7 Tips investasi untuk pemula yang anti merugi

Tips investasi pemula, Banyak investor pemula yang semakin tertarik untuk mencapai kebebasan finansial, kami telah menyusun tips investasi termudah untuk pemula. Langkah pertama, pemula perlu mengetahui cara mengelola keuangan. Hal ini dapat memudahkan investor pemula untuk memasukkan aset atau modal ke dalam produk investasi sesuai dengan jangka waktu investasinya.

Berinvestasi merupakan kegiatan yang tepat untuk mencapai berbagai tujuan keuangan, seperti liburan, membeli mobil, menyiapkan uang muka kepemilikan rumah atau apartemen, biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, hingga dana pensiun.

Pada umumnya pemain baru, masih bingun cara berinvestasi untuk pemula yang paling mudah dilakukan. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan tips investasi bagi pemula yang dapat sobat kanalmu.com ikuti agar Anda dapat memulai tanpa ada keraguan.

Tips investasi untuk pemula

tips investasi untuk pemula - kanalmu
tips investasi untuk pemula – sc pixabay

Adapun berikut ini adalah beberapa tips investasi untuk pemula, yang bisa membantu mejadikan merka sukses sebagai investor, dan juga nantinya memilikie keamanan finansial dimasa depan.

Tentukan tujuan investasi

Sebelum Anda mulai berinvestasi, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan investasi Anda. Misalnya ingin menyiapkan dana darurat, berlibur bersama keluarga, menikah di usia 29 tahun, membeli mobil pribadi, atau membayar biaya haji orang tua.

Tujuan investasi berguna untuk membangun komitmen Anda untuk mencapai tujuan Anda. Jika Anda tidak memiliki tujuan, Anda bisa kehilangan motivasi, tidak berinvestasi terus-menerus, dan tidak tahu tujuan mengalokasikan dana untuk berinvestasi.

Perkiraan alokasi dana investasi

Setelah menentukan tujuan investasi, Anda harus mempertimbangkan alokasi dana investasi dan jangka waktu investasi untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memastikan berapa banyak uang yang Anda miliki sekarang. Kemudian Anda dapat memperkirakan durasi investasi Anda.

Misalnya, Anda ingin membayar uang muka rumah senilai Rp 85 juta dan berencana membelinya dalam tiga tahun. Oleh karena itu, Anda perlu menghitung uang yang sudah Anda miliki.

Baca Juga :  Daftar branch code bank Mandiri untuk verifikasi payoneer, paypal , master card, visa lengkap

Kemudian Anda dapat menentukan jumlah dana yang dialokasikan untuk mencapai tujuan investasi Anda berdasarkan jangka waktu yang Anda tentukan. Dengan demikian, Anda bisa lebih konsisten dalam mengalokasikan dana investasi untuk uang muka rumah idaman Anda.

Sesuaikan investasi dengan profil risiko

Bagi investor pemula perlu sesuaikan tujuan ber-investasi dan jangka waktu investasi sesuai dengan profil risiko mereka sendiri. Investor pemula yang akan berinvestasi pada reksa dana berisiko rendah dapat pilih jenis reksa dana pasar uang.

Alat investasi jangka pendek ini menjadi pilihan yang tepat bagi investor yang ingin menyiapkan dana darurat atau berinvestasi dalam waktu pendek sekitar 1-2 tahun.

Jika Anda seorang investor jangka panjang dan mengambil risiko, Anda dapat memilih untuk berinvestasi di reksa dana invest saham yang memiliki risiko lebih tinggi. Meski berisiko tinggi, reksa dana ini menawarkan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan reksa dana jenis lain dalam jangka waktu 5-10 tahun.

Namun demikian bagi calon investor moderat yang memiliki rencana berinvestasi dalam waktu jangka menengah atau panjang dapat memilih jenis reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana hibrida. Produk reksa dana ini merupakan pilihan tepat untuk membangun tabungan liburan, biaya pernikahan, atau uang muka rumah impian Anda.

Misalnya, Anda telah menetapkan uang muka rumah sebesar 75 juta rupiah setelah tiga tahun. Dari sekarang, Anda bisa memilih produk investasi reksa dana pendapatan tetap atau pasar uang yang memiliki imbal hasil stabil dibandingkan reksa dana invest saham.

