Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pinjaman online lengkap pengertian, manfaat, daftar resmi, ilegal, kelebihan dan kekurangan

Pinjaman online merupakan salah satu trend saat ini untuk mendapatkan dana cepat dengan persyaratan mudah bahkan tanpa adanya sebuah jaminan atau anggunan. Karena kemudahan dalam pengajuan untuk melakukan peminjaman uang tersebut, pinjol mudah diterima masyarakat dalam beberapa tahun ini.

Seperti yang sudah banyak mengetahuinya, bahwasanya pengajuan dana di bank membutuhkan proses cukup lama dengan persyaratan yang cukup merepotkan. Berbeda dengan pinjaman online yang mana kamu tinggal menggunakan smartphone, dan melakukan selfi uang langsung cair dalam waktu hitungan menit.

Dengan adanya tranformasi fintech pada sistem keuangan memudahkan proses pinjam meminjam dengan proses cepat, mudah dan bisa dilakukan secara online tanpa haru bertemu tatap muka langsung.

Adapun melalui ulasan pinjaman online pada laman kanalmu ini kami akan mencobat berbagi mengenai pengertian, manfaat, kelebihan, kekurangan, daftar resmi dan juga ilegal secara lengkap, guna memberikan informasi tambahan kepada sobat semua.

Pengertian pinjaman online

pinjaman online - kanalmu
pinjaman online - kanalmu

Pinjaman online adalah sebuah peminjaman uang yang prosesnya dilakukan secara online yang biasanya melalui website atau aplikasi smartphone, dan adapun untuk proses pemberkasan tidak perlu dilakukan secara tatap muka.

Oleh sebab itu pinjaman online menjadi salah satu primadona bagi masyarakat yang mebutuhkan uang langsung cair 24 jam, tanpa harus menyertakan anggunan atau jaminan yang berat.

Dan untuk aplikasi pinjaman online bisa sobat kanalmu untuk melalui palystore maupun appstore, kamu tinggal sesuaikan jenis smartphone kamu apakah android atau iphone yang os nya ios.

Manfaat pinjaman online

Ada beberapa manfaat pinjaman online ini bagi sobat kanalmu yang membutuhkan dana cepat dan mendesak dalam waktu tertentu. Adapun berikut ini adalah beberapa contoh manfaat yang bisa kamu dapatkan dari pinjaman online resmi OJK.

1. Mendapatkan pinjaman dalam waktu cepat

2. Proses tidak ribet 

3. Pemberkasan mudah dilakukan secara online

4. Jaminan ringan atau bahkan pinjaman online tanpa jaminan atau anggunan

5. Dapat diakses dimana saja, kapan saja hanya menggunakan handphone

Kelebihan dan kekurangan pinjaman online

Untuk pinjaman online sendiri memiliki beberapa kelebihan, namun demikain juga terdapat beberapa kekurangan, dan berikut ini adalah listnya.

a. Kelebihan pinjaman online

Ada cukup banyak kelebihan yang bisa sobat kanalmu dapatkan dari melakukan pinjaman online menggunakan aplikasi yang ada di smartphonemu, diantaranya adalah berikut ini.

1. Pengajuannya mudah dan sangat praktis - Dimana untuk proses pengajuan mudah jaminan ringan dan proses pencairan langsung dalam waktu 24 jam.

2. Untuk uang cepat dicairkan - Bagi yang memiliki kebutuhan mendesak, pinjaman online bisa diandalkan karena bisa mencairkan dana secara langsung.

3. Persyaratan mudah tanpa ribet - Tidak banyak persyaratan dalam pengajuan pinjaman online, dan cara pemberkasan bisa dilakukan secara online tinggal mengisi form yang ada dalam aplikasi pinjaman online terbaik.

b. Kekurangan pinjaman online

Namun demikian untuk pinjaman online sendiri memiliki beberapa kekurangan, adapun berikut ini adalah daftar kekurangan dari pinjol yang perlu sobat kanalmu ketahui.

1. Adanya sistem bunga harian - Untuk sebagian besar penyedia jasa pinjaman online meberikan sistem bunga pengembalian atau cicilan dalam waktu harian. Ini akan menjadi beban bagi mereka yang mengambil sistem cicilan dengan tenor waktu yang panjang.

2. Untuk plaforn pinjaman terbatas - Perusahaan fintech memberikan plafon pencairan uang terbatas guna meminimalisir resiko yang kemungkinan terjadi. Jadi sobat kanalmu tidak dapat melakuakn pencairan dana cepat dari pinjaman online dalam jumlah besar.

3. Tenor atau masa cicilan singkat - Untuk proses cicilan memang bisa disesuaikan kesanggupan dari nasabah namun demikain dari kebanyakan perusahaan pinjaman online memberikan tenor paling panjang 6 bulan.

Standar bunga pinjaman online

Perlu sobat kanalmu ketahui bahwasnaya bunga pada pinjaman online ini lebih tinggi dibandingkan pada pinjaman yang dilakukan di per bank kan.

