Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Menilik Jejak Gerilya Jenderal Sudirman di Kecamatan Sooko Ponorogo

Kanalmu.com, Gerilya Jenderal Sudirman Di Sooko Ponorogo - Siapa yang tidak kenal dengan jenderal sudirman yang sangat terkenal dengan strategi perang Gerilya nya. Pada kesempatan kali ini redaksi kanalmu akan berbagi mengenai jejak gerilya jenderal sudirman di kecamatan sooko ponorogo. Namun sebelum menilik jejak gerilya beliau sebaiknya kita mngetahui terlebih dahulu, biografi singkat beliau.

#1 Jenderal Sudirman Kapan Lahir ?

Jenderal Sudirman adalah seorang jenderal tertinggi pada masa revolusi nasional indonesia, perlu anda ketahui bahwasanya jenderal sudirman ini terlahir di BODAS Karangjati pada tahun 24 Januari 1916. Dan beliau wafat pada tanggal 20 januari 1950 di Magelang Jawa tengah.[wikipedia]

Beliau disemayamkan atau dimakamkan di taman makam pahlawan yogyakarta , jika and ingin ziarah bisa menuju yogyakarta. 

Baca juga : 

Jejak Gerilya Jenderal Sudirman di Kecamatan Sooko Ponorogo
Jejak Gerilya Jenderal Sudirman

#2 3 Jimat yang membuat jenderal sudirman sakti dan selalu lolos dari belanda

Seperti yang diketahui bahwasanya jenderal sudirman ini mengalami sakit meski mempimpin perang gerilya. Dan dalam perjalan tersebut sudirman dipandu dalam mempimpin gerilya. Dan ada salah satu pertanyaan dari seorang pemandu jenderal sudirman yaitu bapak Suparjo Rustam. [ Apa Jimat yang Dipakai Jenderal Sudirman yang Selalu Lolos dari kejaran belanda ? ].

Memang Jenderal Sudirman ini memakai Jimat, namun bukan berarti benda-benda bertuah seperti keris dan lain sebagainya, seperti yang dituturkan Suparjo Rustam bahwasanya 3 Jimat yang dimiliki Jenderal sudirman adalah , ( Selalu Menjaga Wudhu, Tidak Pernah meninggalkan Sholat dan ketiga adalah ikhlas dalam berjuang ). [kabar banten]

#3 Jalur Gerilya Jendral Sudirman (Rute Gerilya PB Soedirman By Firdaus Ubaidilah)

Dan berikut ini adalah rute Gerilya jendral sudirman pada masa penjajahan, yang mana rute ini adalah referensi dari bapak Firdaus Ubaidila yang telah melakukan perjalanan panjang menyusuri jejak gerilya jenderal sudirnam.

Jejak Gerilya Jenderal Sudirman di Kecamatan Sooko Ponorogo
Jejak Gerilya Jenderal Sudirman

Pak Dirman sendiri memulai taktik perang gerilya dari Yogyakarta pada 19 Desember 1948. Rute yang ditempuh adalah sebagai berikut :

rute gerilya jenderal sudirman
rute gerilya jenderal sudirman

Yogyakarta, Bantul, dusun Bakulan (Kecamatan Jetis, Bantul), Kretek (Kecamatan Kretek, Bantul), dusun Grogol (Desa Parangtritis Kecamatan Kretek, Bantul), Parangtritis (Kecamatan Kretek, Bantul), Panggang (Kecamatan Panggang, Gunungkidul), Paliyan (Kecamatan Paliyan, Gunungkidul), Playen (Kecamatan Playen, Gunungkidul), Wonosari, Semanu, Bedoyo (Ponjong, Gunungkidul), Pracimantoro (Pracimantoro, Wonogiri), Eromoko, Wuryantoro, Wonogiri, Jatisrono (Wonogiri), Purwantoro (Wonogiri).

