Kalender jawa online hari ini tahun 2022

Kalender jawa online merupakan salah satu bentuk sistem penanggalan otomasis jawa, yang bisa sobat kanalmu bisa manfaaatkan untuk mengetahui weton saat ini, kemarin maupun besok. Dengan adanya kalender online ini diharapkan sobat semua bisa mendapatkan informasi tanggal jawa saat ini pula.

Adapun untuk bentuk aplikasi penanggalan jawa online di laman kanalmu ini sistemnya otomatis akan menampilkan bulan dan tahun yang sedang berjalan. Serta akan memberikan keteragan khusus untuk yang mencari tanggal jawa hari ini.

Seperti yang diketahui bahwasanya kalender jawa ini identik dengan adanya hari pasaran jawa atau siklus pekan pancawara kliwon, legi, pahing, pon dan wage. Serta juga terdiri dari perputaran waktu tujuh hari dari ahad atau minggu, senin, selasa, rabu, kamis, jumat dan sabtu.

Kalender jawa online hari ini tahun 2022

Adapun untuk tampilan dari aplikasi kalender jawa online dari kanalmu adalah sebagai berikut dibawah ini, yang mana kamu akan cukup mudah menumkan tanggal jawa, hari pekan dan juga siklus hari tujuh pada kalender masehi.

Senin 01 Januari 2019 / 25 Bakda Mulud 1440

12 Dzul Hijjah – 13 Dzul Qo’dah



Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum’at Sabtu

Cara menggunakan kalender jawa online

kalender jawa online hari ini - kanalmu
kalender jawa online hari ini - kanalmu

Dan bagi sobat kanalmu yang sedang mencari informasi terkait dengan tanggal jawa untuk bulan depan maupun yang sudah lewat, ini bisa dilakukan melalui aplikasi kalender jawa diatas.

Dimana tidak hanya bulan saja yang bisa dicari ke depan maupun mundur, namun demikian juga bisa melakukan filter kalender sesuai dengan tahun yang ingin sobat kanalmu cari. Sebagai contoh kami akan melihat penanggalan jawa JANUARI 2022.

Dan caranya pun cukup mudah sobat kanalmu tinggal pilih Bulan dan juga Tahun Kemudian tekan tombol Cari. Adapun gambar penggunaannya seperti gambar dibawah ini.

cara menggunakan kalender jawa online - kanalmu
cara menggunakan kalender jawa online - kanalmu

Kemudian jika sobat kanalmu sudah melakukan tekan tombol Cari akan menemukan hasil sesuai dengan kebutuhanmu, seperti pada tampilan dibawah ini yang menampilkan kalender jawa pada bulan JANUARI tahun 2022.

hasil pencarian kalender jawa online otomatis - kanalmu
hasil pencarian kalender jawa online otomatis - kanalmu

Pengertian kalender jawa

Kalender jawa merupakan salah satu sistem penanggalan yang dipakai pada masa kerajaan kesultanan mataram yang mengabungkan antara sistem penanggalan hindu, julian atau masehi dan juga kalender hijriyah islam.

Adapun penggunaan kalender jawa ini digunakan olek kerajaan mataram beserta kerajaan pecahannya yang mana guna juga sebagai pemersatu bangsa yang memiliki keyakinan yang berbeda-beda.

Dasar hitungan tanggalan jawa

Dalam perhitungan penanggalan atau kalender jawa ini memakai dua siklus hari, dimana pertama adalah menggunakan siklus hari tujuh ( Senin , selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu, minggu atau ahad ).

Kemudian dipadukan siklus pekan pancawara yang terdiri dari lima hari pasaran ( Legi, pahing, pon, wage, kliwon ).

Sejarah singkat tanggalan jawa

Untuk menambah pengetahuan bagi kami dan juga sobat kanalmu semua bahwasanya, untuk kalender jawa ini dikenalkan oleh seorang mpu hubayun sekitar tahun 911 sebelum masehi. 

Selain itu pada sekitaran tahun 50 Sebelum Masehi terdapat tokoh yaitu prabu sri mahapunggung I atau lebih dikenal dengan ki ajar padang I melakukan perubahan besar terhadap kasara atau huruf dan juga sarta jawa.