Sesuai dari pedoman AFFI untuk biaya bunga pinjaman online perhari maksimal 0.8%, dan maksimum 24% dalam rentan waktu satu bulan atau 30 hari. Namun demikian banyak pinjaman online ilegal yang memberikan bunga diatas kesepakatan tersebut, dan jika ketahuan akan adanya pencabutan anggota dari pendataan resmi OJK.

Syarat umum pengajuan pinjaman online

Adapun untuk sobat kanalmu yang berencara untuk melakukan pinjaman secara online untuk memenuhi kebutunan mendesaknya, ada beberapa persyaratan umum yang perlu dipersiapan, dan salah satunya adalah sebagai berikut.

1. Bestatus Warga Negara Indonesia ( WNI )

2. Memiliki KTP / E-KTP

3. Memiliki rekening bank seperti BRI, BCA, MANDIRI, BNI maupun bank lainnya

4. Memiliki nomor handphone dan email aktif

5. Memiliki slip gaji sebagi bukti mempunyai penghasilan tetap

6. Mempuai usia minimal 18 tahun jika sudah menikah dan juga minimal 21 tahun

Jenis-jenis pinjaman online yang ditawarkan

Adapun perusahan fintech ini menawarkan beberapa jenis pinjaman online sebagai berikut ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

1. Dana Tunai - Pinjaman online menawarkan dana tunai langsung cair untuk memenuhi kebutuhan mendesak sobat kanalmu.

2. Cicilan tanpa kartu kredit - Untuk jenis layanan pinjaman online lainya adalah biaya cicilan tanpa kartu kredit seperti pembelian HP, Laptop maupun lainnya melalui merchant patner dari pinjol.

3. Dana usaha - Dimana pinjaman online juga memberikan penawaran kepada masyarkat kredit usaha untuk kebutuhan penambahan modal.

Tips Aman Melakukan Pinjaman Online

Untuk kamu yang mau melakukan pinjol sebaiknya untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini agar aman dan nyaman dalam melakukan pinjaman online.

1. Pertama kamu cek legalitas dari pinjaman online 

2. Ambil plafon pencairan sesuai kebutuhan

3. Ambil tenor sesuai dengan kemampuan mencicil

4. Pastikan kamu memiliki fix income atau penghasilan tetap

Cara Daftar Pinjaman Online

Untuk sobat kanalmu yang sudah memutuskan untuk melakukan pinjaman online, berikut ini adalah cara secara umum pendaftaran pinjol melalui beberapa aplikasi terbaik.

1. Download aplikasi pinjam online ( Pinjol ) resmi ojk

2. Isi data form pendaftaran yang diminta aplikasi pinjol

3. Skoring data nasabah peminjaman dana secara online

5. Melakukan persetujuan peminjaman

6. Dana akan langsung cair ke akun rekening 

Daftar pinjaman online resmi OJK

Perlu sobat kanalmu perhatikan dalam melakukan pinjol, harap kamu dapat melakukan pinjaman online resmi terdaftar OJK, ini penting untuk meminimalisir risiko yang kemungkainan terjadi dikemudian hari.

Adapun untuk daftar pinjaman online resmi OJK dapat kamu dapatkan informasinya melalui ulasan kanalmu di [ List pinjaman online resmi ojk ]

Daftar pinjaman online ilegal 2021

Sebelum memutuskan pinjaman online pada penyedia jasa, kamu perlu kroscek terlebih dahulu apakah tempatnya legal atau justru ilegal.

Untuk mendapatkan informasi daftar pinjaman online ilegal 2021 kamu bisa melalui ulasan pada laman ini berjudul [ List daftar pinjaman online ilegal ]

Pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit

Cukup banyak pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit, adapun untuk kamu yang sedang membutuhkan tempat penyedia jasa tersebut kamu bisa cek pada ulasan kanalmu dengan judul [ Pinjol langsung cair hitungan menit ]

Pinjaman online 24 jam langsung cair

Bagi sobat kanalmu yang mencari jasa pinjol yang memberikan pelayanan selama 24 jam full dan bisa langsung mencairkan dananya, kamu bisa cek pada ulasan kami dengan judul [ Pinjaman online 24 langsung cair ]

Pinjaman online BRI langsung cair

Untuk kamu yang mencari produk perbankan yang resmi memberikan pinjaman online langsung cair, kamu bisa mencoba di Pinjaman Online BRI Langsung Cair Ceria.

Daftar pinjaman online terbaik 2021

Untuk sobat kanalmu yang mencari tempat peminjaman uang secara online dengan pelayanan terbaik pada tahun 2021, kamu bisa temukan listnya pada ulasan dengan judul [ pinjaman online terbaik 2021 ]

Ciri-ciri pinjaman online ilegal

Sobat kanalmu juga perlu ketahui dari awal bahwasanya ada beberapa pinjaman online ilegal dengan teknik pemasarannya dengan broadcast whatsap.

Dan jika kamu mendapati penawaran pinjaman online lewat wa bisa dipastikan itu merupakan ciri-ciri tempan pinjol ilegal yang harus kamu hindari.

Akhir kata

Demikian ulasan team kanalmu terkait dengan pinjaman online, mudah-mudahan review ini dapar memberikan manfaat bagi kami maupun secara umum kawan-kawan semuanya.