Manfaat Payment Gateway untuk Bisnis

Konsultan Keuangan

Manfaat payment gateway untuk segala bisnis online membantu kemudahan bagi pelanggan. Payment gateway dapat menjadi solusi bisnis menjadi lebih maju, dan tentu saja meningkatkan revenue.

Manfaat Payment Gateway untuk Bisnis

Layanan berbasis online dengan segala jenis bisnis yang ada, seperti marketplace, e-commerce, online travel agent atau tiket online, hotel, online shop, dll, membutuhkan banyak metode pembayaran yang dapat dipilih oleh pelanggan.

Karena berhubungan dengan pelanggan, payment gateway tidak dapat dianggap sebelah mata dalam layanan bisnis berbasis online. Kemudahan pelanggan dalam melakukan pembayaran dengan pilihan yang beragam menjadi kebutuhan utama dan dapat memberikan pengalaman atau experience bagi pelanggan.

Dalam bisnis online, metode pembayaran yang beragam sudah menjadi kewajiban untuk dimiliki. Ada banyak manfaat payment gateway bagi merchant dan juga pelanggan yang dapat menjadi solusi bagi merchant.

Manfaat Payment Gateway

  1. Tersedia beragam pilihan pembayaran

Manfaat payment gateway bagi pelanggan adalah tersedianya berbagai metode pembayaran, seperti virtual account, e-wallet, QRIS, kartu kredit/debit, gerai minimarket, payment link, checkout page, dll.

Masing-masing jenis pembayaran di atas mempunyai cara kerja yang semuanya untuk kemudahan pelanggan.

  1. Merchant tidak perlu punya banyak rekening

Dengan memanfaatkan payment gateway, merchant tidak perlu memiliki banyak rekening di bank untuk mengakomodir kebutuhan pembeli. Hanya satu rekening saja dan integrasi ke layanan payment gateway, merchant dapat menerima dana dari pelanggan yang memiliki jenis rekening bank yang berbeda dan juga sumber dananya, seperti e-wallet, uang elektronik, kartu kredit, dll.

  1. Metode pembayaran cashless

Sejak tren belanja online meningkat dari tahun ke tahuan dalam gaya hidup masyarakat, pembayaran dengan cara cashless sudah menjadi kebutuhan dalam bisnis online. Alat pembayaran digital berupa uang elektronik, dompet elektronik, dan pembayaran menggunakan QRIS menjadi favorit masyarakat.

Baca Juga :  Review Gratisoe TV Mod Apk Unlock All Channel Terbaru 2022

Dengan jumlah pengguna dompet digital/e-wallet mencapai lebih dari 40,05 juta dan jumlah merchant yang terus bertambah mencapai 28,38 juta, transaksi ekonomi dan keuangan digital turut didukung oleh sistem pembayaran yang aman, lancar, dan andal.

Metode pembayaran cashless yang sering digunakan seperti virtual account, QRIS, e-wallet, dan kartu kredit, semuanya tersedia di Winpay.

  1. Meningkatkan penjualan

Payment gateway dapat membuat bisnis dapat semakin berkembang dengan adanya jenis pembayaran yang mudah dan beragam. Ketika pelanggan dapat membayar dengan metode pembayaran yang mereka sukai, mudah, dan efisien, mereka akan terus bertransaksi ditempat Anda. Sehingga, dapat meningkatkan penjualan dan revenue bisnis Anda.

  1. Hemat biaya

Payment gateway membantu bisnis Anda dalam menekan pengeluaran dengan biaya transaksi yang rendah sehingga dapat menghemat setiap transaksi yang dilakukan di merchant Anda. Dalam payment gateway Winpay tidak memiliki biaya tambahan dan biaya bulanan, merchant hanya dikenakan biaya atas transaksi yang berhasil dilakukan oleh pelanggan Anda.

Dengan menggunakan payment gateway Winpay, bisnis Anda memangkas waktu dan biaya operasional.

  1. Keamanan transaksi tinggi

Payment gateway memberikan solusi beragam pembayaran dengan aman, menggunakan enkripsi dan keamanan tingkat tinggi. Semua transaksi pembayaran di Winpay dijamin keamanannya dengan dienkripsi menggunakan 256-bit Advanced Encryption Standard (AES-256), SHA256withRSA, sertifikat PCI-DSS, ijin dari Bank Indonesia, dan menerapkan fraud detection system.

  1. Proses transaksi lebih cepat

Dengan menggunakan payment gateway, semua tahapan transaksi berjalan menjadi lebih cepat dan otomatis. Bagi pelanggan sudah tidak jamannya lagi pembayaran secara konvensional melalui transfer di teller bank bahkan menggunakan mesin ATM.

Payment gateway menjamin proses transaksi hanya dalam hitungan detik saja, karena payment gateway terintegrasi langsung ke bank, asosiasi penerbit, payment aggregator, dan fintech pembayaran, sehingga memangkas waktu pembayaran.

  1. Tersedia laporan pembayaran
Baca Juga :  Mengapa Bisnis Butuh Payment Gateway?

Payment gateway menyediakan laporan keuangan harian dari pembayaran pelanggan secara otomatis dan akses real-time sehingga tidak perlu merekap ulang lagi secara manual.

  1. Menjangkau pelanggan lebih luas

Dengan memanfaatkan payment gateway, bisnis Anda dapat menjangkau pelanggan lebih luas karena kemudahan dalam pembayaran, seperti virtual account, QRIS, e-wallet, kartu kredit, dll. Bahkan, bisnis Anda berpotensi mendapatkan pelanggan dari luar negeri dengan memanfaatkan pembayaran kartu kredit hingga QRIS cross border.

Dengan memanfaatkan dan mengintegrasikan payment getaway ke dalam bisnis akan memberikan pengalaman berbelanja yang lancar, mudah, efisian, dan aman kepada pelanggan, serta dapat memperluas jangkauan secara global.

Mendapatkan layanan payment gateway dengan beragam pembayaran yang lengkap dapat diperoleh melalui Winpay sebagai solusi pembayaran modern.

Artikel Terkait :

Tags

Ads - Before Footer