Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Mahar Pernikahan apa saja yang Digunakan di Momen Sakral Ijab Qobul ?

Jenis mahar pernikahan merupakan salah satu saksi bisu sahnya jalinan ikatan suami istri pada prosesi akad pernikahan. Adapun menikah adalah salah satu moment paling sakral bagi calon mempelai wanita dan juga pengantin pria, karena pernikahan adalah gerbang menuju kehidupan baru. 

Bagi laki-laki yang mau menikahi wanita pujaan hatinya sudah tentu sudah siap baik lahir maupun batin untuk semua kebutuhan istrinya. Dan kesanggupan tersebut akan diucapkan ketika akad ijab qobul yang disaksikan banyak orang. Didalam ijab qobul tersebut juga sebutkan mahar sebagai salah satu tanda ikatan yang diberikan oleh pengantin pria kepada mempelai wanita.

Namun sebelum hari baik menikah itu datang sudah tentu kamu harus mempersiapkan beberapa hal, diantaranya adalah terkait dengan seserahan hantaran pernikahan, dan ada satu hal lagi yang wajib ada dalam pandangan agama islam, yaitu mahar. Dan kamu yang masih bingung jenis mahar apa saja yang bisa kamu berikan kepada pengantin wanitamu. Tenang saja, pada laman kanalmu ini, kami akan baha beberapa jenis mahar yang bisa kamu bawa pada tanggal cantik pernikahan mu.

jenis mahar pernikahan
Contoh Mahar Penikahan

Inilah 5 jenis mahar yang bisa dibawa saat momen sakral

Untuk menentukan jenis mahar apa saja yang akan kamu berikan kepada calon mempelai wanita, sudah pasti kamu persiapkah mulai hari ini, meskipun untuk proses sakral ijab qobul mu masih cukup lama beberapa bulan kedepan dari sekarang. Sudah tentu kamu akan memberikan mahar terbaik untuk wanita yang sangat kamu cintai terutama pada moment paling bahagia dan ditungu-tungu tersebut. 

Adapun berikut ini adalah beberapa ide menarik untuk mahar yang akan kamu berikan kepada pengantin wanitamu disaat moment sakral ijab qobul, selain sederek kotak seserahan dengan berbagai item didalamnya.

1. Seperangkat perlengkapan ibadah

Untuk jenis mahar satu ini cukup umum diberikan kepada calon mempelai wanita, namun ini masih menjadi mahar spesial. Terutama untuk pernikahan pasangan muslim, adapun untuk isi mahar biasanya ada kitab suci alquran, tasbih, sajadah, mukena.

Selain mahar spesial perlengkapan ibadah sebagai bentuk simbol pengantin pria sudah siap membibing calon mempelai wanita untuk menjadi imam, dan menjalai kehidupan rumah tangga yang penuh makna yang mana menikah adalah separuh ibadah dalam kehidupan didunia.

2. Logam mulia

Tidak semua bisa menggunakan perhiasan emas dan terkadang ada yang alergi. Maka dari itu memberikan mahar berupa logam mulia batangan adalah pilihan terbaik. Selain bentuk langkah cerdas dan tepat pemberian logam mulia merupakan bentuk dari salah satu investasi masa depa. 

Ini merupakan langkah cerdas suami memulai awal rumah tangganya denga melakukan berbagai kesiapan untuk kehidupan dimasa depan. Dan jika investasi ini dilakukan tidak hanya sebatas mahar sudah tentu rumah tangga dengan istri tidak akan kekurangan dalam segi finansial.

3. Perhiasan

Namun jika calon suami bisa membaca watak dari calon istri, bahwasanya pengantinmu suka mengkoleksi perhiasan, kamu bisa memaharkan perhiasan seperti kalung, gelang, anting-anting dan juga cincin, tentu hal ini merupakan langkah yang cukup tepat.

Perlu dikeketahui untuk perhiasan ini tidaklah harus emas, bisa juga mutiara, berlian ataupun yang lainnya yang masuk dalam perhiasan. Adapun untuk besaran berat dan banyaknya bisa kamu sesuaikan dengan budget yang ada dikantongmu.

4. Uang

Kamu juga bisa memberikan mahar berupa uang kepada calon mempelai wanitamu saat prosesi ijab qobul pada pernikahanmu. Untuk menjadikan mahar unag ini terlihat lebih spesial kamu bisa jasa penghias mahar agar menjadi lebeh unik, menarik dan tentunya sedap dipandang.

Bukan besarnya mahar uang yang diberikan, namun biasanya mereka membuat mahar dari uang ini untuk jumlah nominalnya disesuaikan dengan tanggal cantik pernikahannya, dan sebagai pengingat kenangan indah dalam hidupnya. Adapun untuk jenis mata uang yang kamu gunakan bisa bermacam-macam, bisa dollar, real, ringgit, dinar dan tidak harus rupiah.

5. Barang favorit wanitamu ( Tas Branded Hermes)

Jika kamu mengetahui barang kesukaan wanita pengantinmu yang belum bisa dicapainya, sebagai contoh barang branded tas hermes, kamera dslr, mobil, rumah dll. Kamu juga bisa jadikan salah satu mahar terindah pada momen sakral tersebut.

Dan perlu kamu ketahui bahwasanya tidak selalu mahal untuk barang favorit dari wanita, bisa jadi hal yang simple teflon untuk memasak, karena mereka hobi masak. Ataupun kertas lukis karena mereka memiliki hobi melukis. Atau bentuk kamera poket, mirolles kerena dia wanitamu memiliki hobi fotografi.

Kesimpulan

Apapun itu jenis mahar pernikahan yang akan kamu berikan pastinya itu kembali lagi sesuai dengan kemampuan kamu. Jika memang kamu lagi longgar rezekinya bisa memberikan apa saja untuk wanita yang kamu cintai, namun jika kantong masih sering kosong berikanlah mahar terbaik yang kamu miliki, wanita akan mengerti dan lebih mencintai dengan tulus dengan pria yang jujur dan apa adanya. Pilihlah mahar yang tepat untuk orang yang kamu cintai, bukan benda yang malah bikin hatinya tinggi dan menyombongkan diri.

Demikian informasi terkait dengan mahar pernikahan ini, mudah-mudahan beberapa ide tersebut menjadi salah satu alternatif ide yang bisa kamu berikan kepada orang yang sudah memberikan keindahan setiap hari dikehidupanmu. 

Post a Comment for "Jenis Mahar Pernikahan apa saja yang Digunakan di Momen Sakral Ijab Qobul ?"