Sumoroto (Kauman, Ponorogo), Ponorogo, Jetis (Jetis, Ponorogo), Sambit (Sambit, Ponorogo), Sawoo (Sawoo, Ponorogo), Nglongsor (Tugu, Trenggalek), Trenggalek, Kalangbret, Tulungagung, Kediri, Karangnongko, Goliman (desa Parang Banyakan kab. Kediri), Bajulan (Loceret, Nganjuk), Salamjudeg, Makuto, Sawahan, Ngliman (Nganjuk), Gedangklutuk, Wates, Serang, desa Jambu (Ponorogo), desa Wayang (Pulung Ponorogo), dusun Banyutowo (Pulung, Ponorogo), desa Sedayu (Ponorogo), dusun Warungbung (Sooko, Ponorogo), dusun Gunungtukul (desa Suru Sooko, Ponorogo), desa Ngindeng (kecamatan Sawoo, Ponorogo), desa Tumpakpelem (Kecamatan Sawoo, Ponorogo)

Nglongsor (Kecamatan Tugu, Trenggalek), Trenggalek (Trenggalek), Karangan (Kecamatan, Karangan, Trenggalek), Suruhwetan (Suruh Trenggalek), Dongko (Trenggalek), Panggul (Kecamatan Panggul, Trenggalek), desa Bodag (Panggul, Trenggalek)

desa Nogosari (Ngadirojo, Pacitan), Gebyur, Pringapus (Tulakan Pacitan), desa Wonosidi (Tulakan, Pacitan), desa Ketro (Tulakan Pacitan) dusun Wonokerto (Kecamatan Nawangan, Pacitan), Tegalombo (Tegalombo, Pacitan), Mujing (Nawangan, Pacitan), Nawangan (Nawangan, Pacitan),

Ngambarsari (Kecamatan Karangtengah, Wonogiri), dusun Sobo (desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan, Pacitan). Kembali ke Yogyakarta : dusun Sobo (desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan, Pacitan), Tirtomoyo (Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri), Baturetno (Kecamatan Baturetno, Wonogiri), dusun Pulo (desa Kasihan kecamatan Ngadirojo Wonogiri), Karangbendo (Wonogiri)

Ponjong (Kecamatan Ponjong, Gunungkidul), desa Karangmojo (Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul), desa Gari (Kecamatan Wonosari Gunungkidul), Piyungan (kecamatan Piyungan, Bantul), Prambanan (Kecamatan Prambanan, Sleman).[Firdaus Ubaidilah]

jejak gerilya jendral sudirman di ponorogo
jejak gerilya jenderal sudirman di ponorogo


#4 Jejak Gerilya Jenderal Sudirman di Kecamatan Sooko Ponorogo

Untuk dikecamatan sooko sendiri didapatkan cerita dari warga sekitar bahwasanya, jenderal sudirman melewati beberapa jalur gerilya yaitu Hutan Dusun Centong Desa Ngadirojo, Serta Desa Gunungthukul Desa Suru Kecamatan Sooko Ponorogo.

Namun Sampai saat ini redaksi kanalmu masih keterbatasn informasi mengenai jejak gerilya jenderal sudirman di desa-desa pada kecamatan sooko kabaupaten ponorogo.


Panglima Kodam V/Brawijaya | kegiatan TMMD ke 106 tahun 2019
Panglima Kodam V/Brawijaya | kegiatan TMMD ke 106 tahun 2019 | Sooko Ponorogo

Catatan Penting: Karena masih sedikitnya referesnsi yang didapatkan dari redaksi kanalmu, jadi artikel ini jauh dari sempurna. Namun jika ada rekan yang mempunyai literatur serta bukti jejak-jejak gerilya jenderal sudirman di kecamatan sooko ponorogo silahkan berbagi melalui kolom komentar dibawah ini atau kontak langsung kami redaksi melalui email ([email protected]).

Terimakasih sudah membaca artikel yang jauh dari sempurna ini semoga bisa membantu penasaran anda mengenai jejak gerilya jenderal sudirman yang ada di kecamatan sooko kabupaten ponorogo jawa timur.

3 comments for "√ Menilik Jejak Gerilya Jenderal Sudirman di Kecamatan Sooko Ponorogo"