Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15+ Contoh peluang usaha bulan puasa yang laris dan keuntungannya menjanjikan

Bulan suci Ramadhan sesaat lagi akan datang. Apa sobat kanalmu terpikirkan untuk jalani ide bisnis yang paling menguntungkan saat pada bulan puasa ini. Bila iya, kamu saat ini sedang berada pada laman yang tepat, karena kami akan membahas beberapa jenis usaha yang bisa menghasilkan banyak uang di bulan ini.

Dan pada bulan puasa ini juga, jika sobat kanalmu mampu membaca peluang, bahwasanya pola berbelanja khususnya umat muslim  akan mengalami lonjakan, baik itu dari sisi kebutuhan primer maupun sekunder.

Berlangsungnya perubahan peta dan skema berbelanja ini, dikarenakan adanya pengaruh kebiasaan dan sikap konsumsi warga masyarakat di Indonesia pada bulan Ramadhan berbeda karakternya dibandingkan dengan bulan seperti biasanya.

Dikarenakan adanya puasa yang dilakukan oleh masyarakat pada saat bulan puasa, terutama pada pola makan dan minum serta cara berpakaiannya. Maka dari itu kultur berbelanja masyarakat akan semakin meningkat di bulan ini.

Dari bebeberapa ulama juga menyampaikan bahwasanya puasa ramadhan merupakan bulan penuh dengan berkah, tentunya jika mereka mampu membaca peluang makna berkah ini merupakan sebuah bentuk yang bisa dijadikan lading untuk mendapatkan rezeki yang baik dan lebih dari cukup tentunya.

Tentunya kesempatan kamu untuk memulai usaha di bulan baik ini akan menemukan kesuksesan bisnis dalam bentuk skala yang besar. Karena cukup banyak yang sudah membuktikan bahwasanya bulan Ramadhan market atau permintaan pasar naik, sehingga penjualan juga ikut naik.

Ide Bisnis Bulan Puasa Yang Memberikan Keuntungan

peluang usaha puasa ramadhan - kanalmu
peluang usaha puasa ramadhan - kanalmu

Untuk Anda yang ingin manfaatkan peristiwa Ramadhan untuk menjalankan bisnis dan mendapatkan keuntungan, team kanalmu sudah merangkum beberapa contoh ide bisnis yang bisa menjadi peluang kamu untuk mendapatkan tambahan uang yang lebih banyak pada bulan puasa ini.

Adapun beberapa contoh peluang usaha yang bakalan laris penjualannya adalah sebagai berikut ini dari yang modalnya kecil maupun ke skala menengah.

Makanan yang cocok dijual saat bulan puasa

Pada bulan ramadhan ini akan banyak jenis makanan yang laris ketika kamu menjualnya, adapun salah satunya adalah untuk jenis makanan sahur, buka dan juga takjil.

1. Jualan Bermacam Jenis Menu Takjil 

Inilah ide bisnis memberikan keuntungan saat Ramadhan yang pertama. Salah satunya adat yang tak pernah terlepas dari bulan Ramadhan ialah menanti waktu buka puasa atau umum disebutkan dengan istilah ngabuburit.

Sepanjang ngabuburit ini, beberapa orang akan banyak yang lalu lalang untuk mencari menu pembuka puasa, adapun makanan ringan tersebut lebih kerap disebut dengan istilah takjil. Dari banyak jumlahnya orang yang ingin beli takjil, bisa menjadi kesempatan bisnis untuk Anda.

Usaha bermacam berbagai makanan ringan untuk takjil ini bisa disebut sebagai salah satu bisnis yang cukup menarik sebab bisa datangkan untung besar.

Disamping itu, untuk mengawali usaha ini sobat kanalmu tidak memerlukan modal yang besar. Anda dapat mengawalinya dengan hal kecil seperti jual es teh manis, bermacam minuman sirup dingin, bermacam juice buah, sop buah atau bermacam minuman lain yang manis yang dapat memberi kesegaran untuk buka puasa.

Anda bisa juga menambah menu makanan untuk takjil seperti jajan pasar, bermacam kue basah, martabak mini, puding jagung dan lain-lain. 

2. Usaha Katering untuk Sahur dan Buka 

Jalankan bisnis katering untuk menu sahur dan buka puasa di saat bulan Ramadhan, bisa jadi kesempatan usaha yang datangkan banyak keuntungan.

Khususnya untuk sobat kanalmu yang tinggal di seputar rumah kontrakan untuk mahasiswa atau pegawai yang umumnya tidak sempat pernah untuk mengolah sendiri.

