Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hati-hati pinjaman online lewat wa, ojk pastikan ciri-ciri pinjol ilegal

Pinjaman online lewat wa cukup banyak yang mendapatkan pesannya, dan jika sobat kanalmu tidak berhati-hati bisa masuk kedalam layanan jasa pinjol ilegal yang tidak terdaftar secara resmi melalui OJK.

Dan biasanya pinjaman online melalui SMS dan WA ini kerap muncul berulang kali kepada sobat kanalmu, mungkin ini salah satu cara pinjol ilegal untuk mendapatkan customernya dengan melakukan broadcast berulang.

Dilansir dari laman kompas, bahwasanya pada hari selasa 26/06/2021 juru bicara dari Otoritas Jasa Keuangan saudara Sekar Putih Djarot meminta masyarakat untuk menghabus dan juga blokir tawaran berbagai jasa pinjaman online lewat WA dan SMS.

Dimana penawaran pinjol melalui pesan singkat WA dan SMS merupakan salah satu ciri-ciri dari pinjaman online ilegal.

Pinjaman online lewat wa, ojk pastikan ciri-ciri pinjol ilegal

pinjaman online lewat wa - kanalmu
pinjaman online lewat wa - kanalmu

Perlu sobat kanalmu ketahui bahwasnaya Saudara Sekar Putih Djarot menyampaikan bahwasanya pemasaran melalui media whatsappa dan SMS dilarang tanpa persetujuan dari pihak konsumen.

Oleh sebab itu masyarakat harus lebih waspada dan hati-hati sebelum memutuskan pinjam online langsung cair terutama dengan penawaran yang dilakukan melalui WA.

Cara cek legalitas pinjaman online ke OJK

Seperti yang kita semua ketahui bahwasanya cukup banyak pinjaman online 24 jam yang menawarkan berbagai produk pinjaman dana cepatnya, namun demikian OJK menyampaikan untuk memastikan keabsahan legalitas pinjol tersebut.

Adapun untuk cara melakukan kroscek pinjaman online ilegal atau resmi OJK kamu bisa langsung melalui kontak OJK di nomor 157, via whatsapp 081157157157, email [email protected] dan juga melalui laman website ojk.go.id

Tips aman sebelum melakukan pinjaman online

Bagi sobat kanalmu yang mencari pinjaman online terbaik, untuk kebutuhan dana mendesak, pastikan kamu melakukan beberapa hal ini terlebih dahulu.

1. Pertama sobat kanalmu bisa pastikan legalitas pinjaman online

2. Kedua kamu ambil plafon pencairan dana sesuai kebutuhan

3. Ambil tenor atau masa cicilan sesuai dengan kemampuan

4. Usahakan untuk penggunaan produktif uang pinjamannya

5. Memiliki fix income atau pendapatan tetap

Akhir kata

Dari penjelasan diatas terkait dengan topik pembahasan pinjaman online lewat wa bisa diambil beberapa kesimpulan, salah satunya adalah harus melakukan kroscek jasa pinjol melalui laman resmi OJK.

Karena cukup banyak jasa resmi seperti pinjaman online bri langsung cair ceria, maupun beberapa produk aplikasi pinjol lainnya.

Demikian ulasan ini kami sampaikan, mudah-mudahan sedikit sharing dari team kanalmu ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.