Berikut adalah produk investasi reksa dana sesuai jangka waktu investasi yang dapat memudahkan Anda dalam memilih jenis investasi.

  • Jangka waktu 1 – 2 tahun, reksa dana pasar uang
  • Jangka waktu 2 – 5 tahun, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran
  • Jangka waktu lebih dari 5 tahun, reksa dana saham
Baca Juga :  Cara investasi saham bca dengan modal 100 ribuan auto jadi kaya

Pilih produk dengan fitur performa terbaik

Anda dapat memilih banyak produk reksa dana dari berbagai perusahaan manajemen investasi. Investor pemula dapat menggunakan fitur hasil pencarian tertinggi, yang memudahkan pemula untuk mulai berinvestasi.

Melalui fitur ini, Anda dapat melihat 5 produk reksa dana teratas berdasarkan kinerja harian, bulanan, dan tahunan sejak produk diluncurkan. Jadi Anda bisa memilih produk reksa dana yang tepat tanpa keraguan.

Namun perlu dipahami bahwa kinerja produk reksa dana di masa lalu bukanlah jaminan kinerja produk di masa mendatang menjadi lebih baik. Kinerja reksa dana di masa lalu mencerminkan sifat dan konsisten kinerja dibandingkan tolok ukurnya.

Membandingkan kinerja reksa dana saham dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) atau kinerja reksa dana pasar uang dengan suku bunga deposito bank menggambarkan benchmark produk reksa dana.

Investasikan secara rutin setiap bulan

Pada umumnya, para investor pemula mengandalkan pendapatan bulanan untuk mencapai tujuan masa depan mereka. Saat berinvestasi, Anda harus mengalokasikan sebagian dari pendapatan Anda untuk dapat berinvestasi secara konsisten.

Ini adalah salah satu kunci utama dalam melakukan investasi . Anda dapat menyesuaikan kemampuan keuangan Anda sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan berinvestasi secara teratur.

Anda dapat menjadikan investasi sebagai rutinitas bulanan untuk terus berinvestasi dalam jumlah berapa pun. Jika Anda menerima gaji di awal bulan, Anda bisa membiasakan berinvestasi di awal bulan.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu menunggu untuk menginvestasikan sisa uangnya. Jadi investasi adalah prioritas penting setelah hari gajian. Dengan berinvestasi secara teratur, Anda dapat mencapai tujuan dan mencapai kebebasan finansial di masa depan.

Investasi yang konsisten sesuai tujuan investasi

Saat berinvestasi, situasi harga reksa dana yang fluktuatif seringkali membuat investor pemula cemas dan enggan berinvestasi. Reksa dana atau dana saham hibrida selalu berfluktuasi dalam jangka pendek.

Baca Juga :  Get Cheap Auto Insurance Quotes in Florida Now

Sementara reksa dana pendapatan tetap atau pasar uang cenderung stabil, produk reksa dana ini juga bisa mengalami penurunan nilai. Namun, Anda dapat mencapai tujuan investasi Anda secara konsisten.

Misalnya, menetapkan tujuan investasi untuk 2-5 tahun ke depan. Oleh karena itu, Anda dapat memilih reksa dana pendapatan tetap sebagai investasi yang cocok untuk tujuan keuangan jangka menengah, dan nilainya akan meningkat dalam 2 hingga 5 tahun ke depan. Anda harus konsisten dalam berinvestasi dan tidak terpengaruh oleh nilai harian reksa dana.

Perkaya pengetahuan investasi

Bagi investor pemula perlu memperkaya pengetahuan terkait dengan investasi. Anda perlu memahami pengetahuan dasar tentang investasi. Di era modern ini, banyak jejaring sosial yang menyediakan berbagai informasi tentang berbagai tips dan produk investasi.

Anda juga dapat bergabung dengan komunitas investasi digital untuk berbagi pengetahuan dengan investor lain. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan informasi investasi dan dapat mengelola portofolio investasi Anda dengan baik.

Saat ini, Anda memiliki banyak akses untuk mulai berinvestasi secara digital. Bersama kami, Anda dapat berinvestasi setidaknya dalam jangka pendek. Dimulai dengan 10k, Anda dapat mulai mencapai tujuan investasi Anda.

Akhir Kata

Demikian ulasan team kanalmu terkait dengan topik pembahasan tips investasi untuk pemula, yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi untuk menambah pengetahuan kamu terkait dengan investasi.