Anda bisa memulai usaha dengan buka bisnis catering,  Anda dianjurkan harus pintar dan inovatif dalam mengombinasikan menu makanan supaya konsumen setia kamu tidak jemu. Disamping itu, anda dapat memberi menu paket murah bila konsumen setia pesan menu katering untuk sahur dan buka puasa dalam sekali beli.

Atau Anda bisa juga tawarkan katering untuk acara khusus seperti sahur atau membuka bersama. Dan untuk servis ke konsumen setia, Anda bisa tawarkan layanan antar katering ke tujuan dengan gratis ongkir.

Hal khusus yang harus diingat jalani bisnis katering ialah, pastikan menu makanan nikmat dan servis konsumen yang baik untuk dapat memberikan kepuasan. Dengan begitu, ide bisnis bisnis ini akan memberikan keuntungan saat Ramadhan.

3. Jual Kurma dan Bermacam Buah-buahan 

Di bulan Ramadhan, keinginan akan buah kurma jadi bertambah karena ada adat masyarakat di indonesia yang tidak afdol bila buka tanpa mengonsumsi buah kurma.

Ditambah lagi karena buah ini tidak bisa tumbuh subur di Indonesia. Oleh karenanya Anda bisa jadikan ini sebagai peluang untuk usaha. Anda dapat mengawali dengan cari agen kurma yang berada di Indonesia, yang jual buah kurma dengan harga terjangkau.

Seterusnya anda bisa mengepak ulang buah kurma itu dalam bermacam jenis berat serta kemasan, dan kemudian sobat kanalmu jual kembali. Peluang semacam ini adalah ide bisnis paling untung saat Ramadhan yang jangan dilalui. Anda dapat jual buah kurma itu secara off line atau online.

Tidak hanya buaj kurma namun demikian keinginan akan buah-buahan yang lain cukup bertambah di bulan Ramadhan.

Ini dikarenakan oleh jumlahnya menu takjil yang memiliki bahan dasar dari buah seperti sop buah dan bermacam juice. Kesempatan kali ini tentu saja perlu sobat ambil sebagai bisnis yang akan memberikan keuntungan besar.

Bisnis di bulan ramadhan

Selain beberapa contoh bisnis diatas, ada juga banyak ide usaha lain yang bisa sobat kanalmu coba untuk memulainya. Salah satuny adalah layanan laundry, cucian motor dan service kendaraan.

4. Usaha Layanan Laundry 

Beberapa orang yang tidak sadar bila sesungguhnya salah satunya usaha yang pas untuk digerakkan di saat bulan Ramadhan ialah usaha layanan laundry. 

Usaha ini merupakan salah satu jenis bisnis saat bulan Ramadhan yang menguntungkan, karena beberapa wanita karier yang tidak sempat untuk membersihkan bajunya sendiri, maka dari itu memerlukan layanan laundry untuk melakukan.

Ditambah lagi, usaha laundry ini akan memperoleh banyak konsumen setia saat dekati waktu lebaran. Karena di saat ini lebih banyak masyarakan akan mempercayakan pekerjaan pekerjaan rumahnya kepada orang lain saat mau mudik lebaran, dan salah satunya adalah masalah pakaian kotor.

Meskipun untuk jalankan bisnis laundry ini umumnya diperlukan modal awalnya yang lumayan besar, tetapi Anda dapat menyiasatinya.

Untuk mengawali usaha laundry, anda tidak harus langsung mempunyai banyak mesin pencuci , Anda dapat mengawalinya dengan mesin pencuci yang telah kamu punyai di dalam rumah.

Kerjakan bisnis ini secara telaten dan servis terbaik, karena itu konsumen setia akan kembali ke layanan laundry anda dan usaha anda dapat bisa berkembang jadi lebih besar.

5. Membuka Usaha cuci dan Service Kendaraan

Pada bulan Ramadhan, untuk beberapa pemilik kendaraan motor umumnya malas untuk membersihkan kendaraannya. Ini karena mereka berasa capek dari sepanjang hari penuh berpuasa dan beraktivitas.

Keadaan itu menjadi kesempatan bisnis yang bisa kamu coba untuk buka usaha bersihkan kendaraan motor.

Bahkan sobat kanalmu bisa juga menambah sarana service kendaraan. Ditambah, usaha ini peluang akan ramai didatangi di saat Lebaran, khususnya oleh pemudik yang akan melakukan dan berada diperjalanan.