Dimana dalam jawa ada istilah Sangkan Paraning Bawana atau asal usul alam semesta yang mengilhami kalender jawa, dan kemudian Sangkan Paraning Dumadi atau asal usul kehidupan yang menjadi ilham adanya aksara jawa, dan juga sistem penanggalan ini juga mengikuti peredaran matahari atau lebih dikenal dengan solar system.

Manfaat adanya kalender jawa online

Dalam penggunaan sehari-hari khususnya masyarakat jawa, bahwasanya ada cukup banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari menggunakan kalender jawa online ini.

Adapun untuk beberapa manfaat dari penggunaan tanggalan jawa online diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Mengetahui weton kelahiran

Dengan adanya kalender jawa online ini, akan memudahkan sobat kanalmu mengetahui weton kelahiran nya, sobat tinggal masukan bulan dan tahun kelahiran sesuai kalender masehi, maka dengan mudah akan mengetahui wetonnya secara cepat.

2. Menentukan hari baik buka usaha

Setelah kamu melakukan perhitungan hari baik buka usaha, kemudian sobat kanalmu bisa melakukan kroscek hari dan tanggal secara masehi dalam memulai usaha ini dengan memanfaatkan kalender jawa online.

3. Hari baik membeli motor, mobil, emas , barang lain-lain

Dengan adanya kalender jawa online ini sobat kanalmu juga bisa memanfaatkan untuk memberikan tanda untuk hari baik beli kendaraan motor, mobil, emas maupun barang-barang berharga lainnya.

Dan mencari hari baik ini penting bagi masyarakat jawa karena bisa memberikan keberkahan dan juga menjauhkan dari berbagai hal negatif dimasa mendatang.

4. Hari baik mencari rezeki

Di dalam kepercayaan masyarakat jawa bahwasanya sebelum kamu merantau untuk mencari rezeki sebaiknya untuk mencari hari baiknya, dengan demikian sobat kanalmu bisa mendapatkan rezeki yang berlebih dan penuh dengan keberkahan.

5. Menandari hari kematian seseorang untuk selamatan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya dalam masyarakat jawa memiliki tradisi slametan ketika ada sanak saudara yang meninggal dunia dari geblak, 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari, mendak pisan, mendak pindo dan juga 1000 an hari.

Dan dengan adanya kalender jawa online ini tentunya akan sangat mudah mengetahui kapan hari yang digunakan untuk melakukan selamatan tersebut.

6. Hari untuk menikah

Mencari hari baik menikah juga dilakukan oleh masyarakat jawa, agar pernikahannya dipenuhi dengan kedamaian, rumah tangga yang bahagia dan kecukupan untuk rezekinya.

Maka dari itu perhitungan hari baik ini sangat penting untuk diketahui oleh sobat kanalmu yang khususnya memiliki darah kelahiran dari orang jawa. Agar dikemudian tidak kaget jika ada perhitungan pernikahan.

Ada cukup banyak dari manfaat penanggalan jawa online ini, maka dari itu sobat kanalmu perlu mengetahuinya. Dan dari sekian banyaknya fungsi dari kalender jawa, enam point diatas adalah populer yang di cari dalam masyarakat kita.

Situs belajar bisnis online terbaik 2021

Dan untuk sobat kanalmu yang ingin mendapatkan ide bisnis online terbaik ditahun ini, team kanalmu memiliki situs rekomendasi yaitu laman lingkarberita.

Pada laman tersebut, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi terkait dengan ide bisnis online, dan jika kamu sudah mendapatkan informasi ide bisnis dan mau memulai usahamu, kamu bisa mencari hari baik buka usaha dengan kalender jawa online diatas.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas terkait dengan kalender jawa online hari ini bisa disimpulkan bahwasanya cukup banyak manfaat dan juga fungsi dari sistem penanggalan ini. Dimana salah satunya adalah mengetahui weton lahir dari seseorang berdasarkan tanggal lahir masehi.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik ini, mudah-mudahan sobat kanalmu yang mencari informasi ini bisa mendapatkan penjelasan yang jelas dan mudah dimengerti.

Baca Juga :  Kalender jawa bulan september 2022 masehi lengkap hari baik