, karena penyedia jasa tidak perlu melewatkan barangnya ke pabean.

Jastip bisa dikategorikan pembelian secara pre-order dimana pelaku jasa titip memberikan penawaran atas jenis barang-barang yang dilayani. Tentunya dari segi harga masih masuk akal, dan juga tidak dikenakan bea masuk ketika masuk ke Indonesia bila pembelian barang dari luar negeri.

Layanan jastip dapat menggunakan payment gateway untuk menambah metode pembayaran yang beragam, salah satunya menggunakan QRIS, e-wallet, atau virtual account yang mudah dalam hal integrasi ke website atau aplikasi jastip. Namun, ada juga layanan payment gateway yang tidak memerlukan integrasi menggunakan payment link atau link pembayaran yang dapat dibagikan melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp, Telegram, atau Messenger.

  1. Bisnis Dropship

Bisnis dropship pada dasarnya pelaku bisnis ini tidak punya barang sendiri, tapi mengambil dari supplier dengan bekerjasama dalam memasarkan produk.

Dari selisih harga, kamu bisa memperoleh keuntungan yang ada pada supplier. Bisnis dropship atau reseller ini dapat memanfaatkan website atau media sosial dalam pemasaran atau menjual. Untuk melengkapi metode pembayaran dapat menggunakan layanan payment gateway agar pembayaran dari pelanggan/pembeli lebih mudah sesuai pilihan mereka.

Winpay adalah payment gateway mempunyai banyak metode pembayaran untuk berbagai jenis bisnis online. Manfaat menggunakan payment gateway Winpay dalam bisnis online dapat mempercepat ekspansi bisnis, lebih aman dan efisien, hinga mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran. Sehingga, keuntungan maksimal dapat dicapai pemilik bisnis online.

Artikel Terkait :