Point khusus untuk buka dan jalankan bisnis ini ialah lokasi yang strategis gampang dicapai oleh konsumen dan pelayanan servis terbaik.

Bila Anda memberi servis terbaik ke konsumen, sudah pasti konsumen mu tidak segan kembali untuk memakai layanan yang sobat kanalmu.

Peluang usaha bulan puasa yang pasti laris 

Selain contoh diatas terdapat juga beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan pada bulan puasa yang pastinya akan menjadikan kamu abnjir orderan. Adapun beberapa contohnya adalah sebagai berikut ini.

6. Menjalankan bisnis Baju Muslim 

Tidak dipungkuri, ini sebagai ide bisnis paling menguntungkan saat Ramadhan. Ya, bulan Ramadhan sebagai bulan suci kaum muslim, yang mana baik lelaki atau wanita akan coba selalu mengoptimalkan beribadah termasuk dari hal yang sangat kecil.

Salah satunya ialah kenakan pakaian tertutup atau berbusana muslim dalam sehari-harinya. Peluang semacam ini jangan anda lewatkan, karena buka usaha baju muslim bukan hanya jadi kesempatan bisnis sepanjang bulan Ramadhan saja tetapi dapat di teruskan sebagai usaha permanent.

Bisnis baju muslim lumayan menjanjikan, bukan hanya pada bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri saja, tetapi pada bulan-bulan biasa. Hal itu karena trend warga kita yang mayoritasnya ialah muslim mempunyai kecondongan untuk berbusana muslim khususnya untuk wanita.

Untuk jalankan ide bisnis paling menguntungkan di saat Ramadhan ini, Anda tak perlu pikirkan modal awal, karena ada usaha baju muslim yang tanpa modal atau dengan modal kecil yaitu dengan jadi reseller atau dropshipper.

7. Jual Bermacam Peralatan Beribadah 

Saat melaksanakan ibadah kaum muslim kita tentu memerlukan peralatan yang bisa memberikan dukungan beribadah, seperti seperti sajadah untuk shalat, tasbih, Al-Qur'an untuk tadarus, pakaian koko, sarung dan kopiah untuk dipakai saat shalat untuk lelaki, dan mukena untuk shalat wanita.

Dengan melihat fenomena ini, sobat kanalmu bisa anda menjadikan kesempatan bisnis yang pas digerakkan di saat bulan Ramadhan.

Bisnis bermacam peralatan beribadah untuk kaum muslim ini akan bertambah saat mendekati Hari Raya Idul Fitri. Ini karena saat mendekati Hari Raya Idul Fitri, beberapa orang beli peralatan beribadah sebagai hadiah atau parsel.

Anda bisa jual peralatan beribadah dengan bermacam variasi harga, dimana konsumen dapat memilih dari bermacam jenis variasi paket yang ditawarkan. Ditambah lagi kamu bisa  buka usaha ini dengan cara lewat online, sehingga market anda bisa mencapai ke semua daerah di Indonesia.

8. Bisnis Bermacam Kue Kering dan Toples Unik 

Mendekati lebaran, kue kering bisa menjadi salah satunya makanan yang dicari oleh beberapa orang. Jadi saat ada seseorang tiba bertamu, mereka punyai suatu hal untuk disuguhkan. Adapun Kesempatan ini bisa jadikan bisnis yakni dengan jual bermacam kue kering.

Untuk Anda yang menyukai membuat kue dan mempunyai resep nikmat tertentu, usaha ini pantas anda coba. Tetapi bila anda tidak dapat membuat sendiri, anda dapat coba jadi reseller atau dropshipper dari kue kering hasil olahan saudara atau rekan anda.

Anda bisa juga jual kue kering dalam bermacam jenis toples unik untuk menambahkan nilai produk. Atau nda cuman jual toplesnya saja, itu bisa juga dilaksanakan. Untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda kamu bisa melakukan promosi melalui media sosial seperti facebook ads maupun google ads.

9. Jualan Oleh-olehan Lebaran 

Peristiwa mudik saat mendekati Hari Raya Idul Fitri dapat adan gunakan sebagai kesempatan usaha. Di saat mendekati lebaran, beberapa orang yang bakal mudik ke desa halaman dan sesudahnya mereka akan balik ke kota rumahnya.

Peristiwa ini dapat anda pakai untuk jualan bermacam jenis oleh-oleh lebaran. Seperti halnya kue kering, bermacam makanan lciri khas daerah, merupakan salah satu dari sekian jenis oleholeh yang lumayan banyak dicari untuk jadi buah tangan dari mudik.

Untuk mengawali usaha ini juga tidak begitu susah dan memerlukan modal yang besar. Anda dapat membuat makanan ciri khas daerah anda sendiri atau membeli langsung dari vendor supaya murah. Selanjutnya supaya laku, Anda bisa jual dengan memercayakan di toko oleh-oleh  atau toko yang lain yang kerap didatangi orang.

10. Parsel Lebaran 

Usaha parsel lebaran bisa anda jadikan usaha yang pas digerakkan di saat bulan Ramadhan. Karena, saat mendekati Hari Raya Idul Fitri, warga kita banyak yang berlomba mengirimi parsel ke sanak saudara, rekan atau client mereka.

Kesempatan kali ini sudah pasti bisa menjadi kesempatan bisnis yang memberikan keuntungan. Bila Anda ingin mengawali buka usaha parsel ini, anda harus memiliki ide inovatif dalam tentukan isi parsel dan bagaimana mengepaknya.

Isi dari parsel dan bagaimana parsel dibungkus bisa menjadi daya magnet customer untuk pesan parsel lebaran dari anda.

Karena itu, Anda perlu inovatif dalam tentukan isi parsel dan bagaimana mengepaknya. Sebagai contoh, Anda dapat mengombinasikan isi parsel berbentuk kue kering dengan perlengkapan makan seperti piring dan garpu kecil untuk makan kue atau anda bisa juga membuat parsel yang berisi peralatan beribadah.

11. Usaha Layanan Persewaan Mobil atau Jasa Supir 

Usaha layanan persewaan mobil banyak dicari mendekati lebaran, karena pada waktu itu banyak perantau yang bakal mudik ke desa halaman. Adat mudik memang tidak dapat terlepas dari warga kita.

Mengakibatkan, banyak pemudik yang tidak mendapatkan ticket memilih untuk sewa mobil sebagai opsi perjalanan mereka.

Untuk anda yang mempunyai mobil dan tidak mudik, anda dapat manfaatkan kesempatan ini untuk mulai menjalankan bisnis. Anda bisa sewakan mobil ke beberapa pemudik yang tidak mempunyai kendaraan dan kekurangan ticket untuk pulang.

Dipastikan sobat kanalmu akan memperoleh keuntungan yang lumayan besar. Disamping itu, kamu dapat tawarkan layanan sebagai supir dengan demikian kamu dapat mengantongi untung yang semakin besar.

12. Usaha Travel dan Pemasaran Ticket 

Di Indonesia, saat mendekati lebaran ialah saat di mana semua warga akan memperoleh waktu untuk cuti. Peristiwa ini bisa anda menjadikan kesempatan usaha untuk buka agen travel dan pemasaran ticket untuk pegawai yang ingin liburan dengan keluarga ke tempat rekreasi tertentu.

Usaha agen travel dan pemasaran ticket ini dapat anda lakukan saat bulan Ramadhan dan kamu bisa tawarkan bermacam jenis paket travel berlibur ke tempat rekreasi.

Tentu saja untuk memancing ketertarikan konsumen, sobat kanalmu bisa memberi paket travel yang bervariatif dengan sarana yang ideal. Disamping itu, Anda dapat jual ticket pesawat, bis, kapal laut atau kereta lewat cara online untuk beberapa pemudik.

13. Menjalankan Layanan Asisten Rumah Tangga

Saat mendekati hadirnya lebaran, akan banyak keluarga yang memerlukan layanan orang kepercayaan untuk mengurus rumahnya.

Ini karena pada peristiwa mendekati perayaan Hari Raya Idul Fitri, banyak hal yang perlu dilaksanakan sebagaimana untuk beres-beres, mengolah dan menyiapkan hari raya. Sudah pasti, kesempatan kali ini dapat anda pakai untuk menjalankan bisnis layanan asisten rumah tangga.

Untuk mengawalinya, anda bisa tawarkan layanan ART khusus untuk menolong menyiapkan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Tetapi, pun tidak tutup peluang layanan ART ini ditawarkan untuk keperluan yang lain pada bulan Ramadhan seperti menolong mengolah menu sahur dan buka puasa, membersihkan baju atau beres-beres.

Dagangan yang laris di bulan puasa

Pada bulan puasa nanti akan ada jenis dagangan yang bakalan laris dan banyak yang akan membelinya, dan adapun untuk contoh daganan tersebut adalah sebagai berikut ini.

14. Jual Handphone 

Perayaan Hari Raya Idul Fitri sebagai salah satunya peristiwa khusus yang tidak dapat dilewati. Ditambah lagi untuk pegawai dalam suatu perusahaan, mereka umumnya akan memperoleh tambahan sokongan untuk hari raya. 

Karena itu, banyak mereka yang pada peristiwa lebaran ini ingin tampil berbeda dimulai dari baju sampai handphone.

Karena adanya suatu kesempatan ini kamu bisa memanfaatkan moment ini untuk jual handphone. Umumnya pada peristiwa ramadhan dan lebaran ini, beberapa orang ingin beli handphone baru.

15. Jualan Minuman Segar

Tidak ada sesuatu hal yang lebih menarik dibanding menyaksikan minuman fresh 1/2 jam dari anda saat akan berbuka puasa.

Dengan menyaksikan minumannya saja telah cukup buat membuat kamu tertarik untuk membeli. Dan tentunya kesempatan ini bisa kamu jadikan untuk jualan minuman seperti sup buah bersama-sama dengan takjil, adapaun pilihan jenis usaha ini juga sangat cocok untuk di buka depan rumah.

16. Jualan Ketupat

Tidak seluruhnya orang dapat membuat ketupat, tapi banyak orang yang memerlukannya pada bulan Ramadan. Karena itu, kamu dapat manfaatkan keadaan ini untuk menambahkan penghasilanmu.

5 Tips & Kunci bisnis di bulan puasa

Dalam membangun usaha yang akan kamu lakukan ada beberapa hal yang bisa menjadi kunci suksesnya. Dan sebenarnya kunci keberhasilan itu diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Action

Yang pertama kunci sukses dalam berbisnis adalah action, dimana setelah sobat kanalmu mendapatkan ide dan melakukan riset jenis peluang usaha yang cocok.

Kemudian sobat kanalmu perlu action agar usahamu bisa segera berjalan, karena cukup banyak yang memiliki ide usaha namun karena tidak segera melakukannya peluang tersebut diambil oleh orang lain.

2. Teliti dan tekun

Selanjutnya adalah sobat kanalmu perlu teliti dan tekun dalam menjalankan usaha, baik itu dari produk yang di kembangkan.

Karen jika kamu memiliki usaha hanya sekedar berjalan, ini nantinya tidak akan mengalami perubahan yang besar, bahkan malah justru usahamu malah drop dan mati.

3. Menerima kritik

Selanjutnya sobat kanalmu perlu menerima kritik baik itu dari konsumen maupun dari karyawan kamu sendiri, karena kritik inilah yang bisa menjadi inovasi terbaik bagi usahamu.

Maka dari itu jika kamu mendapatkan usulan dan kritik catatlah dan lakukan proses kroscek dan pilah mana yang perlu dilakukan peruhaban dan bisa menjadikan produk dari usahamu bisa melesat penjualannya.

4. Doa Orang Tua

Adapun untuk kunci sukses nomor empat ini sangatlah vital, karena sobat kanalmu butuh doa orang tua, karena setiap doa dari mereka akan membuka pintu rezeki dan jalan keluar untuk kesuksesan dari usaha yang sedang kamu jalankan.

5. Mencari hari baik untuk membuka usaha

Sobat kanalmu mau percaya atau tidak, namun banyak dari mereka yang sukses dalam memiliki usaha. Mereka memiliki hari baik dan tepat untuk membuka usahanya.

Selain secara spiritual ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu, ini juga bisa menjadi peluang baik untuk mempromosikan usahamu di waktu yang tepat.

Adapun untuk kamu masyarakat jawa yang ingin mengetahui hari baik buka usaha bisa cek, pada ulasan team kanalmu di laman.

Kesimpulan

Dari penjabaran terkait dengan contoh peluang usaha di bulan puasa diatas,  banyak ide bisnis yang bisa kamu terapkan dan kemudian mampu memberikan kamu keuntungan yang sangat menjajikan.

Selain itu kamu dapat mamulainya dengan modal yang relatif kecil, bahkan tidak memerlukan modal sama sekali, sebagai contoh menjadi seorang dropshiper pada salah satu produk tertentu.

Mudah-mudahan dari ide bisnis yang paling menguntungkan  aat Ramadhan di atas, kamu bisa mendapatkan inspirasi serta manfaatkan peristiwa Ramadhan dengan jalankan bisnis. 

Karena tidak menutup peluang untuk menjadikanmu sukses, apabila menekuninya dengan ulet, karena memang sebagian ide bisnis bisa kamu lanjutkan setelah bulan puasa usai.